Sandal Istri dan Cucak Ijo Mujur (youtube.com)

Gara-gara Sandal Istri, Cucak Ijo Rp 850 Ribu Ditawar Rp 7 Juta

Burungnya.com – Cucak Ijo sudah masuk daftar burung dilindungi. Jadi, segera daftarkan burung Anda ke kantor BKSDA setempat secara gratis. Nah, bicara tentang burung Cucak Ijo, ada yang unik dengan setingan burung tersebut. Pasalnya, di daerah Semarang ada Cucak Ijo yang sering turun atau nebok, tapi kalau diberi sandal istri pemiliknya, burung tersebut tidak mau turun.

Ya, pemilik burung Cucak Ijo ini adalah om YYK Kuman SF dari Semarang. Sedangkan nama burung tersebut adalah Mujur. Sekarang mari mengulik lebih jauh tentang manfaat pemberian sandal di dalam sangkar burung Cucak Ijo.

Om YYK Pemilik Cucak Ijo Mujur (youtube.com)
Om YYK Pemilik Cucak Ijo Mujur (youtube.com)

Alasan Diberi Sandal Istri

Kalau dilihat sekilas, pemandangan sandal di dalam sangkar burung memang sangat jarang terjadi. Dikira cuma iseng atau main-main saja, ternyata pemberian sandal ini memang ada manfaatnya.

Saat ditanya, mengapa ada sandal warna biru di dalam sangkar burung Cucak Ijo, jawaban Om YYK yakni agar burung tidak turun. Selain itu, sandal milik istrinya ini sudah ikut dalam serangkaian perawatan Cucak Ijo tersebut.

Dulu burung ini sempat diberi bola warna-warni, tetapi bola tersebut malah dikawini. Lalu, sangkar dikasih kerodong, tetapi burung masih turun. Kemudian, burung dikasih es batu di bawahnya, tapi masih saja turun.

Akhirnya burung tidak mau turun saat diberi sandal. Oh iya, sandal yang digunakan tidak harus sandal istri, tapi sandal yang lain juga bisa. Burung Cucak Ijo biasanya turun atau nebok karena sedang lapar. Kalau burung kenyang, dia tidak akan turun.

Sandal Istri agar Cucak Ijo Tidak Turun (youtube.com)
Sandal Istri agar Cucak Ijo Tidak Turun (youtube.com)

Juara 1 Sebanyak 35 Trofi

Gara-gara sandal, Cucak Ijo Mujur sudah bisa meraih 50 trofi dalam waktu 2,5 bulan. Kemudian, 35 trofi di antaranya juara 1 semua.

Hebatnya lagi, cuma dipancing dengan suara saja, burung ini sudah mau bunyi. Misalnya, ada orang yang bersuara ngekek seperti Lovebird, maka dia akan ikut-ikutan ngekek.

Awal Pelihara Burung Cucak Ijo

Om YYK sudah main burung sejak tahun 1995. Dulu dia main jenis burung Anis Merah, Anis Kembang, Kacer, Murai Batu, dan Lovebird. Kemudian kenal burung Cucak Ijo di tahun 1997. Kalau om YYK bersama Cucak Ijo Mujur sudah 3 tahun (terhitung video tayang di Channel aaDUKI 19 Desember 2018).

Burung Cucak Ijo Mujur pernah didis dan bulu berjatuhan sampai 18 helai. Namun, pemiliknya tetap memainkan burung tersebut sampai 35 kali dan juara 1 terus. Tak disangka, om YYK ini juga sempat viral karena membuat resep racikan jamu gendong.

Loading...
Cucak Ijo Mujur yang Takut Sandal (youtube.com)
Cucak Ijo Mujur yang Takut Sandal (youtube.com)

Perawatan Burung Cucak Ijo Mujur

  • Penjemuran cuma 30 menit.
  • Pemberian jangkrik, pagi 3 ekor dan sore 3 ekor.
  • Kalau mau main, burung diberi kroto.
  • Burung dimaster suara MP3 setiap hari mulai jam 20.00 – 06.00.
  • Dulu diberi masteran burung Kolibri sampai 3 ekor, tapi karena sering mati, akhirnya diganti suara MP3.
  • Sangkar diganti sangkar besi Lovebird karena sering kemasukan tikus.

Harga Burung Cucak Ijo Mujur

Dulu om YYK beli burung Cucak Ijo Mujur seharga Rp 850 ribu. Saat itu, burung tersebut masih biasa-biasa saja. Namun, setelah melihat aksinya di lapangan, ada yang menawarkan Cucak Ijo Mujur sampai Rp 7 juta, tapi tidak dikasih.

Jumlah trofi yang dikumpulkan burung Cucak Ijo Mujur sudah sekitar 80 buah. Om YYK juga punya burung Cucak Ijo lain tetapi masih stres dan sayapnya habis dimakan tikus.

Baca juga:

Karakter Cucak Ijo Mujur

Burung Cucak Ijo Mujur mempunyai karakter suara ngerol tembak. Isian burung ini di antaranya burung Tengkek Buto, Cililin, burung Gereja tarung, dan Ciblek. Semua isian dikeluarkan secara bergantian dan tidak monoton.

Cucak Ijo ini juga sudah ganti sangkar sebanyak 8 kali dan ganti tangkringan berkali-kali tapi tidak ada masalah yang berarti. Bahkan, burung ini pernah jatuh dari gantangan sampai sangkarnya hancur, tapi burung tidak apa-apa dan tidak stres. Burung ini juga kuat main 4-5 sesi tanpa umbaran.

Kesimpulan

Demikian rahasia Cucak Ijo yang tidak mau turun setelah diberi sandal istri. Anda tidak boleh berhenti mencari apa yang diinginkan burung. Seperti om YYK yang mencoba berbagai cara, mulai dari pemberian bola, es batu, hingga kerodong.

Semua cara yang dilakukan ternyata gagal. Akhirnya dia mencoba memberikan sandal istrinya, ternyata burung Cucak Ijo Mujur justru takut dan tidak mau turun lagi. Sekarang, Cucak Ijo ini nagen dan anteng di tangkringan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Tembakan cucak ijo yg jadi burung lain takut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!