Manfaat Cacing Tanah untuk Burung Murai Batu (youtube.com)

12 Manfaat Cacing Tanah untuk Murai Batu dan Efek Sampingnya

Burungnya.com – Cacing tanah banyak dijumpai di pekarangan rumah atau di kebun. Namun, cacing ini jarang sekali dimanfaatkan sebagai pakan extra fooding. Mungkin kicau mania takut burung Murai Batu miliknya over birahi. Padahal, sejatinya cacing tanah memiliki banyak manfaat untuk burung Murai Batu.

Ya, kalau jadi hewan peliharaan, Murai Batu lebih banyak diberi jangkrik, ulat, dan sejenisnya. Namun, burung ini di alam liar juga memangsa cacing tanah. Oleh karena itu, cobalah sesekali memberikan cacing tanah ke burung Murai Batu.

Manfaat Cacing Tanah untuk Murai Batu (omkicau.com)
Manfaat Cacing Tanah untuk Murai Batu (omkicau.com)

Selain gratis, cacing tanah sangat bermanfaat untuk kondisi dan performa Murai Batu di lapangan. Seperti yang disadur dari Rojobrono Channel, setidaknya terdapat beberapa manfaat cacing tanah untuk Murai Batu.

1. Cacing Tanah dapat Meningkatkan Kecerdasan, Konsentrasi, dan Ketenangan Murai Batu

Pemberian cacing tanah secara rutin terbukti dapat membuat Murai Batu lebih cepat gacor dan rajin bunyi. Hal ini karena burung menjadi lebih fokus saat dimaster dan jadi lebih tenang saat menghadapi lawan-lawannya.

Murai Batu yang gemar memakan cacing tanah akan cepat mengingat suara masteran. Burung juga lebih berkonsentrasi dan tenang saat mendengarka suara burung masteran. Sehingga, suara isian menjadi cepat masuk dan membuat Murai Batu cepat menirukannya.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh Murai Batu

Tahukah Anda, ternyata cacing tanah mengandung zat arigin sekitar 10,7 persen yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh burung.

Pemberian cacing tanah secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan akan memberikan manfaat bagi kondisi tubuh Murai Batu. Selain itu, burung Murai Batu jadi lebih stabil dan selalu dalam kondisi prima.

3. Burung Murai Batu Jadi Lebih Gacor

Cacing tanah yang dikonsumsi Murai Batu mampu menghasilkan hormon testosteron yang lebih banyak. Hormon ini sangat baik untuk Murai Batu jantan sehingga membuat suaranya lebih gacor.

Di samping itu, hormon testosteron dapat merangsang burung Murai Batu berkicau lebih lantang dan rajin bunyi di rumah maupun di lapangan.

4. Cacing Tanah bisa Menjaga Kesehatan Bulu Burung

Hewan kecil melata dan sedikit menjijikkan ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu burung Murai Batu. Dengan begitu, bulu burung tidak kusam dan selalu terlihat berkilau.

Tak hanya itu, bulu burung Murai Batu jadi lebih rapi, panjang dan tidak nyerit atau berantakan. Bulu burung yang indah membuatnya lebih percaya diri dalam memikat pasangan dan mempunyai mental berani saat berhadapan dengan burung lain.

5. Meningkatkan Birahi Murai Batu

Kondisi birahi burung Murai Batu tidak menentu. Terkadang birahi rendah, kadang birahinya tinggi. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik harus bisa memahami burung sedang dalam kondisi over birahi atau kurang birahi.

Apabila Murai Batu kurang birahi, Anda dapat memberikan pakan EF berupa cacing tanah. Namun, takaran pemberian cacing harus diperhatikan. Jangan sampai gara-gara cacing tanah, Murai Batu malah over birahi dan tampil tidak maksimal di lomba.

6. Murai Batu dapat Istirahat

Cacing tanah mempunyai kandungan zat Trytophan yang berfungsi untuk menenangkan otak burung. Nah, kalau otak sudah tenang, burung tidak mudah stres dan dapat istirahat dengan tenang.

Selain itu, burung juga bisa relaksasi otak dan menjaga istirahatnya lebih berkualitas. Setelah burung main beberapa sesi di lomba, dia butuh istirahat agar performanya tidak drop. Oleh sebab itu, pemberian cacing tanah begitu penting.

7. Agar Burung Murai Batu Tidak Mandul

Burung yang diberi cacing tanah akan bereproduksi lebih produktif. Hal ini meminimalisir burung Murai Batu dari kemandulan. Sehingga, burung tersebut jadi cepat kawin dan menghasilkan keturunan yang banyak.

Indukan burung Murai Batu menjadi subut karena cacing yang dia makan mengandung zat arginin. Di samping itu, telur-telurnya tidak kopong dan semuanya dapat menetas dengan sempurna.

Loading...

8. Membantu Burung Tumbuh dengan Cepat

Manfaat cacing tanah lainnya dapat membantu burung Murai Batu tumbuh dengan cepat. Kandungan protein di dalam tubuh cacing dapat menjadikan burung lebih cepat berkembang. Meski begitu, asupan protein yang diperoleh dari cacing harus tepat.

Soalnya, kalau Murai Batu kebanyakan mengonsumsi protein, bulunya bisa rontok dan birahinya tinggi. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati dalam memberikan cacing pada Murai Batu.

Selain bermanfaat, ternyata cacing tanah juga bisa menjadi malapetaka bagi Murai Batu. Kenapa bisa begitu? Hal ini bisa terjadi apabila pemberian cacing tanah terlalu berlebihan dan dalam waktu yang tidak tepat.

Bahaya atau Efek Samping Cacing Tanah untuk Murai Batu

  1. Burung yang mengonsumsi cacing tanah berlebihan dapat menyebabkan kelebihan protein.
  2. Cacing tanah dapat menyebabkan suhu tubuh burung Murai Batu meningkat dalam waktu yang lama.
  3. Bulu pada Murai Batu bisa rontok karena efek samping dari terlalu sering dan terlalu banyak makan cacing tanah.
  4. Burung bisa mengalami gangguan pencernaan apabila cacing tanah ditelan dalam kondisi utuh.

Jenis Cacing yang Berbahaya untuk Murai Batu

1. Cacing Rambut

Burung yang makan cacing rambut bisa menderita diare. Bahkan, penyakit ini dapat menular ke burung lain apabila letak sangkar saling berdekatan. Infeksi cacing rambut dapat melalui makanan, minuman, dan tanah yang tercemar telur cacing.

2. Cacing Pita

Murai Batu yang terkena cacing pita akan terlihat lesu, pucat, kurus, tidak mau makan, diare, buka paruh, selalu kehausan, dan bulu jadi kasar.

3. Cacing Gelang

Burung yang terkena infeksi cacing gelang akan mengalami anemia atau kekurangan darah. Alhasil, burung akan terlihat lemas, nafsu makan berkurang, dan tubuhnya tampak kurus.

4. Cacing Tenggorokan

Kalau cacing tenggorokan sudah bersarang di tubuh burung Murai Batu, maka burung ini akan mengalami batuk, bersin, goyang kepala, dan ingin menghilangkan lendir dari luang hidung. Penyebab hadirnya cacing tenggorokan karena parasit. Cacing ini dapat hidup di tenggorokan dan menyumbat pernapasan.

Demikian beberapa manfaat cacing tanah untuk Murai Batu lengkap dengan efek sampingnya. Jadi pada dasarnya cacing tanah baik untuk Murai Batu, tetapi bila diberikan dengan takaran yang sesuai.

Baca juga:

Pemberian cacing tanah maksimal 20 persen dari total makanan yang dikonsumsi Murai Batu. Anda bisa mengira-ngira sendiri, porsi makanan Murai Batu seberapa, jenisnya apa saja, kemudian berikan cacing tanah sekitar 20 persen dari total tersebut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat cacing untuk murai batu
  • manfaat cacing untuk murai
  • manfaat cacing tanah untuk murai
  • manfaat cacing tanah untuk murai batu
  • cacing untuk murai
  • manfaat cacing untuk murai batu dorong ekor
  • manfaat cacing buat murai batu
  • Cacing buat murai
  • fungsi cacing untuk murai
  • fungsi cacing untuk ternak murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!