Jenis Burung Unik dan Aneh di Dunia (wildatitudes.com)

5 Jenis Burung Unik yang Tidak Dimiliki Burung Lain

Burungnya.com – Di dunia ini masih banyak jenis burung yang unik. Tidak hanya dari bentuk fisik saja, keunikan tersebut juga bisa terlihat dari kemampuannya. Menariknya lagi, keunikan tersebut tidak dimiliki oleh jenis burung lain, artinya ini sangat istimewa dan spesial.

Kami menganggapnya unik karena burung kicau biasa tidak bisa melakukannya. Hanya burung tertentu yang dianugerahi kelebihan unik dan aneh. Anda mungkin tidak percaya, ternyata ada burung seperti itu di dunia.

Jenis Burung Unik

1. Burung dengan Suara Anjing Merintih

Burung Resplendent Quetzal (ebird.org)
Burung Resplendent Quetzal (ebird.org)

Pertama burung unik bernama Resplendent Quetzal. Burung ini bisa ditemukan di Meksiko dan Panama barat. Panjang burung ini 36 cm dan ekornya 64 cm khusus burung jantan. Sementara berat tubuhnya 2,1 kg.

Uniknya, kepala burung ini seperti bola yang menghisap kepala. Selain itu, ada yang paling unik yaitu suara burung Resplendent Quetzal mirip anjing merintih.

2. Burung dengan Kepala dan Paruh Raksasa

Burung Helmeted Hornbill (lifegonewild.org)
Burung Helmeted Hornbill (lifegonewild.org)

Saat pertama kali melihat burung Helmeted Hornbill atau Enggang Gading, mungkin Anda akan terkejut. Pasalnya, kepala dan paruhnya sangat besar. Saking besarnya, kepala burung ini seberat 10 persen dari 6,8 pon berat tubuhnya.

Burung Enggang Gading dapat ditemukan di Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaya. Bulu di tubuhnya dominan hitam. Ada bulu putih di tubuh, yaitu sekitar perut dan ekor burung.

3. Burung dengan Paruh Terus Membuka

Burung Hoopoe (ebird.org)
Burung Hoopoe (ebird.org)

Nama burung yang paruhnya terus membuka adalah Hoopoe. Burung ini bisa ditemukan di Afro-Eurasia. Ciri khas burung ini memiliki mahkota besar. Paruh burung tersebut dapat terbuka terus saat mencari makanan di tanah.

Tahukah Anda, burung dengan nama lain burung Hud-Hud ini juga disebut dalam Al-Quran, terutama pada Surah An-Naml ayat 22-23.

Loading...

4. Burung dengan Bau Kotoran

Burung Hoatzin (perunature.com)
Burung Hoatzin (perunature.com)

Apa yang menarik dari burung Hoatzin Hoatzin? Burung ini ternyata memiliki bau yang mirip seperti bau kotoran busuk. Padahal, secara fisik burung Hoatzin sangat cantik dengan mahkota indah.

Burung tersebut dapat ditemukan di rawa-rawa hutan tropis Amazon dan Delta Orinoco di Amerika Selatan. Hoatzin memiliki kepala kecil tapi tubuh besar. Uniknya anak burung ini sudah lahir dengan sayap yang dilengkapi cakar.

5. Burung dengan Suara Katak

Burung Sri Lanka Frogmouth (wikiwand.com)
Burung Sri Lanka Frogmouth (wikiwand.com)

Saat turun hujan mendengar suara katak, belum tentu itu suara katak karena burung Sri Lanka Frogmouth juga memiliki kemampuan serupa. Jadi, burung ini bisa bersuara seperti katak dan paruh mirip dengan mulut katak.

Frogmouth sama seperti burung Hantu yang aktif di malam hari. Saat bertengger di dahan dengan daun kering, burung ini bisa berkamuflase. Soalnya, sekilas bulunya mirip dengan daun kering dan pohon kering.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa burung unik yang tidak dimiliki burung lain. Artinya, burung-burung kicau lainnya tidak mempunyai kemampuan serupa. Jadi, ini termasuk anugerah dari Tuhan supaya burung tersebut terlihat istimewa.

Walaupun keistimewaan burung ini unik, tapi burung-burung tersebut sangat luar biasa. Sulit dipahami secara logika ternyata ada burung aneh dan unik seperti itu. Sebab, masyarakat cuma mengetahui burung-burung peliharaan dengan suara merdu saja. Sementara burung dengan keistimewaan seperti ini jarang ditemui di lingkungan kita.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Burung paling unik

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!