22 Makanan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur

22 Makanan Lovebird Ternak Agar Cepat Bertelur

Burungnya.com – Agar Lovebird cepat bertelur dan produktif, Lovebird ternak harus diberi makanan yang bergizi. Makanan Lovebird ternak bisa dipilihkan dari alam yang kandungannya dapat menjadikan Lovebird cepat birahi dan produktif atau cepat bertelur.

Biasanya makanan untuk Lovebird ternak meliputi, biji-bijian, sayur, tunas daun, buah, jagung, dan tanaman lainnya. Untuk membuat Lovebird produktif, bisa juga diberi makanan tambahan, seperti asupan gizi dari vitamin dan suplemen.

Namun, kembali lagi pada makanan utama Lovebird di alam, yakni biji-bijian, tumbuhan hijau, dan buah-buahan.

Baca juga: 33 Makanan Burung Lovebird Biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang

Oleh sebab itu, kali ini kami akan memfokuskan pada makanan Lovebird ternak yang alami agar tidak memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan Lovebird, seperti yang disadur dari lovebirdindonesia.com (7/10/2018).

Lovebird Indukan agar ternak berhasil (saatchigallery.com)
Lovebird Indukan agar ternak berhasil (saatchigallery.com)

Makanan Lovebird Ternak

1. Gabah

Biji padi atau gabah merupakan beras yang belum dikupas kulitnya. Gabah sangat bagus untuk variasi makanan Lovebird karena gabah menyediakan nutrisi tidak terdapat pada biji-bijian lain.

2. Milet Putih

Milet putih sudah lama dijadikan makanan ternak hampir semua burung peliharaan, termasuk Lovebird.

Tahukah Anda, milet merupakan tanaman pangan yang sudah dibudidayakan selama 3.000 tahun. Selain itu, milet merupakan sejenis rumput yang tahan berbagai cuaca, seperti halnya kekeringan.

Milet sangat baik untuk Lovebird karena mengandung gizi dan zat-zat lain yang dibutuhkan burung Lovebird.

3. Milet Merah

Ternyata tidak hanya milet putih, karena burung juga suka dengan milet merah. Kandungan gizi di dalam milet merah kurang lebih sama dengan milet putih. Perbedaannya hanya terletak pada warna saja.

4. Canary Seed

Banyak yang tidak tahu, sebenarnya canary seed masuk dalam kategori rumput-rumputan. Sebab, di negara barat tanaman canary seed disebut juga canary grass.

5. Biji Oat atau Haver

Hampir sama dengan yang lain, biji oat merupakan makanan Lovebird yang kaya nutrisi. Bahkan, oatmeal juga dikonsumsi manusia khususnya bagi para penderita Diabetes. Salah satu produk biji oat yang baik untuk kesehatan adalah quaker oatmeal.

6. Hemp Seed atau Biji Fumayin

Kalau di Indonesia, jarang orang yang tahu tentang hemp seed karena banyak yang menyebutnya biji fumayin atau biji rami. Tanaman ini masih satu keluarga dengan g4nj4. Sehingga, peredaran fumayin di Indonesia mulai dibatasi.

Meski begitu, biji fumayin sangat bergizi karena kaya lemak sehat, protein dan berbagai mineral. Manfaat utama biji fumayin untuk Lovebird yaitu dapat menurunkan tekanan darah, sehingga burung Lovebird lebih tenang dan tidak stres.

7. Wheat Seeds atau Biji Gandum

Kalau di Indonesia, banyak masyarakat sudah terbiasa makan nasi atau beras. Namun, di negara barat justru mengonsumsi gandum dalam bentuk roti atau sereal.

Nah, karena penyebaran tanaman gandum sangat luas, maka banyak spesies burung yang mengonsumsi biji gandum.

Jenis biji gandum terbagi menjadi lima di antaranya, gandum merah, gandum putirh, gandum hitam, gandum biru, dan gandum kuning.

8. Linseed atau Biji Flax

Untuk biji flax atau linseed biasanya dikonsumsi dalam bentuk kue linseed atau linseed oil. Biji linseed sendiri berwarna cokelat kemerahan dan emas. Dari sudut pandang nutrisi tidak ada perbedaan antara keduanya.

Biji linseed mempunyai banyak kandungan lemak omega 3. Tahukah Anda, lemak omega 3 termasuk lemak penting yang hanya didapatkan dari makanan. Fungsi biji linseed untuk manusia yakni menjaga kadar kolesterol normal.

Makanan Lovebird Ternak (agasscom.org)
Makanan Lovebird Ternak (agasscom.org)

9. Buah untuk Lovebird Ternak

Agar Lovebird ternak tidak kegemukan, Anda bisa memberikan diet alami berupa pakan buah-buahan. Ada banyak jenis buah yang disukai Lovebird di antaranya sebagai berikut:

  • Apel
  • Pisang
  • Pir
  • Stroberi
  • Pepaya
  • Anggur
  • Kiwi
  • Ara
  • Mangga
  • Melon
  • Semangka

11. Tomat

Ternyata tomat mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa penting lain, seperti likopen, beta-karoten, naringenin, dan asam glorogenik. Untuk pemberian tomat sebagai pakan tambahan Lovebird ternak jarang sekali dilakukan karena tomat mudah busuk.

12. Jagung muda

Untuk burung Lovebird yang sedang dalam masa meloloh anakan, Anda bisa memberikan Jagung muda. Semua peternak beranggapan tekstur jagung muda lembut dan mudah dicerna.

Makanan Jagung Manis untuk Lovebird (pets4homes.co.uk)
Makanan Jagung Manis untuk Lovebird (pets4homes.co.uk)

Enzim yang diproduksi indukan Lovebird juga berperan untuk memudahkan anakan Lovebird mencerna makanan. Sayangnya, harga jagung muda lumayan mahal dan cepet sekali mengundang semut.

Loading...

13. Wortel

Nama ilmiah wortel yaitu Daucus carota yang memiliki kandungan Beta Karoten, Serat, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin K, dan Kalium. Sehingga wortel dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi burung Lovebird ternak.

14. Bayam

Daun bayam adalah sumber kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, serat, dan juga betakaroten. Diketahui terdapat dua jenis bayam yakni bayam merah dan bayam hijau yang keduanya bisa dijadikan makanan Lovebird premium.

Manfaat Bayam untuk Burung Lovebird Kusumo (youtube.com)
Manfaat Bayam untuk Burung Lovebird Kusumo (youtube.com)

Bayam mempunyai kandungan zat besi tinggi untuk mencegah anemia. Selain itu, bayam juga bisa menghambat enzim angiotensin converting untuk menurunkan tekanan darah. Zeaxanthin dan lutein pada bayam baik untuk menjaga kesehatan mata Lovebird.

15. Kecambah

Kadar protein dalam kecambah lebih tinggi 19 persen ketimbang kandungan protein pada biji kacang hijau. Hal ini karena selama proses berkecambah, terjadi hidrolisis protein yang menyebabkan kadar asam amino dalam kecambah naik.

Oh iya, kecambah sendiri sangat berperan dalam meningkatkan kesuburan burung Lovebird. Ini karena kecambah mempunyai kandungan vitamin E alfa untuk meningkatkan kesuburan Lovebird ternak.

16. Brokoli

Banyak yang belum tahu, bahwa Brokoli adalah sayuran penambah tenaga, pencernaan, sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi dan pencegahan penyakit Lovebird ternak.

Selain itu, brokoli termasuk sayuran tanpa lemak yang rendah sodium, rendah kalori dan tinggi akan serat, vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A. Sehingga sayur brokoli tidak membuat burung Lovebird gemuk.

17. Selada air

Lovebird butuh asupan serat yang bisa didapat dari selada air.
Kandungan selada air adalah nitrat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan over birahi.

18. Kangkung

Sayur kangkung mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Dalam 56 gram kangkung, dapat memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian serta 51 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Di samping itu, sayuran kangkung juga mengandung berbagai mineral, seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi, serta zat fosfor.

Kalau untuk makanan Lovebird, kangkung tidak akan membuat tubuh Lovebird gemuk.

19. Pasir Grit

Ternyata pasir grit sangat bermanfaat untuk pencernaan Lovebird. Pasir grit sendiri merupakan butiran mineral pasir yang terbuat dari granit atau kuarsa dan tidak bisa larut di dalam pencernaan Lovebird.

Saat Lovebird makan pasir grit, maka pasir tersebut akan dikeluarkan melalui pencernaan dalam keadaan utuh. Nah, karena dikeluarkan dalam bentuk utuh, pasir grit dapat memperlancar pencernaan Lovebird ternak.

20. Bata Merah

Tidak hanya untuk membangun rumah, batu merah ternyata bermanfaat untuk mengasah paruh Lovebird ternak. Ya, di kandang ternak, manfaat batu bata merah untuk mengasah paruh burung Lovebird.

Alasan Lovebird mengasah paruh dengan batu bata merah karena paruh burung terus tumbuh. Kalau paruhnya terlalu panjang, tentu akan menyulitkan dalam berbagai hal.

Sama seperti kuku Anda yang harus selalu dipotong. Jika tidak dipotong, maka kuku akan sangat panjang dan merepotkan untuk melakukan segala sesuatu. Selain itu, kuku panjang dapat menjadi sarang kuman dan penyakit.

Oh iya, terkadang bata merah juga dimakan, layaknya sedang memakan pasir grid. Tujuannya sama, yaitu untuk memperlancar pencernaan Lovebird.

21. Egg Food atau Telur

Sumber protein yang paling banyak bisa didapat dari telur atau egg food. Selain protein, egg food mengandung vitamin A, vitamin B2, fosfor, selenium, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan zinc.

Baca juga: Cara Membuat Pakan Burung dari Cangkang Telur

Mengapa Lovebird yang sedang diternak harus mengonsumsi telur? Ternyata alasannya untuk memaksimalkan fertilitas telur yang diproduksi oleh indukan Lovebird betina.

Telur juga mengandung kolin untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap asam folat. Nah, asam folat sendiri sangat dibutuhkan indukan Lovebird ternak untuk memastikan telur hasil produk merupakan telur fertil dan tidak mengalami kecacatan.

22. Kalsium

Burung Lovebird ternak membutuhkan mineral berupa kalsium untuk membantu perkembangan pada anakan Lovebird. Soalnya, tulang dan kerangka burung membutuhkan asupan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya.

Kalau tidak diberi kalsium, tulang Lovebird menjadi lemah dan rapuh. Oleh karena itu, beberapa anakan Lovebird lumpuh sejak lahir atau cacat karena tidak diberi asupan kalsium yang cukup.

Manfaat kalsium dalam tubuh Lovebird memang kompleks. Jadi fungsi kalsium tidak hanya untuk memperkuat tulang. Sebab, kalsium juga berguna untuk transmisi impuls saraf, pembekuan darah, kontraksi otot, dan menggantikan kalsium yang diserap oleh cangkang telur.

Tahukah Anda, apabila kalsium dalam darah tidak cukup untuk pembentukan cangkang telur Lovebird, maka tubuh akan mengambil persediaan kalsium dari tulang. Hal ini membuat tulang Lovebird lebih lemah.

Baca juga: Inilah Menu Makanan dan Suplemen Lovebird Terbaik biar Ngekek Panjang

Demikian beberapa makanan Lovebird ternak agar cepat bertelur dan cepat birahi. Makanan-makanan ini juga bisa membuat telur Lovebird fertil dan mengurangi adanya telur yang infertil atau kopong.

Pada masa-masa reproduksi seperti ini Lovebird memang harus diberi asupan makanan yang bergizi, baik dari makanan sehari-hari atau pakan tambahan berupa vitamin dan suplemen.

Tidak ada salahnya membuat mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat Lovebird ternak cepat bertelur dan sehat. Kalau asal memberi pakan, Lovebird juga bisa bertelur tapi tidak ada isinya. Hal ini sama juga bohong dan justru merugikan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • pakan lovebird ternak
  • pakan ternak lovebird
  • gabah untuk ternak lovebird
  • makanan lovebird ternak
  • makanan terbaik untuk ternak lovebird
  • pakan agar lovebird cepat bertelur
  • pakan untuk ternak lovebird
  • Menu pakan lovebird
  • Pakan tambahan untuk indukn lovebirx
  • komposisi makanan burung lovebird ternak

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!