10 Perawatan Cucak Ijo Tidak Mau Bunyi Agar Kembali Gacor

Burungnya.com – Banyak kicau mania yang gundah gulana saat burung Cucak Ijo mereka tidak mau bunyi. Bisa saja burung tersebut memang belum waktunya bunyi atau ada permasalahan di dalam dirinya.

Andai saja kita mengetahui apa yang dirasakan burung, tentu kita bisa dengan mudah menyelesaikannya. Namun, burung Cucak Ijo tidak dapat mengatakan masalah tersebut.

Sehingga sebagai pemilik burung, Anda harus mencari tahu sendiri, apa yang menyebabkan Cucak Ijo macet bunyi dan cara mengatasinya.

Perawatan Cucak Ijo (rebanas.com)
Perawatan Cucak Ijo (rebanas.com)

Perawatan Cucak Ijo Tidak Mau Bunyi

1. Menunggu Burung Selesai Mabung

Apabila Cucak Ijo masih dalam proses mabung, tentu dia tidak mau bunyi. Coba lihat bulunya, apakah ada yang berjatuhan? Jika memang demikian, berarti dia sedang berganti bulu baru.

Tunggu saja beberapa bulan kemudian, kalau sudah selesai mabungnya, pasti burung tersebut akan bunyi lagi.

2. Burung Over Birahi

Cucak Ijo OB atau over birahi juga tidak mau bunyi. Jadi, solusinya kurangi saja pakan EF yang membuatnya birahi. Sementara berikan buah segar, seperti pepaya, belimbing, pisang, dan lain-lain. Lebih bagus lagi, bila burung diumbar di kandang umbaran.

3. Sakit Tenggorokan

Kalau Cucak Ijo sedang sakit tenggorokan, tentu dia akan macet bunyi. Mau bunyi aja susah, apalagi berkicau merdu. Anda mungkin memberikan jangkrik yang kakinya belum dipotong, sehingga melukai tenggorokannya.

Cara mengatasinya obati dulu lukanya dengan membelikan obat sakit tenggorokan di kios burung. Nanti setelah sembuh, burung perlahan akan mau berkicau kembali.

4. Cucak Ijo Obesitas

Burung yang gendut sudah pasti malas berkicau. Alhasil, walau Anda memberikan pakan EF sebanyak apapun, dia justru keenakan dan malas bunyi.

Untuk mengatasi masalah kegemukan, Anda bisa menjemur Cucak Ijo lebih lama dan melakukan terapi umbaran.

5. Mental Drop

Cucak Ijo mentalnya juga bisa drop. Mungkin saja, dia baru bertemu dengan lawan yang tangguh dan lebih gacor. Sehingga membuat nyalinya menjadi ciut. Kalau sudah begini burung akan malu-malu untuk berkicau lantang.

Berikan saja terapi suara alam yang menenangkan. Nanti tingkat kepercayaan pada dirinya akan kembali pulih. Lalu jangan dekatkan burung ini dengan burung yang lain.

6. Gangguan Pernapasan

Burung juga bisa mengalami gangguan pernapasan. Biasanya akibat Anda terlalu dekat merokok di sampingnya. Asap rokok dan kendaraan yang terlalu pekat bisa membuatnya mengalami gangguan pernapasan.

Loading...

Untuk menyembuhkannya belikan saja obat di kios burung atau berikan vitamin yang banyak. Kemudian setiap pagi-pagi embunkan biar dia menghirup udara segar.

7. Stres karena Pakan

Makanan Cucak Ijo yang sering digonta-ganti bisa membuatnya stres. Bisa saja burung tidak cocok dengan makanan yang baru kemudian dia jadi macet bunyi.

Kasus seperti ini sudah sering terjadi. Solusinya kembalikan ke menu makanan yang disukainya. Jangan pernah mengganti makanan lagi walau itu lebih mahal atau kandungannya lebih baik.

8. Kalah Bertarung atau Trek

Burung ditrek malah drop, karena kalah mental. Jarak ngetrek burung terlalu dekat, sehingga burung jadi ketakutan karena mendengar suara yang keras.

Jadi, untuk menyembuhkan mentalnya, pisahkan dulu dengan burung lain. Tempatkan dia di lokasi yang tenang. Putar suara terapi alam yang merdu sampai mentalnya pulih.

9. Kaget Diserang Hewan

Cucak Ijo mungkin pernah kaget karena diserang hewan lain, seperti kucing atau tikus. Jadi, dia stres sampai tidak mau bunyi.

Untuk menanggulanginya, pindahkan burung di tempat yang aman. Paling tidak, pastikan ruangan terbebas dari kucing dan tikus. Sehingga burung merasa aman.

10. Sangkar Terjatuh

Angin yang bertiup kencang bisa membuat kandang burung terjatuh. Alhasil burung jadi stres. Walau sebelumnya, burung Cucak Ijo gacor dor, tapi dia bisa diam seribu bahasa kalau sangkar sudah pernah jatuh.

Efeknya mungkin sangat fatal dan sulit disembuhkan. Jadi, jangan sampai kandangnya terjatuh. Anda bisa memberikan lapisan handuk di gantungan agar sangkar tidak mudah jatuh. Solusi lainnya, pindahkan burung ke dalam rumah, bila angin sudah bertiup kencang.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi burung Cucak Ijo tidak mau bunyi dan penyebabnya. Apabila burung masih macet bunyi, mungkin usianya masih terlalu muda.

Kalau burung dalam keadaan belum matang secara fisik dan mental, dia tidak akan bunyi. Biasanya burung cuma ngeriwik saja atau masih belajar bunyi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!