6 Perawatan Cucak Ijo Mabung atau Nyulam agar Cepat Selesai

Burungnya.com – Semua jenis burung pasti mengalami proses mabung atau nyulam, tidak terkecuali burung Cucak Ijo. Burung yang didominasi bulu warna hijau ini akan merontokkan bulunya saat proses mabung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat burung mulai menjatuhkan bulunya satu persatu.

Iya, bulu burung Cucak Ijo berjatuhan merupakan hal yang biasa. Itu sudah menjadi proses musiman burung Cucak Ijo yang terjadi setahun sebanyak 1-2 kali. Anda harus bersiap-siap saat burung mulai merontokkan bulu halusnya, berarti tanda-tanda mau mabung.

Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo (tempatkarier.blogspot.com)
Cara Menurunkan Birahi Cucak Ijo (tempatkarier.blogspot.com)

Kapan Cucak Ijo Mabung dan Berapa Lama?

Burung Cucak Ijo mabung, nyulam, atau moulting sekitar 1-2 kali dalam setahun. Berapa lama mabungnya? Cucak Ijo bisa mabung selama 1-4 bulan, tapi rata-rata 3 bulan sudah selesai nyulam. Cepat lambatnya proses mabung, tergantung dari kondisi burung dan perawatan.

Perlu Anda ketahui, burung yang sedang mabung tubuhnya sakit dan lemah. Sebagian besar, Cucak Ijo hanya diam dan tidak mau bunyi. Sebab, proses lepasnya bulu dan pertumbuhan bulu seperti jarum merupakan proses yang cukup menyakitkan.

Jadi, perawatan untuk Cucak Ijo nyulam perlu disesuaikan dengan kondisi tubuhnya. Contoh kecil, burung tidak perlu terlalu sering dijemur atau dimandikan. Soalnya, permukaan kulit burung kemungkinan masih terluka dan sakit, kalau terkena air dan sinar matahari yang panas, pasti lebih menyakitkan.

Hal tersebut akan membuat proses mabung pada Cucak Ijo tidak selesai-selesai. Bahkan, proses moulting ini bisa berlangsung lama. Kalaupun proses mabung selesai, bulunya tidak akan tumbuh rapi dan performa burung akan turun drastis.

Cara Membuat Cucak Ijo Emosi dan Bongkar Isian (youtube.com)
Cara Membuat Cucak Ijo Emosi dan Bongkar Isian (youtube.com)

Cara Merawat Cucak Ijo agar Cepat Selesai

Bagaimana perawatan Cucak Ijo mabung agar cepat selesai? Untuk perawatan sebenarnya lebih mudah, intinya Anda mengurangi mandi jemur dan lebih sering mengerodong burung. Kalau pemberian pakan extra fooding bisa diberikan sebanyak-banyaknya agar mabung cepat selesai.

1. Mandi

Saat burung Cucak Ijo sedang mabung atau ngurak, sebaiknya burung jarang dimandikan. Jika biasanya burung mandi setiap hari, maka saat mabung mandikan seminggu sekali. Proses memandikan Cucak Ijo bisa dengan semprot halus jarak jauh agar tidak menyakiti tubuhnya.

2. Jemur

Untuk proses jemur, Cucak Ijo tidak perlu dijemur. Burung ini baru boleh dijemur, apabila bulu-bulunya sudah mulai tumbuh. Alasannya, sinar matahari yang panas dapat menutup pori-pori sehingga bulu-bulu lama akan sulit berjatuhan.

Loading...

Selain itu, matahari juga bisa mengakibatkan bulu-bulu baru Cucak Ijo keriting. Oleh sebab itu, saat bulu-bulu mulai tumbuh, burung bisa dijemur kurang lebih sekitar 15 menit saja. Kalau bulu sudah kuat atau 1 bulan setelah mabung, durasi penjemuran Cucak Ijo bisa ditingkatkan.

3. Kandang

Burung Cucak Ijo yang sedang ngurak, kandangnya harus full kerodong. Oh iya, kerodong cuma dibuka saat pagi hari bersamaan dengan pemberian pakan atau ganti minuman. Pembersihan kandang burung cukup seminggu sekali, tapi kalau terlalu kotor, Anda dapat membersihkan kandang 3 hari sekali.

4. Pakan Extra Fooding

Pemberian pakan extra fooding atau EF pada Cucak Ijo bisa berupa ulat kandang (UK), ulat hongkong (UH), dan jangkrik. Sediakan banyak pakan EF yang sifatnya panas sehingga dapat mempercepat Cucak Ijo selesai mabung. Kalau perlu tambahkan larva tawon agar mabung Cucak Ijo cepat selesai.

Saat bulu baru bermunculan, Anda dapat memberikan jangkrik dalam porsi yang banyak. Untuk menambah nutrisi dan meningkatkan kesehatan, Anda dapat mengolesi permukaan tubuh jangkrik dengan minyak ikan. Manfaat pemberian jangkrik dan minyak ikan agar selesai mabung, Cucak Ijo memiliki bulu yang lebih sehat, kuat, dan mengilap.

5. Pemasteran

Proses pemasteran selama mabung merupakan saat yang tepat. Pasalnya, burung mabung cenderung fokus dan berdiam diri. Sehingga suara isian masteran dapat terserap dengan baik dan masuk ke memori otaknya.

Materi suara masteran bisa burung Cucak Jenggot, burung Gereja, burung Cililin, Lovebird, Ciblek Kebun, dan burung Kenari. Kalau pemasteran dengan burung asli dapat dilakukan dengan jarak 2-4 meter dan burung yang dimaster harus dikerodong.

Untuk pemasteran menggunakan audio MP3 dapat dilakukan maksimal 3 jenis suara burung. Contoh masteran burung Gereja, burung Cucak Jenggot, dan Cililin.

6. Jauhkan dari Burung Sejenis

Burung Cucak Ijo yang sedang nyulam harus dijauhkan dari burung sejenis. Kalau keduanya dibiarkan dalam jarak dekat, burung bisa saling berkicau bersahut-sahutan. Hal ini menjadikan Cucak Ijo kalah mental dan bahkan macet bunyi.

Sebaiknya burung Cucak Ijo dibiarkan istirahat agar fokus menjatuhkan bulunya. Jangan dipaksa untuk berkicau ataupun ikut lomba. Hal tersebut justru akan menjatuhkan mental, membuatnya stres, dan menyiksa tubuhnya.

Kesimpulan

Demikian beberapa perawatan Cucak Ijo mabung agar cepat selesai. Burung mabung sejatinya cuma membutuhkan tempat menyendiri agar dia bisa beristirahat untuk merontokkan bulunya. Jangan ganggu burung Cucak Hijau yang sedang moulting karena dapat membuatnya stres dan gagal mabung.

Baca juga:

Proses mabung, ngurak, nyulam, atau moulting bisa berjalan cepat dan lambat, tergantung dari kondisi burung serta perawatan. Jadi berikan perawatan sebaik mungkin agar burung cepat menyelesaikan mabungnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apakah cucak ijo sedang ngurak tidak boleh diisi pancingan
  • Cara merawat bulu cakijo biyar kinclong
  • cucak ijo nyulam
  • rawatan cucak ijo nyulam
  • rawatan untuk cak ijo nyulam
  • sebab c ijo mabong

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!