Fakta Mengejutkan dan 10 Ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang Asli

Fakta Mengejutkan dan 10 Ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang Asli

Burungnya.com – Salah satu jenis Cucak Ijo yang paling digemari Ijo Mania adalah Cucak Ijo Banyuwangi. Ya, burung Cucak Hijau yang berasal dari wilayah Jawa Timur ini konon katanya mempunyai banyak kelebihan ketimbang burung Cak Ijo yang lain. Kelebihan ini sangat terlihat terutama pada bagian mentalnya yang pemberani, gaya bertarung, dan suaranya yang gacor.

Selain Cucak Ijo Banyuwangi sebenarnya ada burung yang mirip dengannya yaitu Cucak Ijo Kalimantan. Burung yang katanya berasal dari Borneo ini memiliki ciri fisik yang hampir sama persis dengan Cucak Ijo Banyuwangi. Oleh karenanya, banyak kicau mania kesulitan membedakan antara Cucak Ijo Banyuwangi dan Cucak Ijo Kalimantan.

Nah, agar tidak kesulitan lagi membedakan kedua burung tersebut, kami akan menunjukkan ciri khas Cucak Ijo Banyuwangi yang asli. Dengan begitu, Anda menjadi tahu ciri-ciri fisik Cucak Ijo Banyuwangi yang sebenarnya. Sehingga kalau ada oknum yang berniat menipu Anda, maka Anda akan segera mengetahuinya.

Baca juga: 16 Ciri Cucak Ijo yang Bagus dan Bermental Juara

Loading...

5 Jenis Cucak Ijo paling populer di Indonesia

Cucak Ijo Banyuwangi mirip Cucak Ijo Kalimantan (theonlinezoo.com)
Cucak Ijo Banyuwangi mirip Cucak Ijo Kalimantan (theonlinezoo.com)

Di Indonesia sendiri, ada lima jenis Cucak Ijo yang menjadi favorit kicau mania, di antaranya Cucak Ijo Banyuwangi, Cucak Ijo Kalimantan, Cucak Ijo Sumatera, Cucak Ijo Jember, dan Cucak Ijo Mini. Sayangnya, mayoritas Cucak Ijo Jawa Timur, seperti Banyuwangi dan Jember sudah mulai sulit ditemukan di hutan.

Jika sekarang masih ada yang menjual Cucak Ijo dari Banyuwangi, kemungkinan besar itu bukan burung Cucak Ijo Banyuwangi yang asli. Yang dianggap Cucak Ijo Banyuwangi tadi sebenarnya adalah Cucak Ijo Kalimantan atau Sumatera. Para pelaku penipuan sengaja menyebut Cucak Ijo dari Jawa Timur untuk mendongkrak harganya.

Baca juga: Cucak Ijo Ini Dulu Ditukar Batu Akik Bacan, Sekarang Ditawar Rp 100 Juta

Cerita tentang Cucak Ijo Banyuwangi yang asli

Cucak Ijo Banyuwangi di hutan (mangoverde.com)
Cucak Ijo Banyuwangi di hutan (mangoverde.com)

Hal ini diketahui dari cerita Om Eldin yang tinggal di perbatasan Lumajang dan Jember. Dia memantau dan bertanya langsung ke pemikat burung Cucak Ijo di daerah Tempursari (habitat cucak ijo semeru) dan daerah Curah Nangka (habitat cucak ijo jember).

Menurut para pemikat burung, sudah empat tahun terakhir, mereka jarang sekali menjumpai Cucak Ijo di alam liar. Cucak Ijo dari wilayah Jawa Timur kini hanya dapat dijumpai di kawasan konservasi seperti Taman Nasional Meru Betiri (Jember), Taman Nasional Bromo, Tengger (Lumajang), serta Taman Nasional Baluran (Banyuwangi), seperti yang disadur dari Omkicau.com (29/5/2014).

Fakta mengejutkan Cucak Ijo Banyuwangi

Berarti dapat diartikan bahwa burung Cucak Ijo Banyuwangi yang asli sudah mulai langka sejak tahun 2010. Cucak Ijo Banyuwangi hanya bisa ditemukan di kawasan konservasi. Kalau ada yang menjual Cucak Ijo Banyuwangi, kemungkinan besar bohong. Namun, ada kemungkinan juga burung tersebut memang Cucak Ijo Banyuwangi yang asli, tetapi diambil dari kawasan konservasi yang termasuk tindakan ilegal.

“Jika Anda ditawari atau mau beli Cucak Hijau yang masih gesit atau Cucak Hijau trotol dengan harga di bawah Rp 900.000, dan si penjual mengakunya sebagai Cucak Ijo Jawa Timur, saya berani memastikan 90 persen bohong! Boleh jadi, si penjual juga dibohongi oleh penjual sebelumnya,” kata Om Eldin.

Baca juga: 5 Cara Merawat Cucak Ijo Agar Tampil Ngentrok dan Gacor saat Lomba

Ciri fisik Cucak Ijo Banyuwangi Jawa Timur (orientalbirdimages.org)
Ciri fisik Cucak Ijo Banyuwangi Jawa Timur (orientalbirdimages.org)

Cucak Ijo Banyuwangi atau Cucak Ijo Jawa Timur yang asli hanya bisa diketahui kalau sudah berusia dewasa. Ciri-ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang asli sebagai berikut:

  1. Tubuh Cucak Ijo Banyuwangi lebih panjang dari Cucak Ijo lainnya.
  2. Bagian punggung terlihat membungkuk atau melengkung hingga ke bagian ekor.
  3. Postur tubuh Cucak Ijo Banyuwangi tidak selalu besar, tetapi yang pasti tubuhnya panjang.
  4. Burung Cucak Ijo Banyuwangi mempunyai mental petarung. Dia memiliki gaya bertarung yang unik yakni jambulnya berdiri tegak, njegrik, njegrak, atau jabrik. Gaya ini muncul saat dia sedang ngentrok dan atraktif.
  5. Ekor Cucak Ijo Banyuwangi sedikit lebih panjang dan cenderung berbentuk melengkung serta lentur.
  6. Warna hijau di tubuh Cucak Ijo Banyuwangi lebih gelap atau tua. Intinya, warna hijaunya sangat jelas dan tidak kekuning-kuningan seperti Cucak Ijo Kalimantan.
  7. Warna hitam di dekat mata dan paruh atau lehernya sangat jelas serta gelap.
  8. Suara Cucak Ijo Banyuwangi gacor, ngerol, lantang, dan panjang.
  9. Jika Cucak Ijo sedang tidak bertarung di lapangan atau kontes burung, maka lagunya kurang bervariasi dan kurang tajam.
  10. Cucak Ijo Banyuwangi yang sudah dewasa atau tua, maka sisik di kaki akan terlihat besar dan lebar.

Demikian fakta mengejutkan dan ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang asli. Cucak Ijo tersebut sudah sulit ditemukan di alam liar. Sehingga kalau ada yang menjual Cucak Ijo Banyuwangi, harusnya Anda berpikir dua kali, itu Cucak Ijo Banyuwangi asli atau palsu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


Pencarian terkait:

  • burung hijau
  • Ciri ciri cucak ijo khas banyu wangi
  • berapa harga burung pentet yg kepala nya hitam
  • burung langka diindonesia
  • cara pilih burung cucak ijo asli jatim
  • cara membuat cak ijo nagen
  • cara budidaya ternak lovebird kacer cucak ijo dan kenari untuk pemula
  • burung kajau
  • burung cucak hijau
  • merdunya cak ijo archive

Comment here