Indukan Kawin Silang Lovebird yang Hasilnya Mengecewakan

Burungnya.comSemua jenis Lovebird sebenarnya boleh dikawinsilangkan. Namun, ada beberapa jenis burung Lovebird yang tidak boleh dilakukan kawin silang karena akan menghasilkan anakan yang mengecewakan. Mengapa bisa ada anakan Lovebird yang mengecewakan?

Dikatakan mengecewakan karena indukan Lovebird mandul dan telur Lovebird nanti akan bersifat infertil atau kosong. Ya, beberapa jenis Lovebird kalau dikawinkan bisa menjadi Lovebird Hybrid yang mandul. Artinya, Lovebird tersebut tidak bisa diternak lagi. Sebab, telurnya nanti pasti tidak ada isinya atau kosong. Walaupun Lovebird terlihat bertelur banyak, tapi telur tidak akan menetas.

Baca juga: 6 Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Paling Tepat

Penyebab telur Lovebird jadi infertil beraneka ragam, salah satunya faktor keturunan atau genetik indukan Lovebird. Oleh karena itu, jangan sembarangan mengawinkan burung Lovebird, nanti takutnya jadi Lovebird Hybrid yang mandul.

Loading...

Untuk masalah kawin silang Lovebird, ada beberapa jenis indukan Lovebird yang tidak boleh dikawinkan silang karena berpotensi menjadi Lovebird Hybrid. Lovebird ini dilarang dikawinkan karena berbeda ras atau spesies.

Lovebird Hybrid terbagi menjadi dua, yaitu Homoploid Hybrid dan Polyploid Hybrid. Lovebird Homoploid Hybrid masih ada kemungkinan telurnya menetas karena jumlah kromosomnya genap (62). Sedangkan Lovebird Polyploid Hybrid sudah pasti gagal menurunkan keturunan atau mandul karena jumlah kromosom ganjil (63).

Contoh Kawin Silang Lovebird Beda Spesies

1. Lovebird Agapornis Fischeri x Lovebird Agapornis Personatus (Homoploid Hybrid)

Kawin silang Lovebird Homoploid Hybrid
Kawin silang Lovebird Homoploid Hybrid

Jumlah kromosom Agapornis Fischeri dan Agapornis Personatus sama-sama 62. Hasil anakannya jadi Lovebird Hybrid dengan jumlah kromosom 62 (genap).

2. Lovebird Agapornis Fischeri x Lovebird Agapornis Roseicollis (Polyploid Hybrid)

Kawin silang Lovebird Polyploid Hybrid
Kawin silang Lovebird Polyploid Hybrid

Jumlah kromosom Agapornis Fischeri 62 dan Agapornis Roseicollis 64, sehingga menghasilkan anakan Lovebird Hybrid dengan jumlah kromosom 63 (ganjil).

Nah, karena hasil anakannya memiliki jumlah kromosom ganjil, maka Lovebird tersebut dikatakan infertil atau mandul. Masyarakat sering menyebutnya Lovebird Barong.

Apa itu Lovebird Barong?

Lovebird Barong adalah Lovebird Hybrid hasil kawin silang beda spesies antara Lovebird Klep (Fischeri, Personatus, Nyasa, atau Blackcheecked) dengan Lovebird Non Klep.

Lovebird Barong mempunyai nilai persentase mandul sebesar 99,9 persen. Lovebird ini punya peluang tidak mandul sebesar 0,1 persen dengan Kuasa Allah SWT.

Alasan Lovebird Barong mandul adalah Lovebird Klep mempunyai 62 kromosom, sementara Lovebird Non Klep 64 kromosom. Jika kedua indukan ini disilangkan Lovebird Klep (31) dan Lovebird Non Klep (32), maka anaknya jadi Lovebird Barong (63) ganjil dan infertil atau mandul.

Baca juga: 2 Cara Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

Jika kawin silang Lovebird beda warna tapi masih satu spesies atau ras, masih diperbolehkan. Misalnya, Lovebird Agapornis Personatus Blue Series warna violet dengan Lovebird Agapornis Personatus Green Series warna hijau standar.

Perkawinan silang Lovebird tersebut diperbolehkan karena anakannya tidak mandul. Namun, keindahan warna anakannya nanti akan rusak, tidak seperti orangtuanya.

Mulai sekarang, sebaiknya Anda memahami ilmu genetik Lovebird dengan belajar genetic calculator Lovebird agar tidak menyesal di kemudian hari. Anda juga harus pintar memilih indukan Lovebird agar anakannya tidak mandul.

Oleh karena itu, kalau membeli Lovebird ada baiknya beli langsung dari penangkaran Lovebird, sehingga Anda bisa mengetahui dari keturunan apa indukan Lovebird tersebut. Kalau cuma asal beli Lovebird, lalu dijadikan indukan ternak, maka kemungkinan Lovebird bertelur tapi tidak menetas.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, silakan dibagikan ke teman dan sanak saudara. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • kawin silang lovebird beda warna
  • Kawin silang lb yang mengecewakan
  • kromosom burung love bird kawin silang

Berikan komentar