Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu (flickr.com)

10 Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu dan Cara Mandinya

Burungnya.com – Garam dapur dapat dimanfaatkan sebagai terapi mandi air garam untuk Murai Batu. Namun, apakah mandi dengan air asin aman? Sebenarnya mandi air garam aman-aman saja selama burung dalam keadaan sehat dan tidak terluka. Jika burung memiliki luka yang masih basah atau menganga sebaiknya tidak menjalankan terapi tersebut.

Oh iya, garam juga bisa dijadikan makanan Murai Batu. Namun, pemberiannya tidak boleh terlalu sering dan dalam jumlah banyak. Burung Murai Batu bisa diberi garam sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Pemberian garam bisa dicampur dengan pakan, tapi sedikit saja. Selain itu, garam juga dapat diberikan untuk mencelup jangkrik.

Sekali lagi, pemberian garam hanya sebagai asupan mineral sodium atau natrium dan klorida. Jika diberikan dalam porsi yang tepat, maka garam sangat baik untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh burung dan memperlancar proses transmisi saraf dan kerja otot.

Namun, kali ini fokus pembahasan kami tentang mandi air garam. Jadi garam tidak dikonsumsi, melainkan cuma dijadikan terapi mandi air garam saja.

Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu

Murai Batu Mandi Air Garam (wikimedia.org)
Murai Batu Mandi Air Garam (wikimedia.org)

1. Membersihkan Tubuh Murai Batu

Air biasa hanya bisa membersihkan kotoran pada tubuh Murai Batu. Namun, bila Anda mencampurnya dengan garam, tentu parasit, bakteri, kumat, hingga kutu akan ikut berjatuhan.

2. Jaga Kesehatan Bulu

Bulu Murai Batu sangat indah dan panjang, sehingga perlu dijaga agar tidak mudah rusak. Cara menjaganya, salah satunya dengan memandikan Murai Batu dengan air garam. Jika Anda dekat dengan daerah pesisir, Anda juga bisa memandikan burung dengan air laut.

3. Burung Jadi Nyaman

Mengapa mandi air garam harus dilakukan? Walau tidak wajib, sesekali Murai Batu memang harus dimandikan dengan air garam. Alasannya karena air ini bisa menjaga mood burung dan membuat tidak stres.

4. Mengatasi Gatal pada Murai Batu

Anda mungkin belum pernah mengalami masalah terkait gatal pada Murai Batu. Jika Anda tahu, gatal ini bisa membuat tubuh burung merasa tidak nyaman. Burung ingin menggaruk bagian yang gatal tapi tidak bisa. Akhirnya dia sampai mencabuti bulunya sendiri. Kadang jika rasa gatal sudah parah bisa sampai berdarah.

Nah, dengan mandi air dicampur garam maka rasa gatal pada tubuh Murai akan hilang. Bakteri, jamur, dan kutu yang menyebabkan gatal akan mati.

5. Menjaga Fungsi Otot

Fungsi kerja otot harus terus dijaga dengan cara memandikan burung dengan air campuran garam. Manfaat garam ini bisa melemaskan otot yang tegang dan meremajakan otot burung. Sehingga burung akan terasa seperti dipijat-pijat. Burung menjadi nyaman dan tidak stres.

6. Burung Menjadi Kebal

Air garam dapat membuat sistem kekebalan tubuh Murai Batu meningkat. Sehingga Murai tidak mudah sakit, apalagi penyakit yang berkaitan dengan kutu, bakteri, jamur, tungau, dan parasit lainnya.

Loading...

7. Nafsu Makan Bertambah

Sebenarnya air garam bisa menjadikan Murai Batu cepat haus bila diberikan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, pemberian garam sedikit saja. Dengan begitu, burung tidak akan kehausan dan nafsu makan bertambah.

8. Murai Batu Lebih Aktif

Dengan memberikan air dicampur garam, Murai Batu akan menjadi aktif karena merasa tubuhnya ringan. Murai Batu tidak gampang lelah, tidak mudah loyo, dan lesu. Gerakan Murai dan tariannya menjadi lebih leluasa sehingga burung akan terlihat lebih atraktif.

9. Mengatasi Masalah Kebotakan

Burung Murai Batu tidak akan botak bila dimandikan dengan air garam. Soalnya air ini bisa menjaga aliran darah tetap lancar di sekitar kepala. Sehingga pertumbuhan bulu akan lebih cepat.

10. Bulu Terlihat Mengkilat

Coba Anda tidak memandikan burung Murai Batu selama seminggu, pasti bulunya akan kotor dan kusam. Berbeda jika Anda memandikan burung dengan air campuran garam, pasti bulunya akan bersinar dan mengkilap.

Baca juga:

Cara Memandikan Murai Batu dengan Air Garam

Setelah mengetahui beragam manfaat garam untuk Murai Batu. Sekarang mari kita mulai memandikan Murai dengan air garam. Bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Ambil sejumput garam dan campur di dalam semprotan.
  • Semprotkan air ke tubuh burung mulai dari leher sampai ke kaki.
  • Usahakan air garam tidak mengenai mata, hidung, telinga, dan dubur.
  • Lebih gampang lagi, bila burung dipegang kemudian disemprot perlahan.
  • Cara lain burung bisa dipegang dan diusap dengan air garam.
  • Biarkan air garam di tubuh burung selama 5 menit, kemudian basuh dengan air bersih sampai sisa garam hilang.

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat mandi air garam untuk Murai Batu dan cara memandikannya. Mandi air garam tidak perlu setiap hari. Anda bisa memandikan burung dengan air tersebut setiap 1-2 kali seminggu.

Tujuannya agar kutu, tungau, bakteri, kuman, dan parasit hilang dari tubuh Murai. Oh iya, jangan sampai burung dimandikan air garam dalam keadaan terluka atau berdarah karena bisa menyakitinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memandikan burung dengan air garam
  • cara prmakaian garm untuk muray batu
  • manfaat garam dapur untuk burung
  • manfaat mandi air hangat untuk murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!