3 Daun Alami untuk Melancarkan Burung Mabung

3 Daun Alami untuk Melancarkan Burung Mabung

Burungnya.com – Dalam merawat burung sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan alami, termasuk saat burung mabung. Bahan alami apa yang bisa membuat burung cepat mabung? Cepat tidaknya tergantung masing-masing burung, tetapi burung yang mabung dapat diberi daun alami dari tumbuhan atau tanaman hijau.

Sebagian kicau mania memang lebih memilih proses perawatan yang alami. Sebab, perawatan burung mabung secara alami biasanya tanpa risiko dan tidak ada efek sampingnya. Berbeda jika Anda menggunakan bahan kimia atau obat-obatan, tentu dalam jangka panjang akan berpengaruh pada kesehatan burung.

Lebih baik cari tumbuhan atau tanaman hijau di sekitar rumah untuk mempercepat mabung pada burung. Kalau ada yang alami, jangan mencari bahan kimia yang kemungkinan berbahaya untuk burung. Terlebih daun-daunan bisa dicari secara gratis atau minta dari tetangga.

Daun Tanaman untuk Burung Mabung

1. Daun Pandan untuk Burung Mabung

Daun Pandan untuk Burung Mabung (canselam.com)
Daun Pandan untuk Burung Mabung (canselam.com)

Selama ini daun pandan dimanfaatkan untuk penyedap makanan. Padahal, daun yang mirip seperti pedang ini dapat dipakai untuk melancarkan burung mabung. Daun ini tidak perlu dimasak atau direbus, Anda cukup memotongnya kecil-kecil dan meletakkan daun pandan di dasar sangkar.

Perlu diketahui, daun pandan ini usahakan jangan sampai termakan oleh burung. Sehingga letakkan daun di bawah jeruji dasar sangkar atau tempat lain yang tidak terjangkau burung. Aroma yang dikeluarkan daun pandan dapat membuat burung lebih tenang, rileks, dan nyaman sehingga proses mabung berjalan lancar.

Apabila daun pandan mengering menjadi warna kuning, segera ganti dengan daun yang baru. Lakukan hal tersebut terus menerus sampai burung selesai mabung atau ngurak. Jika burung sudah selesai moulting, maka pemberian daun pandan dapat dihentikan.

2. Daun Sirsak untuk Burung Ngurak

Daun Sirsak yang Kuning untuk Burung Mabung (meramuda.com)
Daun Sirsak yang Kuning untuk Burung Mabung (meramuda.com)

Agar burung mabung dengan cepat, Anda dapat memberikan daun sirsak. Saat ini memang belum ada penelitian tentang daun sirsak yang dapat digunakan untuk mempercepat proses mabung. Meski begitu, sebagian kicau mania sudah membuktikkan bahwa daun sirsak dapat membuat proses mabung berjalan lebih cepat.

Loading...

Cara pemberian daun sirsak, sebaiknya pilih warna daun yang sudah kuning sebanyak 7-10 lembar. Kemudian letakkan daun sirsak di dasar kandang burung. Jika daun sudah mengering, Anda dapat menggantinya dengan daun sirsak warna kuning yang baru.

3. Daun Jeruk untuk Burung Moulting

Daun Jeruk untuk Burung Mabung (vidio.com)
Daun Jeruk untuk Burung Mabung (vidio.com)

Aroma daun jeruk yang segar dapat membantu merontokkan bulu burung. Sehingga proses mabung atau ngurak dapat berjalan lebih cepat. Cara pemberian sama dengan daun pandan, yaitu potong daun jeruk kecil-kecil kemudian letakkan di dasar sangkar.

Tidak hanya daun jeruk, kulit jeruk juga dapat mempercepat proses mabung burung. Kulit jeruk yang bisa digunakan di antaranya jeruk nipis, jeruk keprok, jeruk purut, dan lemon. Pemberian kulit jeruk cukup diparut sedikit agar aromanya keluar, lalu diletakkan di atas alas sangkar.

Kesimpulan

Untuk perawatan burung mabung secara alami sementara masih menggunakan daun pandan, daun jeruk, daun sirsak, dan kulit jeruk. Jika nanti ada cara yang lain, kami akan segera memberitahukan hal tersebut kepada Anda.

Baca juga:

Oh iya, tiga daun tadi jangan dicampur secara bersamaan. Kami menyarankan Anda menggunakan daun pandan dulu. Apabila efek dari daun pandan belum maksimal, Anda dapat mencoba jenis daun yang lain.

Oh iya, hampir saja lupa, saat terapi masa mabung ini sebaiknya sangkar burung dikerodong agar aroma yang keluar dapat tercium sempurna oleh burung. Namun, apabila cuaca sedang panas, kerodong dibuka sedikit juga tidak masalah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apa ada efek nya kulit jeruk pada burung murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!