Jenis Madu Kolibri yang Masuk Daftar Burung Dilindungi (ramcquade.com)

5 Jenis Burung Madu Kolibri Masuk Daftar Burung Dilindungi

Burungnya.com – Saat ini sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan burung dilindungi di masyarakat. Sebab, sebagian dari mereka tidak mengetahui kalau burung yang mereka pelihara termasuk burung dilindungi. Sebut saja burung Madu atau Kolibri yang sebagian masuk daftar burung dilindungi.

Ya, dulu semua jenis burung Madu dilindungi. Lebih tepatnya semua burung Madu dari keluarga Nectarinidae masuk daftar burung dilindungi. Hal tersebut tertuang dalam PP No. 7/1999.

Namun, seiring berjalannya waktu ada jenis burung Madu atau Kolibri yang tidak dilindungi. Pada bulan Juni 2018 kemarin terjadi revisi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018.

Dari situ diketahui jenis burung Madu atau Kolibri yang masuk daftar burung dilindungi hanya lima saja. Artinya burung Kolibri lain masih boleh dipelihara dan diikutsertakan dalam lomba.

Jenis Burung Madu Kolibri yang Dilindungi

1. Burung Madu Jawa (Aethopyga mystacalis)

Burung Madu Jawa (pinterest.co.uk)
Burung Madu Jawa (pinterest.co.uk)

Habitat burung Madu Jawa di dataran rendah subtropis hingga hutan tropis atau wilayah Montane. Tak heran, burung Madu Jawa sering ditemukan di Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

2. Burung Madu Sangihe (Aethopyga Duyvenbodei)

Burung Madu Sangihe (hbw.com)
Burung Madu Sangihe (hbw.com)

Tahukah Anda, burung ini sempat dianggap sebagai burung paling langka di Wallacea. Pasalnya, keberadaan burung ini sulit terlihat terutama saat makan madu di tajuk pohon tinggi.

Ciri burung Madu Sangihe jantan adalah panjang tubuh 12 cm, bagian atas hijau metalik dan biru. Punggung burung ini warna kuning zaitun dan bagian pita tunggir dan tenggorokan warna kuning.

Burung Madu Sangihe sangat terancam punah. Habitat burung di hutan dan kebun, lebih tepatnya hutan primer dan tepi hutan. Makanannya serangga kecil dan madu. Cara mendapatkan makanan dengan mengumpulkan serangga dari sarang laba-laba dan vegetasi.

3. Burung Madu Sepah Raja (Aethopyga Siparaja)

Burung Madu Sepah Raja (hbw.com)
Burung Madu Sepah Raja (hbw.com)

Habitat burung Madu Sepah Raja biasanya di semak, perkebunan, dan hutan. Mereka tersebar sampai ketinggian 800-900 m dpl. Spesies burung ini dari keluarga Nectariniidae dan dari genus Aethopyga. Burung ini suka makan nektar dan serangga.

Loading...

Ciri burung Madu Sepah Raja jantan mempunyai tubuh 13 cm, warna bulu merah terang, dahi dan ekor pendek warna ungu. Sedangkan warna bulu di perut abu-abu gelap.

4. Burung Madu Sumba (Cinnyris Buettikoferi)

Burung Madu Sumba (hbw.com)
Burung Madu Sumba (hbw.com)

Secara fisik, burung Madu Sumba mirip dengan Sogok Ontong atau Sriganti. Namun, ternyata ada ciri yang membedakan yakni pada bulu dada dan leher. Burung ini merupakan endemik kepulauan Sumba.

5. Burung Madu Leher Merah (Anthreptes Rhodolaemus)

Burung Madu Leher Merah (hbw.com)
Burung Madu Leher Merah (hbw.com)

Dilihat sekilas burung Madu Leher Merah hampir mirip dengan burung Madu Kelapa. Burung ini memiliki ciri warna leher merah dada kuning, punggung ungu kebiruan, dan keseluruhan berwarna merah kecokelatan.

Baca juga:

Burung Kolibri Ninja atau Konin Tidak Dilindungi

Menurut informasi dari Omkicau.com (20/9/2018), burung Kolibri Ninja atau Konin tidak masuk daftar burung dilindungi atau tidak masuk list merah. Burung ini boleh dipelihara, dibudidayakan, dilombakan karena tidak terdaftar sebagai burung dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. P.92 /2018.

Kesimpulan

Demikian jenis burung Madu yang masuk daftar burung dilindungi. Namun, bagi Anda yang memelihara burung Kolibri Ninja atau Konin tidak perlu khawatir karena burung tersebut tidak dilindungi.

Diketahui cuma ada lima jenis burung Madu yang dilindungi. Itu artinya burung Kolibri masih aman dan boleh dipelihara atau dilombakan. Meski begitu, jangan menangkap burung tersebut dari alam. Lebih baik burung Konin diternak agar tetap lestari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung madu jawa
  • jenis burung madu leher merah
  • jenis jenis kolibri
  • burung madu leher merah
  • Burung-madu jawa
  • burung sepah raja
  • burung kolibri yang di lindungi
  • burung kolibri sriganti kebun
  • kolibri ninja hewan yang dilindungi
  • Apakah jenis kolibri di lindungi ?

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!