Kesalahan saat Memaster Burung (kicaumania373.wordpress.com)

5 Kesalahan Kicau Mania Pemula saat Memaster Burung

Burungnya.com – Kicau mania yang baru terjun ke dunia burung, biasanya kurang memahami ilmu perawatan burung. Ini wajar karena sebelumnya memang tidak pernah berkecimpung di dunia burung.

Tak heran, banyak kicau mania pemula yang salah dalam memaster burung. Kami fokuskan kesalahan perawatan pada pemasteran burung saja.

Diharapkan setelah memahami kesalahan pemasteran burung ini, kicau mania tidak akan melakukannya lagi. Mungkin kesalahan ini jarang disadari karena memang banyak yang melakukannya.

Kendati demikian, ada baiknya mulai dibenahi proses perawatan burungnya, agar sesuatu yang sudah salah bisa menjadi benar.

Masteran Lovebird yang Bagus (youtube.com)
Masteran Lovebird yang Bagus (youtube.com)

Kesalahan dalam Memaster Burung

  1. Burung dimaster dengan suara burung yang lebih fighter.
  2. Pemasteran burung dengan suara audio keras.
  3. Waktu memaster sangat lama.
  4. Burung dimaster dengan suara burung sejenis dan lama.
  5. Pemasteran dilakukan saat burung mau istirahat atau tidur.

Beberapa dari kesalahan pemasteran burung tadi pasti pernah Anda lakukan. Mungkin saja Anda menganggap pemasteran seperti tadi sudah benar, tapi menurut kami masih salah.

Soalnya, proses pemasteran adalah memasukkan suara burung ke dalam ingatan atau otak burung. Dalam hal ini seperti mencuci otak burung. Jadi, burung diperdengarkan suara burung secara konsisten sampai burung bisa menirukan suara burung tersebut.

Loading...

Tips Memaster Burung yang Benar

  • Audio suara masteran pelan saja dan mengalun.
  • Putar masteran burung MP3 jangan terlalu lama, 15-30 menit sudah cukup.
  • Burung dimaster dengan suara burung yang bukan sejenis atau beda kelamin.
  • Masteran burung diputar untuk memancing suara burung bunyi sekitar 30 detik.
  • Putar suara masteran saat burung mabung.
  • Jangan memaster burung saat istirahat karena kasihan.
  • Lebih baik, pemasteran dilakukan pagi setelah mandi jemur karena performa masih bagus dan fresh.
  • Pemasteran yang baik menggunakan burung asli dan jaraknya agak berjauhan dengan durasi yang tidak terlalu lama.
  • Anda juga bisa memaster burung dengan suara burung asli di YouTube. Cari video yang memperlihatkan burung gacor, tidak hanya suara saja. Sebab, burung asli yang gacor intonasi lebih alami dan jeda bunyi juga alami.

Kalau suara masteran burung MP3 diputar lama nanti burung bisa drop mental karena menanggapi burung masteran. Lama-lama burung kelelahan karena lawannya adalah pemutar MP3.

Burung yang sudah drop mental sulit dikembalikan mental fighter-nya. Biasanya butuh waktu lama sampai performa burung kembali pulih.

Kesimpulan

Demikian beberapa kesalahan kicau mania pemula saat memaster burung. Kami juga menambahkan tips memaster burung yang benar versi Burungnya.com.

Baca juga:

Jadi pelajaran apa yang bisa diambil? Pemasteran burung sebentar saja, suara audio pelan, pemasteran dengan burung asli atau burung asli dari YouTube, dan memaster burung dengan jenis yang berbeda atau kelamin yang berbeda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!