17 Penyebab Kucing Sakit Mata Berair dan Cara Mengobati

Burungnya.com – Kucing yang sering keluar rumah, terkadang mengalami sakit mata sampai berair. Mungkin karena lingkungan yang kurang bersih atau kontak fisik dengan kucing lain yang sedang sakit mata.

Penyakit mata pada kucing mudah sekali menular, apalagi ke sesama kucing. Manusia saja juga bisa tertular apabila ada temannya yang sedang sakit mata.

Jadi penyebab mata kucing berair sebenarnya apa? Kalau ditinjau dari cairan yang keluar dari mata, itu belum tentu penyakit.

Ada berbagai sebab yang menjadikan kucing mengeluarkan cairan berlebih di mata. Alhasil, kucing jadi kelihatan sakit mata.

Meski begitu, mata berair pada kucing bisa juga karena virus sampai kotoran yang masuk. Jadi, perlu diselidiki dulu apa penyebabnya.

Penyebab Mata Kucing Berair

1. Mata Terluka

Bisa saja mata kucing Anda sakit karena terluka atau terbentur. Kucing merupakan hewan yang aktif, sehingga kemungkinan dia menabrak benda keras sangatlah besar.

Kucing bisa sakit mata bisa jadi karena menabrak benda tumpul sampai terluka. Nah, karena luka tersebut matanya berair dan mungkin saja sampai berdarah.

2. Bakteri pada Mata

Penyakit mata pada kucing bisa juga disebabkan oleh virus atau bakteri Veline Chylamidhopila. Bakteri ini sering masuk ke tubuh melalui luka pada mata.

Jika Anda membiarkan mata kucing begitu saja, kemungkinan besar tingkat ketajaman matanya akan menurun dan akhirnya buta.

3. Gangguan Mata Berair

Ada istilah ilmiah Nasolaccrimal Occlusion atau gangguan mata yang mengakibatkan mata terus-terusan berair.

Ini semacam gangguan alami yang diderita sebagian kucing. Sehingga mata kucing mengeluarkan air tak terkendali seperti sedang menangis.

4. Virus Herpes

Jangan sepelekan kucing sakit mata. Bisa jadi kucing tersebut terkena virus Herpes. Gara-gara virus ini mata kucing Anda bisa berair, bengkak, kemerahan, dan terus menerus keluarkan air.

Serangan virus herpes awalnya menyerang satu mata, kemudian menyebar pada kedua mata sekaligus. Mata akan terlihat merah, berair, dan mengeluarkan kotoran.

Dalam kondisi seperti ini biasanya kucing akan merasa kurang nyaman karena mata sakit, pedih, dan gatal. Oleh karena itu, kucing yang sakit mata juga sering menghindari sinar matahari.

Anda harus sering-sering membersihkan mata kucing dan mengelap air matanya. Namun kalau membersihkan matanya, Anda harus berhati-hati karena bisa melukai kucing dan melukai Anda sendiri saat dia berontak.

Kucing Sakit Mata Berair (petscaretip.com)
Kucing Sakit Mata Berair (petscaretip.com)

5. Musim Hujan atau Cuaca Dingin

Tahukah Anda, kucing suka sekali dengan suhu hangat. Tak heran, dia sering mencari tempat persembunyian di dalam ruangan.

Kalau musim hujan atau dingin, kucing justru sering mengeluarkan cairan di mata. Apalagi kalau AC ruangan sangat dingin, mata kucing bisa berair.

Solusinya, kucing bisa dijemur atau dibiarkan main di pagi hari yang terkena sinar matahari.

6. Kelainan pada Kucing

Setiap jati diri kucing tidak sama satu sama lain. Sehingga kalau ada kucing sehat, tentu ada kucing yang kelainan di bagian mata.

Jadi kondisi mata berair ini bisa juga karena kelainan yang terjadi sejak lahir. Mungkin karena keturunan atau faktor lahir prematur.

7. Produksi Air Mata Berlebih

Kucing bisa mengeluarkan air mata berlebih karena perkara bulu. Jadi, bulu area mata terlalu panjang sehingga masuk ke dalam bola mata.

Tentu saja kucing jadi tidak nyaman dan akhirnya menggaruk matanya. Namun, karena garukan tadi, matanya menjadi merah dan mengeluarkan air.

8. Cacing di Mata

Pernah mendengar ada cacing di mata? Ya, ternyata cacing bisa juga bersemayam di mata kucing. Hal ini menyebabkan mata kucing berair.

Jenis cacing tersebut adalah Thelazia Californiensis. Cacing ini bisa dilihat dengan mata manusia karena ukurannya tidak terlalu kecil.

Untuk menghilangkan cacingnya, Anda harus segera membawa kucing ke dokter hewan atau klinik hewan terdekat.

9. Radang Paru-paru

Banyak yang tidak menyadari bahwa radang paru-paru pada kucing bisa membuat matanya menangis. Alasannya karena kucing terus menerus bersin.

Saat bersin, tekanan pada mata cukup kuat, sehingga matanya mengeluarkan air. Penyakit ini disebabkan oleh virus Chlamidia Psitacii dan bisa menular ke kucing lain.

10. Painful Eyes

Penyakit glukoma atau uveitis pada kucing bisa menjadikan hewan tersebut terkena penyakit Painful Eyes. Mata kucing ini nanti akan menjadi gatal, sehingga kucing sering menggaruk matanya.

Loading...

Jika dibiarkan begitu saja, mata kucing akan ditutup selaput seperti membran. Selaput yang dinamakan nictating membrane bentuknya seperti kelopak mata ketiga.

11. Cipratan Cairan Kimia

Hati-hati saat menyemprotkan parfum atau pengharum ruangan di dekat kucing. Sebab, bila kucing terkena cairan kimia tersebut maka matanya bisa berair.

Mata kucing jadi merah dan terlihat menangis. Kucing pun sering menggosok matanya. Untuk mengatasinya, segera bilas mata kucing dengan air bersih atau air yang mengalir.

12. Rambut Mata Tidak Normal

Terkadang ada jenis kucing yang bulu matanya tumbuh secara tidak normal. Jadi, bulu mata kucing tumbuh memanjang ke dalam dan ke luar.

Pertumbuhan bulu mata yang tidak wajar ini menyebabkan dia sering mengucek mata. Kemudian mata memerah dan akhirnya berair.

Baca juga:

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Berair (catster.com)
Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Berair (catster.com)

Cara Mengobati Kucing Sakit Mata Berair

1. Kucing Dipisah dari Kucing Lain

Bila Anda memiliki banyak kucing, maka pisahkan kucing yang sakit mata. Takutnya kucing tersebut bisa menularkan penyakit ke kucing lain.

2. Bersihkan Kotoran Mata

Jangan lupa Anda harus rajin-rajin membersihkan kotoran mata atau belek. Biasanya kotoran mata ini akan keluar terus menerus.

Cara membersihkan bisa dengan kain halus dan lembut atau kapas. Namun, Anda harus berhati-hati karena kapas bisa terjebak di dalam kelopak mata kucing.

Agar lebih mudah, bersihkan kotoran kucing dengan air hangat. Pastikan airnya tidak menyakiti mata kucing.

3. Obat Tetes Mata Kucing

Tahukah Anda kucing memiliki obat mata khusus yang diramu untuk kucing. Jadi jangan pernah memberikan obat mata manusia pada kucing.

Merek Obat Mata Kucing

  • Stop Eyes = Rp 28.000
  • Trixin = Rp 14.000

Kedua obat mata tersebut bisa meredakan iritasi dan infeksi pada mata kucing. Namun, produk Stop Eyes kurang mampu menghentikan mata berair pada ras kucing yang matanya sering berair.

4. Bawa ke Dokter

Jika apa yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil, sebaiknya segera bawa kucing Anda ke dokter hewan. Dokter lebih tahu harus memberikan penanganan seperti apa.

Jika kondisi parah, maka dokter akan menyarankan rawat inap. Nanti, bila kondisi mata kucing tidak terlalu parah, kucing Anda cukup diberi obat lalu diperbolehkan pulang.

5. Jauhkan pada Benda Berbahaya

Kucing selalu aktif bergerak dan bisa menabrak apa saja. Oleh karena itu, letakkan kucing sakit mata di ruangan yang kosong dan minim barang-barang.

Dengan begitu, kucing Anda tidak akan menabrak benda-benda keras lagi. Namun, bila Anda tidak memiliki ruangan yang lega, sebaiknya masukkan kucing ke dalam kandang yang cukup besar.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengobati kucing sakit mata dan berair. Penyebab mata kucing berair sangat bervariasi. Untuk menyembuhkan sakit mata, Anda harus mengetahui penyebabnya sehingga proses penyembuhannya lebih cepat.

Oh iya, bila mata kucing Anda terlihat berair, pastikan dulu dia sedang sakit mata atau memang dari ras yang sering mengeluarkan air mata.

Soalnya, ada juga ras kucing yang matanya berair. Hal tersebut biasa karena dari keturunan nenek moyang memang seperti itu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kucing sakit mata berair menular
  • Kenapa mata kucinh
  • obat kucing keliar air mata
  • obat mata berair untuk kucing
  • penyakit mata kucing keluar cairan orange

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!