Press "Enter" to skip to content

8 Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina dari Ciri Fisik dan Kebiasaan

0

Burungnya.com – Salah satu burung kicau yang paling sering dipelihara di rumah adalah burung Kenari. Banyak sekali penghobi burung yang menyukai jenis burung ini. Namun, tak jarang dari mereka merasa bingung dengan jenis kelamin Kenari.

Pasalnya, kalau dilihat sekilas dari fisik burung Kenari, jenis kelamin jantan dan betina terlihat sama. Lantas, bagaimana cara membedakan Kenari jantan dan betina? Apakah bisa membedakan burung Kenari dari warnanya? Tentu saja tidak bisa, sebab Kenari mempunyai warna yang berbeda-beda.

Meski begitu, Anda tetap bisa membedakan jenis kelamin burung Kenari, dengan cara melihat dari ciri fisik dan kebiasaannya.

1. Pembuluh vena

Anda bisa membedakan jenis kelamin burung Kenari dari ciri fisiknya sejak usia 3 hari. Saat masih anakan seperti ini, Anda mungkin akan melihat pembuluh vena di bagian perut yang turun menuju dubur. Jika Anda benar-benar melihat pembuluh vena, maka bisa dipastikan, jenis burung Kenari tersebut adalah jantan. Sebab, pembuluh vena milik Kenari betina tidak kelihatan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika bulu di tubuh Kenari belum tumbuh.

2. Bentuk kepala Kenari

Burung Kenari dapat dibedakan dari bentuk kepalanya. Saat bulu burung Kenari belum tumbuh, biasanya bentuk kepala Kenari jantan terlihat lebih datar dan pipih, sementara kepala Kenari betina lebih bulat.

3. Posisi mata dengan paruh

Baca juga:  Rangkuman Cara Melatih Burung Cendet Muda Agar Cepat Gacor
Posisi mata dengan paruh (canarytales)
Posisi mata dengan paruh (canarytales)

Saat burung Kenari memasuki usia 7 hari, mereka bisa membuka mata. Nah, dari sini Anda dapat membedakan burung Kenari jantan dan betina. Kenari jantan cirinya, bagian mata akan sejajar dengan paruhnya, sedangkan Kenari betina cirinya, bagian mata tidak sejajar dengan paruh atau di atas paruh.

4. Warna di tulang belakang

Kenari jantan memiliki warna yang tegas dan pekat di sepanjang tulang belakang. Sementara, Kenari betina juga mempunyai warna yang tegas tetapi tidak sepanjang tulang belakangnya.

5. Bentuk kloaka atau dubur

Bentuk dubur Kenari (3ncanary.weebly)
Bentuk dubur Kenari (3ncanary.weebly)

Kalau dilihat dari bentuk kloaka atau dubur, burung Kenari jantan mempunyai kloaka yang lebih menonjol dan lurus, sedangkan Kenari betina akan terlihat datar dan rata.

6. Kaki burung Kenari

Kaki Kenari jantan dan betina (canarytales)
Kaki Kenari jantan dan betina (canarytales)

Kaki Kenari jantan lebih panjang dengan jari-jari yang renggang. Sementara, kaki Kenari betina lebih pendek dengan jari-jari lebih rapat.

7. Suara Kenari

Perbedaan suara Kenari dapat mengindikasikan jenis kelaminnya. Kenari jantan memiliki suara yang keras, ngerol, dan bervariasi. Sementara, suara Kenari betina tidak ngerol, bunyinya standar, dan tidak banyak variasi. Kendati demikian, terdapat beberapa jenis Kenari betina yang suaranya ngerol tapi putus-putus dan cenderung monoton.

8. Kebiasaan melompat

Untuk melihat perbedaan jenis kelamin Kenari dari segi kebiasaan melompat, Anda hanya bisa melakukannya pada usia 2-3 minggu. Biasanya, Kenari jantan memiliki lompatan yang lebih jauh dari Kenari betina.

Baca juga:  10 Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula yang Baru Pertama Kali Pelihara Burung

Demikian beberapa cara membedakan Kenari jantan dan betina dari ciri fisik dan kebiasaan. Semoga bisa memberikan pencerahan untuk Anda yang masih bingung dengan jenis kelamin Kenari.

Comment here