12 Manfaat Bawang Putih untuk Murai Batu dan Cara Pemberian

Burungnya.com – Salah satu bahan dapur untuk memasak ternyata bermanfaat untuk burung Murai Batu. Bahan masakan tersebut ialah bawang putih. Walau aromanya menyengat, bawang putih baik sekali untuk burung kicau.

Kebaikan bawang putih bisa dirasakan sebagai suplemen dan vitamin burung. Secara garis besar, manfaat bawang putih untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Ini memang penting terutama untuk burung lomba. Pasalnya, fisik burung lomba di lapangan harus kuat. Burung bisa main beberapa sesi dalam sekali lomba. Kalau kondisi fisik kurang bagus, maka hasil lomba nanti menjadi tidak maksimal.

Burung hanya juara di salah satu sesi saja. Sedangkan sesi yang lain tidak dapat juara sama sekali karena kelelahan.

Manfaat Bawang Putih untuk Murai Batu

Jadi, manfaat bawang putih ini memang bisa untuk segala sektor terutama performa burung. Selain itu, bawang ini juga bisa untuk mempercantik bulu dan tubuh.

Bahkan, bila burung Anda sedang terluka, Anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengobatinya.

1. Memperpanjang Ekor Murai

Bulu ekor Murai Batu yang bagus seharusnya panjang. Nah, bila kebetulan bulu ekor Murai Batu Anda sedang patah atau rontok, Anda bisa memperpanjang ekornya dengan terapi bawang putih.

Metode penumbuh bulu Murai ini diperkenalkan oleh Iman Raptor melalui website Omkicau.com. Dia melakukan serangkaian metode, seperti tusuk jarum dan pemberian pakan extra fooding.

Bahan-bahan:

  • Belalang hijau.
  • BirdMineral atau Kalk.
  • BirdVit atau Vitamin B-kompleks.
  • Larutan alkohol.
  • Bawang putih.
  • Jarum.

Cara Terapi Bawang Putih untuk Murai Batu

  1. Jarum yang digunakan untuk menjahit dicelup ke larutan alkohol, tujuannya agar steril.
  2. Kemudian jarum ditusukkan pelan-pelan dan hati-hati ke pori-pori tempat tumbuhnya bulu yang sebelumnya rontok. Tujuan penusukan ini untuk membuka jalan bagi tunas atau calon bulu buru.
  3. Terkadang bulu tidak bisa tumbuh karena pori-pori tersumbat. Kami beritahukan sebelumnya bahwa metode tusuk jarum ini pastinya akan sedikit melukai burung.
  4. Nanti akan keluar sedikit darah tapi ini pertanda bahwa sumbatan pori-pori sudah terbuka.
  5. Nah, bekas luka tadi diolesi bawang putih. Namun, ada baiknya bawang putih dihancurkan dulu atau diulek sehingga keluar cairan. Air yang keluar dari bawang putih dioleskan ke bekas luka.
  6. Kemudian burung ditetesi vitamin B-kompleks atau multivitamin lain ke paruh Murai Batu. Untuk penggunaan BirdVit beri 2-3 tetes ke paruh.
  7. Selanjutnya berikan kalk atau calsium lactat dengan porsi seukuran biji kacang hijau setiap 3 hari sekali. Tenang saja bahan ini aman karena sudah lazim diberikan pada ayam bangkok.
  8. Terakhir berikan pakan extra fooding (EF) berupa 1 ekor belalang hijau atau walang ijo yang banyak mengandung vitamin E setiap hari.
  9. Terapi ini bisa dilakukan selama 2 minggu dan langsung terlihat perubahannya. Namun, bila bulu Murai Batu sudah tidak tumbuh selama 5 bulan, maka waktu terapinya mungkin lebih lama lagi.
  10. Oh iya, terapi ini tidak hanya untuk ekor saja, tapi bisa juga untuk bulu sayap.
Manfaat Bawang Putih untuk Burung Murai Batu (annguyenytb.blogspot.com)
Manfaat Bawang Putih untuk Burung Murai Batu (annguyenytb.blogspot.com)

2. Mengobati Luka

Kalau Murai Batu sedang mengalami luka karena terjepit atau menabrak jeruji, Anda bisa menyembuhkannya dengan bawang putih.

3. Menghangatkan Tubuh

Dari luar, burung bisa dihangatkan dengan penjemuran di bawah sinar matahari. Untuk kehangatan di dalam tubuh, Anda bisa memberikan bawang putih ditambah sedikit jahe, kunyit, dan kencur.

4. Mengobati Flu atau Hidung Keluar Air

Musim hujan membuat udara sangat dingin. Angin kencang yang tidak menentu terkadang juga bisa membuat burung menjadi flu.

Hidung burung tertutup lendir sehingga suara burung tidak maksimal. Jadi, Anda perlu menggunakan bawang putih untuk mengobati flu pada burung.

5. Sebagai Anti Virus

Anti bodi Murai Batu harus dijaga dengan memberikan bawang putih. Soalnya, bawang putih bisa dijadikan anti virus sehingga tidak akan ada virus-virus berbahaya lagi. Burung jadi kebal penyakit walau sering di bawah ke berbagai daerah.

Loading...

6. Anti Parasit

Tahukah Anda bawang putih mengandung zat alisin yang membuat parasit tidak bisa menyerang burung. Bawang putih juga bisa berfungsi sebagai anti bodi untuk menangkal parasit yang akan masuk ke dalam tubuh.

7. Kandungan Anti Jamur

Bawang putih bisa menghambat pembentukan mikotoksin. Bagi yang belum tahu, mikotoksin adalah racun atau toksin hasil dari metabolisme sekunder jamur.

Nah, jamur ini bisa menyebabkan perubahan fisiologis abnormal atau pathologis pada manusia dan hewan. Sehingga dengan mengonsumsi bawang putih, penyakit akibat yang disebabkan jamur bisa sirna.

Khasiat Bawang Putih untuk Murai Batu (india.com)
Khasiat Bawang Putih untuk Murai Batu (india.com)

8. Anti Bakteri

Di dalam bawang putih ada zat alisin yang dapat menghadang kehadiran bakteri. Dengan begitu, burung Murai Batu yang makan bawang putih tidak mudah terkena bakteri.

Zat alisin dapat menolak beberapa bakteri, di antaranya:

  • Escherichia
  • Salmonella
  • Streptococcus
  • Klebsiella
  • Bacillus

Bakteri tadi sebagian besar menyerang sistem pencernaan burung. Jadi, apabila burung sedang mencret, maka solusinya adalah bawang putih.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Murai Batu yang gampang sakit tentu karena daya tahan tubuhnya lemah. Sehingga Anda harus memberikan olahan bawang putih supaya staminanya tetap terjaga.

10. Menghilangkan Benjolan

Terkadang parasit atau jamur dapat menilmbulkan benjolan pada tubuh Murai. Anda dapat menghilangkan benjolan tersebut dengan bawang putih. Oh iya, bawang putih bukan dioleskan tapi biarkan dikonsumsi oleh burung.

Baca juga:

Cara Memberikan Bawang Putih untuk Murai Batu

1. Minuman Bawang Putih

Anda dapat memberikan bawang putih dalam bentuk minuman. Caranya bawang putih diblender sampai halus.

Setelah itu, campur bawang putih dengan segelas air panas. Diamkan ekstrak bawang putih sampai dingin. Lalu saring ampasnya dan ambil airnya untuk minuman Murai Batu.

2. Makanan Bawang Putih

Oh iya, bawang putih juga bisa diberikan sebagai makanan. Namun, pemberian bawang putih kalau bisa dalam potongan kecil.

Bawang putih ini tidak diberikan langsung ke Murai, tapi dijadikan makanan jangkrik. Kalau Anda tega, Anda bisa memasukkan bawang putih ke perut jangkrik.

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat bawang putih untuk Murai Batu dan cara pemberian yang benar. Bawang putih memiliki banyak khasiat, tapi juga bisa berbahaya kalau pemberiannya terlalu banyak.

Selain itu, bawang putih mentah atau kering mengandung senyawa belerang. Bila jumlahnya terlalu banyak, maka burung seperti memakan sulfur.

Kemudian hal tersebut menjadikan Tiosulfinat terurai menjadi sejumlah disulfida paling beracun.

Nah, disulfida ini bisa membuat sel darah merah pecah yang menyebabkan anemia. Burung Murai Batu menjadi lemas, diare, iritasi pada paruh, tenggorokan serak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • bawang merah di tabur untuk murai batu
  • bawang putih untuk murei batu
  • manfaat bawang putih buat murai batu
  • manfaat bawang putih untuk murai
  • murai batu suap bawang putih
  • om kicau manfaat bawang putih untuk burung murai
  • terapi bawang merah untuk gurah urai batu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!