Ciri Perkutut Udan Mas Pembawa Rezeki

Burungnya.com – Bagi kung mania pasti sudah tak asing dengan Perkutut Udan Mas. Benar, burung ini memiliki keistimewaan atau mitos jadi pembawa rezeki bagi pemiliknya.

Tak heran, Perkutut Udan Mas sering diburu para pejabat, pengusaha, dan kalangan ningrat. Ini tidak terlepas karena mitos yang melekat Perkutut Udan Emas.

Memang tidak mengherankan, karena Perkutut sering disangkutpautkan dengan hal-hal mistis. Sejak zaman kerajaan Perkutut Udan Mas lokal sudah menjadi peliharaan kalangan raja-raja.

Baca juga: 20 Perbedaan Perkutut Bangkok dan Lokal

Namun, sampai sekarang masih jarang yang mengetahui seperti apa ciri mathi Perkutut Udan Mas. Kebetulan channel Blangkon Muter berbaik hati mau berbagi pengetahuan tentang ciri Perkutut Udan Mas Lokal alam asli.

Beliau juga menjelaskan bagaimana ciri Perkutut Udan Mas yang asli. Hal tersebut bisa dilihat dari bulu-bulu keemasan di bagian punggung dan masih banyak lagi.

Ciri Perkutut Udan Mas
Ciri Perkutut Udan Mas

Ciri Perkutut Udan Mas

1. Bulu Keemasan

Lihat bagian bulu punggung Perkutut. Bagian atas lurik hitam ada warna keemasan yang pekat. Kalau diletakkan di bawah sinar matahari, silau keemasan pada bulunya sangat jelas.

Warna emas ini tersebar di bulu kepala sampai ekor. Jadi bila diperhatikan dengan saksama, bulu emasnya bisa merata. Warna kuning emas tampak mengkilap, bukan kuning biasa.

Beda Perkutut Udan Mas dan Perkutut Rupo Cahyo adalah bulu Perkutut ini melebar. Warna emasnya pekat. Sementara Perkutut Rupo Cahyo bulunya tidak melebar dan emasnya tidak terlalu mengkilap.

Baca juga: Mitos Katuranggan Perkutut dari Jumlah Ekor dan Sisik Kaki

2. Kaki Merah

Kemudian Anda bisa melihat bagian kaki Perkutut Udan Mas. Biasanya Perkutut ini mempunya kaki warna kemerahan.

Rata-rata kaki ekor Perkutut agak kehitaman. Namun, Perkutut Udan Mas warnanya merah.

3. Gampang Mati

Konon katanya Perkutut Udan Mas juga gampang mati. Entah benar atau tidak, rata-rata Perkutut lokal jaringan memang seperti itu.

Burung terbiasa hidup di alam, kemudian dijaring dan dirawat manusia. Kalau perawatannya tidak mengikuti karakter burung, tentu burung stres, sakit, lalu mati.

Meski begitu, Anda bisa mulai belajar bagaimana cara merawat Perkutut Udan Mas lokal. Kami sampai ilmu perawatannya di bawah ya.

Ciri Perkutut Udan Mas Lokal Bagian Kaki Merah
Ciri Perkutut Udan Mas Lokal Bagian Kaki Merah

Cara Merawat Perkutut Udan Mas

Setelah Anda membeli Perkutut Udan Mas lokal jaringan. Jangan langsung diberi perlakukan perawatan harian. Biarkan Perkutut adaptasi dulu dengan lingkungan Anda.

1. Ruangan Tenang

Cari tempat yang tenang, sejuk, dan tidak terlalu terang. Letakkan Perkutut yang baru dibeli di sana kurang lebih selama tujuh hari.

Keluarga yang lain boleh berinteraksi seperti biasa. Walau ruangan tersebut dipakai untuk tidur juga tidak masalah. Namun, saran kami letakkan burung di taman belakang yang cukup sepi.

Baca juga: 7 Cara Merawat Perkutut Lokal Agar Cepat Manggung

2. Mandikan dan Jemur

Seminggu setelah pengenalan lingkungan, Anda boleh memandikan burung. Cara memandikannya tentu saja dengan cara dipegang dan diusap air baskom.

Airnya bisa dengan air hangat atau air shampo. Kalau air hangat, usahakan jangan terlalu panas. Pijat lembut tubuhnya agar dia semakin rileks.

Jika Anda menggunakan air sabun atau shampo, nanti setelah selesai dibilas dengan air bersih dan dilap dengan handuk yang tak terpakai.

3. Kasih Vitamin dan Obat Cacing

Biasanya Perkutut tangkapan rentan sakit, Anda bisa mulai memberikan vitamin atau obat cacing. Perhatikan terus bagian kotorannya, bila Perkutut kotorannya cair, maka jemurnya agak lama.

Kemudian burung diberi obat cacing manusia juga tidak masalah, asalkan takarannya disesuaikan. Kotoran cair pada Perkutut, menandakan Perkutut sedang stres atau sakit.

Baca juga: Pakan Jamu Burung Perkutut Alami dari Rempah-rempah

Jadi, Anda harus lebih waspada. Siapa tahu Perkutut Udan Mas mati sewaktu-waktu.

Mitos Perkutut Udan Mas

Soal mitos Perkutut Udan Mas yang bisa mendatangkan rezeki, maksudnya bukan uang datang sendiri lalu masuk dompet.

Namun, rezeki akan datang karena kita tersugesti telah memelihara burung pembawa rezeki. Jadi, sebenarnya rezeki tersebut datang karena kita giat bekerja.

Bila Anda memelihara Perkutut Udan Mas dan diam di rumah tanpa kerja apapun, tentu uang tidak akan bisa datang.

Baca juga: 31 Jenis Burung Perkutut Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Mitosnya

Kesimpulan

Demikian ciri Perkutut Udan Mas lokal. Burung ini sangat diburu pengusaha dan pejabat. Coba perhatikan beberapa pengusaha besar dan pejabat kejawen, pasti mereka punya Perkutut di rumah.

Entah untuk peliharaan semata, atau memang untuk menyemangati diri agar cari uang yang banyak. Yang pasti Perkutut Udan Mas bisa membantu pemiliknya untuk semangat mencari rezeki.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.