Indonesia Ekspor 80 Ton Sarang Walet ke China Harga Rp 2,2 Triliun

Burungnya.com – Rasanya bangga saat produk asli Indonesia dibeli oleh negara lain. Ini terjadi pada produk sarang burung Walet. Negara yang gemar membeli sarang Walet adalah China.

Diketahui China sudah menjadi negara dengan konsumen sarang burung Walet terbesar di dunia. Sementara Indonesia jadi produsen sarang burung Walet terbesar di dunia.

Tak heran, kalau sudah bicara tentang Walet, pasti kedua negara ini seperti saudara kandung. Keduanya sudah saling percaya, sampai masa pandemi seperti sekarang jual beli sarang burung Walet masih terus berjalan.

Kebetulan, Duta Besar RI untuk China dan Mongolia, yaitu Djauhari Oratmangun diundang China Agricultural Wholesale Market Association (CAWA) pada acara The 2020 China Bird’s Nest Industry Annual Conference pada tanggal 27-30 Oktober 2020 di Xiamen, Provinsi Fujian, China.

Promosi Sarang Burung Walet Indonesia

Di sana Djauhari Oratmangun memberikan keynote speech, sekaligus promosi sarang burung Walet Indonesia. Dia mengatakan bahwa Indonesia merupakan produsen sarang burung Walet terbesar di dunia.

China sendiri jadi pengimpor sarang burung Walet yang kebanyakan berasal dari Indonesia. Mulai dari Januari sampai Agustus 2020, China sudah mengimpor sarang burung Walet senilai 275,7 juta dolar AS.

Jumlah ini 73,7 persennya berasal dari Indonesia. Jadi total impor sarang Walet dari Indonesia sebesar 203 juta dolar AS.

Pada 2019 jumlah impor sarang Walet tidak sebanyak itu. Oleh sebab itu, Indonesia berharap hubungan kerja sama ini akan terus berlanjut dan berkembang.

"<yoastmark

Indonesia Ekspor 80 Ton Sarang Walet

Rombongan dari Dubes Indonesia sempat mengunjungi dua buah pabrik importir dan tempat pengolahan sarang Walet di China, yaitu Da Zhou Xin Yan (Xiamen) Bio-tech Co Ltd dan Xiamen Yan Palace Seelong Food Co Ltd.

Perusahaan pertama menggunakan 90 persen produk olahannya dari sarang burung Walet Indonesia. Sementara perusahaan kedua, 100 persen produk olahannya dari sarang burung Walet Indonesia.

Nah, saat kunjungan tersebut ada penandatanganan Letter of Intent for Purchase (LOI) antara General Manager of Production Center Huang Danyan dengan Atase Perdagangan KBRI Beijing Marina Novira Anggraini.

Loading...

Dalam LOI tersebut perusahaan tadi diketahui akan mengimpor 80 ton sarang burung Walet Indonesia senilai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun pada tahun 2021 mendatang.

Perusahaan Indonesia Pengekspor Sarang Walet

Jumlah segitu masih diekspor oleh kurang lebih 23 perusahaan sarang burung Walet Indonesia. Ke-23 perusahaan ini sudah terdaftar di China Custom dan secara resmi bisa mengekspor sarang Walet ke China.

Indonesia sendiri masih membahas intens dengan pemerintah China agar ada tambahan 13 perusahaan asal Indonesia yang bisa mengekspor sarang Walet.

13 perusahaan ini sebelumnya sudah diinspeksi oleh China pada Desember 2019. Harapan Indonesia, permohonan izin peningkatan kapasitas volume ekspor dari seluruh perusahaan terdaftar semoga bisa segera diselesaikan.

Baca juga:

Kesimpulan

Luar biasa produk sarang burung Walet Indonesia sudah digemari masyarakat China. Mereka sangat mengetahui khasiat sarang burung Walet dan peduli dengan kesehatan.

Tidak mengherankan orang-orang tua di sana masih sangat aktif dan sehat. Ini mungkin karena mereka gemar mengonsumsi sarang Walet.

Semoga saja di tahun-tahun berikutnya, Indonesia bisa mengekspor lebih banyak sarang Walet ke negara-negara lain. Selain itu, masyarakat yang lain juga bisa ikut menjalankan bisnis sarang Walet yang perputaran uangnya bisa mencapai triliunan rupiah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!