5 Setingan Pleci Lomba Agar Mau Buka Paruh

Burungnya.com – Burung Pleci lomba yang bagus akan memiliki mental bagus dan suara yang keras. Pleci seperti ini tidak lahir secara instan, tapi dibutuhkan perawatan dan setingan yang tepat.

Burung dengan kaca mata ini terkenal hidup berkoloni atau berdampingan dengan burung sejenisnya. Jadi saat membeli burung Pleci, saran kami beli agak banyak kemudian disortir yang paling bagus.

Pelihara burung Pleci di rumah minimal 3-4 ekor. Kalau Anda cuma pelihara satu ekor Pleci, nanti burung bisa ada dua kemungkinan, mau bunyi gacor atau justru sebaliknya.

Mungkin saja burung Pleci bisa gacor sendiri di rumah, tapi saat dibawa ke lomba burung diam seribu bahasa. Kalau Anda membeli banyak Pleci sekaligus, tentu burung tersebut merupakan pilihan karena sudah terbiasa hidup berdampingan dengan Pleci lain.

Sehingga saat Anda membawa burung tersebut ke lomba atau gantangan, mentalnya tidak akan drop. Burung justru berkicau keras karena senang melihat lawan yang tangguh.

Setingan Pleci Lomba agar Mau Buka Paruh

1. Jaga Birahi Burung Pleci Tetap Stabil

Birahi burung Pleci yang naik turun dapat mempengaruhi performa di lapangan atau lomba. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus membuat birahi Pleci stabil.

Setingan birahi Pleci dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan pakan dan untulan atau Pleci betina. Anda harus tahu, yang mempengaruhi birahi Pleci Anda makanan atau untulan.

Lomba burung Pleci umumnya dilakukan akhir pekan. Anda bisa mulai melakukan setingan sejak h-7 sebelum lomba. Kemudian perawatan Pleci difokuskan pada h-3 sampai h-1 lomba.

Nah, di hari h-3 sampai mendekati lomba, burung bisa diberi pakan yang mengandung protein tinggi. Makanan berprotein tinggi bisa didapat dari voer, pakan tambahan, serangga, dan lain-lain.

Pilih makanan yang disuka burung Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggonta-ganti setingan pakan lagi. Anda cukup menambahkan pakan yang mengandung protein tinggi.

2. Pleci Mandi Malam

Apabila birahi Pleci terlalu tinggi, Anda dapat menurunkan birahinya dengan terapi mandi malam. Waktu mandi malam dapat dilakukan setelah solat Isya atau jam 19.00 – 21.00.

Jangan memandikan burung Pleci terlalu malam atau tengah malam, nanti burung bisa kedinginan. Memandikan Pleci bisa menggunakan semprotan halus atau mandi sendiri.

Setelah mandi, burung diberi 2 sendok teh kroto segar. Ditambah lagi Pleci diberi 3 ekor ulat hongkong warna putih. Gantang burung dengan teman-temannya dan angin-anginkan.

Saat bulu Pleci sudah kering, kerodong burung. Selanjutnya, putar suara masteran MP3 dengan volume pelan. Lakukan pemutaran suara masteran sampai besok pagi. Suaranya pelan saja, agar burung bisa istirahat.

Setingan Pleci Lomba agar Mau Buka Paruh (youtube.com)
Setingan Pleci Lomba agar Mau Buka Paruh (youtube.com)

3. Setingan Sesuai Karakter Pleci

Burung Pleci memiliki karakter yang berkicau keras saat sendiri dan satunya harus dengan untulan atau Pleci betina. Jadi, pelajari dulu apakah Pleci suka hidup sendirian atau berdampingan dengan pasangan.

Loading...

Kalau Pleci tipikal burung single fighter maka sendiri burung selama 6-12 hari sebelum lomba. Nanti saat bertemu burung lain di perlombaan, burung Pleci Anda akan buka paruh dan gacor.

Untuk Pleci dengan karakter suka untulan atau berkoloni, hariannya didekatkan dengan koloni dan untulan. Nanti saat lomba tiba, untulan dan koloni dipisah, sehingga dia akan mencari-cari pasangannya dan berkicau gacor di lapangan.

4. Pleci di Lomba

Dari rumah sampai ke lapangan lomba, Pleci dikerodong. Setelah sampai di lapangan, kerodong Pleci dibuka. Pembukaan kerodong dilakukan 30 menit sebelum naik gantangan.

Tujuannya agar Pleci mengetahui medan perang dan melihat lawan-lawannya. Untuk karakter Pleci koloni, sebaiknya lakukan pemanasan di lapangan dengan koloni atau untulan. Saat akan naik gantangan, Pleci sudah panas dan fighter sehingga performanya maksimal.

5. Selesai Lomba

Kalau sudah selesai lomba, apapun hasilnya termasuk dalam latihan. Jadi, menang disyukuri, kalau kalah bisa dijadikan catatan, kira-kira setingan apa yang belum benar.

Burung bisa dikondisikan normal seperti perawatan harian biasa. Nanti saat mendekati waktu lomba baru dinaikkan lagi setingannya. Hal ini untuk menjaga stamina burung agar tidak terlalu kerja keras. Biarkan burung istirahat di rumah dan kerja optimal di lapangan saja.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian setingan Pleci lomba agar mau buka paruh dan gacor. Dalam setingan ini yang perlu diperhatikan adalah birahi dan karakter burung.

Anda harus bisa mengenali burung sedang birahi tinggi atau rendah. Selain itu, pelajari apakah burung memiliki karakter single fighter atau koloni dengan untulan.

Hal ini sangat penting untuk menentukan setingan. Takutnya kalau Anda tidak mengetahui hal tersebut, Pleci single fighter malah diseting koloni atau sebaliknya. Sehingga performa burung tidak bisa keluar secara optimal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Rawatan Harian pleci untulan
  • Cara menjadikan pleci Single Fighter
  • Cara perawatan pleci dengan
  • pleci agar tetap stabil birahinya
  • Setingan pleci tanpa voer

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!