Skip to content

Siswa SMP Ternak Murai Batu Untung Rp 15 Juta Sebulan

Siswa SMP Ternak Murai Batu Untung Rp 15 Juta Sebulan

Burungnya.com – Sungguh rezeki tidak akan pergi ke mana-mana. Anak-anak yang biasanya cuma ingin main game atau nongkrong saja bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari ternak Murai Batu.

Siapakah anak tersebut? Dia masih siswa SMP umur 15 tahun. Namanya Muhammad Fachry Husein. Hobinya beda dari teman yang lain yaitu hobi pelihara dan ternak burung Murai Batu.

Dari hobinya tersebut, Fachry yang tinggal di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, bisa mendapatkan keuntungan bulanan belasan juta rupiah.

Baca juga:

Awal Ternak Murai Batu

Fachry awalnya cuma ikut orangtua mengikuti lomba burung di tahun 2018. Kemudian dia mencoba beli Murai Batu betina dan mengawinkannya dengan Murai Batu jantan milik ayahnya yang berjenis Murai Batu Medan.

Burung pejantan dari sang ayah dipilih yang sering juara dan berkicau gacor. Fachry ternak Murai di kandang ukuran 2-3 meter.

Setelah banyak belajar, akhirnya satu demi satu burung bertelur dan menetas. Anakan dipelihara dan dikembangbiakkan lagi sampai terkumpul 8 pasang Murai Batu.

Cara Ternak Murai Batu Medan (rsoebf.blogspot.com)

Cara Ternak Murai Batu Medan (rsoebf.blogspot.com)

Jual Anakan Burung Murai Batu

Dari indukan tadi, tentu anaknya sudah cukup banyak. Siswa yang sekolah di SMPN 2 Kota Batu kelas 9 ini mulai menjual anakan burungnya.

Harga anakan Murai Batu bervariasi mulai Rp 4 juta sampai Rp 25 juta. Perbedaan harganya tergantung dari kualitas suara, trah indukan, dan postur tubuh.

Tidak hanya itu, Fachry pernah menjual Murai Batu hasil ternakannya sendiri seharga Rp 70 juta. Harga Murai Batu ini mahal karena meraih juara 1 di lomba tingkat provinsi.

Penghasilan Ternak Murai Batu Per Bulan

Jadi kalau dihitung, rata-rata Fachry bisa mendapatkan untung dari ternak Murai sebesar Rp 10 juta – Rp 15 juta per bulan.

Usaha ternaknya ini dinamakan Fachry Bird Farm.

Rumah Fachry didesain agar bisa untuk ternak Murai Batu. Burung sengaja dibuat nyaman agar tidak stres. Sebab, jika indukan stres saat kawin, nanti kualitas anakan tidak bagus.

Makanan burung Murai Batu diberi jangkrik, voer, ulat hongkong, dan kroto. Sementara perawatan burung Murai Batu cukup sederhana dan tidak perlu perlakuan khusus.

Cara ternak Murai Batu untuk pemula agar berhasil (m-breeding.com)

Cara ternak Murai Batu untuk pemula agar berhasil (m-breeding.com)

Kesimpulan

Demikian kisah sukses ternak Murai Batu yang dilakukan oleh siswa SMP berusia 15 tahun. Pelajaran di sekolah tidak terganggu karena dalam merawat burung Murai Batu dilakukan sore hari.

Sehingga pembelajaran di sekolah pagi sampai siang tidak ada kendala. Justru Fachry merasa senang karena di usianya yang sekarang dia sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.