Terapi Mandi Celup Agar Lovebird Rajin Bunyi

Burungnya.com – Selama ini mungkin burung Lovebird Anda jarang sekali bunyi. Hal tersebut wajar, mungkin saja dia memang belum waktunya bunyi atau perawatannya memang belum maksimal.

Nah untuk memancing Lovebird cepat bunyi dan rajin bunyi, Anda bisa memberikan terapi mandi celup. Cara mandi seperti ini sudah sering dilakukan para pecinta burung Merpati.

Lantas, apakah metode mandi tersebut cocok untuk burung Lovebird? Tentu saja, selama Lovebird tidak kedinginan terlalu parah, sepertinya masih aman.

Kalau Anda memandikan di cuaca yang dingin dengan terapi mandi celup, pasti burung akan kedinginan. Nanti bukannya tambah rajin bunyi, burung justru drop kesehatannya.

Cara Terapi Mandi Celup pada Lovebird

Pertama burung diangin-anginkan di pagi hari sekitar jam 06.00 selama 15 menit.

Setelah itu, burung dimandikan dengan cara mandi celup. Maksudnya burung dipegang dengan tangan langsung dimasukkan dalam baskom atau wadah besar.

Pastikan kepala burung tidak terlalu sering terkena air. Dicelupkan kepalanya ke air tidak masalah, yang penting tidak sampai stres.

Kemudian pastikan seluruh bulu basah kuyup. Dalam kondisi bulu basah, burung tidak akan bisa terbang. Anda bisa mengajaknya bermain dan membiarkan dia bebas di alam.

Lovebird Mandi Celup Biar Rajin Bunyi dan Jinak (wordpress.com)
Lovebird Mandi Celup Biar Rajin Bunyi dan Jinak (wordpress.com)

Nah pada saat ini Anda bisa melatih Lovebird menjadi jinak. Namun, butuh waktu agak lama karena tidak bisa sekali dua kali langsung jinak.

Loading...

Setelah bulu agak mengering langsung masukkan ke dalam sangkar. Sangkar tidak perlu dikerodong karena nanti dikerodong menjelang lomba saja.

Burung dikerodong H-2 lomba atau pada hari Jumat bila lomba dilakukan hari Minggu.

Mandi celup seperti ini dilakukan setiap pagi dan saat burung birahi. Tidak perlu khawatir burung kedinginan karena proses mandi celup dilakukan sebentar.

Pemberian makanan bisa dengan milet putih dan wajib jagung setiap hari. Performa burung menjadi lebih power full.

Manfaat Terapi Mandi Celup Lovebird

Apa saja manfaat mandi celup pada Lovebird? Burung bisa menjadi jinak dan nyaman dengan pemiliknya. Lovebird semakin dekat dengan pemilik dan tidak takut pada manusia.

Tubuh Lovebird selalu segar dan fresh karena dimandikan dengan maksimal. Tidak akan ada lagi kutu atau tungau yang bersarang karena tubuh Lovebird selalu bersih.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian terapi mandi celup pada Lovebird untuk membuatnya rajin bunyi. Burung yang terbiasa mandi dengan tangan akan semakin jinak dan mengerti apa kemauan pemiliknya.

Hubungan keduanya menjadi lebih dekat sehingga akan sama seperti keluarga sendiri. Nah, hubungan semacam ini mirip dengan Lovebird Kusumo dan Sigit WMP.

Saat akan mati, Lovebird Kusumo berpamitan pada Sigit WMP. Begitupun sebaliknya, tanda-tanda akhir kepergian Kusumo, hati Sigit WMP tidak tenang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!