15 Fakta Aneh dan Unik Burung Perkutut

Burungnya.com – Burung Perkutut memiliki sisi aneh dan unik. Keanehan Perkutut terletak pada hal-hal mistis, terutama Perkutut Lokal alam. Sementara keunikan Perkutut terletak pada kebiasaan yang beda dari jenis burung lain.

Konon katanya Perkutut juga bisa mendatangkan keberuntungan dan kesengsaraan bagi pemiliknya. Namun, kasus Perkutut seperti ini hanya terjadi pada Perkutut Lokal tangkapan alam. Kalau Perkutut Bangkok hasil penangkaran tidak ada unsur gaibnya.

Nah, sekarang fokus pembicaraan kita pada fakta burung Perkutut yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

Fakta Burung Perkutut (pinterest.com)
Fakta Burung Perkutut (pinterest.com)

Fakta Burung Perkutut

1. Perkutut Hidup Berkoloni

Di alam liar, burung Perkutut hidup berkoloni atau berkelompok dengan teman-temannya. Walau terkadang burung ini terlihat sendiri, hal tersebut wajar karena mungkin dia sedang cari makan atau minum. Jadi, kalau Anda memelihara Perkutut, sebaiknya lebih dari satu karena Perkutut burung koloni.

2. Burung Perkutut Manggung di Siang Hari

Kalau di alam, Perkutut Lokal sering manggung di siang hari. Burung yang manggung di malam hari sering dianggap negatif karena dapat mendatangkan marabahaya. Meski begitu, hal tersebut masih sekadar mitos belaka dan tidak terjadi di semua jenis burung Perkutut Lokal.

3. Perkutut Sedikit Makan dan Minum

Banyak burung makannya rakus dan menghabiskan banyak makanan. Kalau Perkutut porsi makan sedikit yaitu tidak sampai 2-5 gram per hari. Jadi, walau Anda tinggal keluar kota sekalipun, burung ini masih bisa bertahan karena makannya sedikit.

4. Burung Perkutut Mudah Jinak

Dulu burung Perkutut dianggap simbol prestisius di masyarakat Jawa tertentu. Jika dirawat dengan baik dan telaten, burung Perkutut sangat mudah jinak. Perkutut bisa jinak bila dimandikan langsung dengan tangan. Jadi, bukan disemprot, melainkan dielus pelan langsung menggunakan tangan dan dikucuri air pancuran.

5. Perkutut Setia dengan Pemiliknya

Burung Perkutut mampu menyerap energi negatif bila pemilik burung mendapat serangan tak kasat mata. Ibaratnya, Perkutut bisa menjadi tameng saat pemiliknya diserang orang secara gaib. Burung ini akan mati tiba-tiba secara tak wajar di keesokan harinya. Hal seperti ini benar-benar terjadi dan dibuktikan beberapa Kung Mania. Namun, hanya Perkutut jenis tertentu yang bisa melakukankannya (tolak bala).

6. Burung Perkutut Tidak Pernah Bertengkar

Tidak seperti burung kicau yang selalu mempertahankan wilayahnya, burung Perkutut justru saling berbagi dengan teman dan saudaranya. Jika dimasukkan dalam kandang ombyokan, mereka terlihat akur dan tidak saling sikut menyikut. Di alam juga demikian, mereka akan berbagi tempat tinggal dan tidak saling serang untuk merebut wilayah.

7. Suara Perkutut Tidak Sama

Meski hidup bersama, suara Perkutut tidak sama satu dengan yang lain. Perkutut memiliki suara yang berbeda, baik dari volume, durasi, ketukan, hingga akhiran. Coba perhatikan, bila Anda memiliki beberapa Perkutut di rumah, pasti suaranya berbeda dan tidak sama.

8. Proses Manggung Perkutut yang Unik

Perkutut manggung dengan proses yang unik. Burung ini menarik udara dalam-dalam dari celah hidung dan celah paruh kemudian dialirkan ke kantung udara. Nah, saat akan berbunyi, udara diarahkan keluar lagi, sehingga tenggorokan terlihat membesar dan memanjang. Perkutut yang suaranya panjang berarti dia bisa menyimpan udara lebih banyak dari yang lain.

Loading...
Fakta Unik Perkutut (bukalapak.com)
Fakta Unik Perkutut (bukalapak.com)

9. Butuh Waktu Lama Mengeluarkan Suara Karakter Perkutut Lokal

Terkadang Anda beli Perkutut dari hasil tangkapan hutan, tetapi suaranya tidak ada dan bahkan tidak bunyi. Ini wajar karena Perkutut butuh adaptasi dengan lingkungan. Suara karakter Perkutut alam akan lama terbentuk saat berada di lingkungan baru.

10. Perkutut Panjang Umur

Beberapa waktu lalu, kami sempat membahas ada Perkutut tua yang usianya lebih dari 81 tahun. Ternyata Perkutut tersebut merupakan warisan dari tiga generasi. Perkutut Lokal alam memang memiliki usia yang panjang lebih dari 60 tahun. Kondisi Perkutut tua tersebut sudah renta dan tubuhnya membungkuk. Namun, dari sorot matanya, dia masih terlihat sehat.

11. Perkutut Dipelihara Golongan Tertentu

Dulu Perkutut hanya dipelihara oleh golongan tertentu, seperti raja-raja. Namun, sekarang banyak orang dari semua kalangan masyarakat yang bisa memelihara Perkutut. Bahkan, masyarakat terkadang bisa memikat sendiri burung-burung Perkutut di hutan.

12. Burung Perkutut Memiliki Ciri Khas Fisik atau Katuranggan

Berbeda dengan yang lain, Perkutut memiliki ciri fisik khusus yang dinamakan katuranggan. Di tubuhnya ada perbedaan fisik yang tidak dimiliki Perkutut lain dan dari ciri tubuh tersebut ada artinya tersendiri. Banyak orang juga memburu katuranggan Perkutut tertentu yang dianggap dapat membawa keberuntungan.

13. Perkutut Lomba

Burung Perkutut lomba lebih identik ke Perkutut Bangkok, sementara Perkutut untuk dipelihara biasanya masyarakat lebih memilih Perkutut Lokal. Suara Perkutut Bangkok lebih besar, keras, dan bagus ketimbang Perkutut Lokal. Sementara, Perkutut Lokal lebih diminati karena banyak mengandung nilai mistis dan gaib.

14. Perkutut Dianggap Simbol Pria Sejati

Banyak yang mengatakan bahwa Perkutut dianggap simbol pria Jawa sejati. Artinya, seorang Pria belum dianggap jantan atau pria sejati kalau belum memelihara Perkutut. Sebab, pria sejati harus memiliki Wisma (rumah), Garwo (istri), Curigo (keris atau senjata), Turonggo (kuda atau kendaraan), dan Kukilo (burung Perkutut).

15. Perkutut Pembawa Kebahagiaan dan Kesengsaraan

Burung Perkutut bisa membawa kebahagiaan dan kesengsaraan. Tergantung jenis dari Perkutut Lokal yang dipelihara. Pasalnya, dari katuranggan Perkutut dapat diketahui burung tersebut bisa membawa ketentraman atau keburukan. Untuk info lebih lanjut, coba cari artikelnya di jenis-jenis Perkutut dan mitosnya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian fakta aneh dan unik burung Perkutut. Tidak semua orang mengetahui hal tersebut, karena sebagian besar orang lebih tertarik dengan burung kicau. Padahal, unsur budaya dan seninya lebih indah saat memelihara burung Perkutut.

Katanya suara Perkutut lebih menentramkan jiwa dan sebagai penghilang stres. Mungkin setiap orang berbeda-beda karena banyak orang memelihara burung kicau dan tidak gampang stres. Namun, banyak orang-orang tua dan khususnya orang Jawa sepakat bahwa memelihara Perkutut dapat menentramkan jiwa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • keanehan perkutut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!