7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

Burungnya.com – Rasanya sedih melihat kucing yang sedang sakit dan tergeletak tidak berdaya. Sudah dikasih obat, tapi kucing kesayangan tak kunjung sembuh. Sebagai pemilik, Anda harus menyesuaikan makanan untuk kucing sakit dan sehat.

Jangan memberikan jenis makanan yang sama pada kucing. Soalnya, kucing sakit butuh nutrisi lebih ketimbang kucing yang sehat. Sekarang sudah ada makanan khusus untuk mempercepat kesembuhan kucing yang sedang sakit.

Hal tersebut disampaikan oleh Ratna Wulandari, pemilik toko Me-Yow Petshop. Dia berkata bahwa saat kucing dalam kondisi sakit, makanan khusus ini penting untuk mendukung proses penyembuhan.

Makanan Untuk Kucing Sakit

1. Royal Canin Urinary S/O High Delution

Makanan ini untuk kucing yang sedang sakit salurung kencing. Harga Royal Canin Urinary 400 gram sebesar Rp 65.000. Untuk kemasan agak besar yaitu 1,5 kg, harganya Rp 240.000.

2. Royal Canin Renal Special

Selanjutnya ada Royal Canin lagi tipe Renal Special. Makanan ini khusus untuk kucing sakit gangguan ginjal.

Harga makanan kucing Royal Canin Renal Special 400 gram sebesar Rp 65.000. Kalau Royal Canin Renal Special kemasan 2 kg harganya Rp 310.000.

3. Royal Canin Gastro Intestinal

Bagi kucing yang sedang sakit pencernaan, Anda bisa memberikan makanan kucing Royal Canin Gastro Intestinal. Untuk kemasan 400 gram, Royal Canin Gastro Intestinal dihargai Rp 65.000. Sementara kemasan besar 2 kg harganya Rp 225.000.

4. Royal Canin Hypoallergenic

Ada lagi makanan untuk kucing sakit alergi, yaitu Royal Canin Hypoallergenic. Harga makanan ini untuk kemasan 400 gram sebesar Rp 120.000.

Mengapa harga makanan kucing ini berbeda atau bisa dibilang lebih mahal? Alasannya karena kandungan nutrisi pada makanan tersebut berbeda-beda menyesuaikan jenis penyakit kucing.

Tak heran, harga makanan kucing tadi juga berbeda-beda. Kucing termasuk hewan spesial karena biaya perawatannya cukup mahal. Bahkan, bila ada penyakit tertentu yang butuh penanganan medis, biaya pengobatannya sudah setara dengan biaya berobat manusia.

Makanan Kucing Sakit (animalfriends.co.uk)
Makanan Kucing Sakit (animalfriends.co.uk)

Cara Memberikan Makanan Untuk Kucing Sakit

1. Makanan Basah

Jika Anda tidak ingin membeli makanan bermerek atau makanan kemasan, Anda bisa memberikan makanan basah pada kucing. Makanan ini memiliki aroma lebih tajam bila dibandingkan dengan makanan kering.

Tips ini untuk kucing sakit yang tidak mau makan. Tujuan diberi makanan basah agar dia mau makan lagi. Soalnya, aroma dari makanan basah lebih disukai kucing, ketimbang makanan kering.

Jika kucing belum merespon, coba oleskan sedikit makanan basah ke mulutnya atau ke hidungnya. Dengan begitu, kucing akan mencium bau makanan tersebut dan langsung memakannya.

Kucing yang sakit membutuhkan banyak nutrisi dari makanan, bila dia tidak mau makan kondisinya bisa semakin memburuk. Pemberian makanan basah ini disarankan oleh Drh. Dinda Rahma dari Paws Health Klinik. Menurutnya makanan basah bisa memancing nafsu makan kucing.

Tekstur makanan basah ini harus cukup berair. Ini untuk mempermudah kucing sakit dalam memakan makanan dan menjilatinya.

2. Kucing Disuapi dengan Tangan

Selanjutnya coba suapi kucing dengan tangan langsung. Kucing sakit biasanya perlu dimanja, sehingga kalau disuapi pasti dia senang.

Loading...

Makanannya ya tetap makanan basah tadi. Kemudian bentuk bulatan atau gepengkan makanan menggunakan tangan. Terus buka mulut kucing dengan tangan kiri, lalu masukkan makanan secara perlahan sampai ke lidah bagian belakang.

Tutup mulutnya dan tahan sebentar agar makanan tidak dikeluarkan lagi. Sambil ditutup, elus bagian bawah dagu kucing secara perlahan. Hati-hati, jari Anda bisa tergigit karena respon si kucing.

Meski begitu, dengan memberi makan menggunakan tangan, hubungan Anda dengan kucing akan semaking dekat. Kucing akan semakin manja dan menyukai Anda. Ingat, jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun setelah selesai memberi makan.

Kucing Sakit Makan (dailypaws.com)
Kucing Sakit Makan (dailypaws.com)

3. Suntikan Tanpa Jarum

Apabila Anda takut tergigit saat menyuapi kucing dengan tangan, Anda bisa menggunakan suntikan tanpa jarum atau spuit. Beli suntikan ini di apotek terdekat dengan ukuran 3cc atau 5 cc.

Sterilkan suntikan dengan memasukkannya ke dalam air hangat. Makanan yang dimasukkan ke dalam suntikan sebaiknya teksturnya basah atau berair dan lembut. Bila Anda mempunyai makanan kering, maka campur saja dengan sedikit air hangat.

Saran kami belikan makanan kucing khusus kitten karena teksturnya lembut, berair, dan tidak ada daging ukuran besar.

Tips tambahan, selimuti kucing dengan handuk agar Anda tidak dicakar. Setelah itu, baru Anda masukkan suntikan ke dalam mulutnya.

Masukkan secara perlahan dan tidak perlu terlalu dalam, agar kucing tidak tersedak. Lebih baik, ujung suntikan dimasukkan dari mulut samping kiri atau kanan. Kalau dimasukkan dari depan langsung, suntikan bisa menyakiti mulut kucing dan membuatnya tersedak.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan untuk kucing sakit dan cara memberikannya. Intinya kucing sakit harus diberi makanan yang bertekstur halus, cair, dan lembut.

Bila seluruh cara sudah tidak bisa dilakukan karena kondisi penyakit kucing sudah terlalu parah, maka bawa saja kucing ke dokter hewan. Di sana, kucing Anda akan mendapatkan perawatan dan infus untuk menambah nutrisi di tubuhnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!