Tips Merawat Burung Untuk Karyawan dan Pembagian Waktunya

Burungnya.com – Kalau sudah bekerja sebagai karyawan kantoran, tentu waktu untuk merawat burung menjadi terbatas. Namun Anda tak perlu khawatir karena dengan pembagian waktu yang tepat, Anda bisa memberikan perawatan terbaik untuk burung di rumah.

Bagaimana cara merawat burung saat Anda kerja dari pagi sampai sore hari? Anda bisa memberikan perawatan standar di hari-hari sibuk dan perawatan ekstra di akhir pekan. Kami membuat tips ini agar Anda bisa menjalankan perawatan burung dan pekerjaan secara bersamaan, walaupun waktu dan tempatnya berbeda.

Asumsi kami, burung yang Anda pelihara 1-3 ekor saja dan Anda belum menikah atau single. Lebih dari itu, biasanya membutuhkan waktu perawatan burung yang lama dan ada juga waktu tambahan untuk keluarga. Jadi, kalau Anda sekarang memiliki banyak burung di rumah, sebaiknya dijual saja dan sisakan burung yang bagus atau berkualitas.

Tips Merawat Burung Untuk Karyawan atau Pekerja

05.00 – Selesai Solat Subuh, burung diembunkan. Sambil menunggu burung, segera mandi dan menyiapkan keperluan untuk berangkat kerja.

05.45 – Burung dimandikan sekalian bersihkan kotoran, lalu ganti pakan dan minum. Terus angin-anginkan burung dan jemur selama 30 menit saja.

06.30 – Sebelum berangkat kerja, burung dimasukkan ke rumah dan dikerodong. Putar alarm untuk memaster burung setiap 1 jam sekali. Gunakan smartphone yang tidak terpakai untuk memaster burung.

Atur alarm di smartphone berdering dengan audio suara masteran burung mulai jam 07.00 – 16.00. Buat alarm bunyi setiap 1 jam atau 30 menit sekali. Alasan diberi jeda agar burung bisa istirahat dan baterai smartphone awet.

16.30 – Pulang kerja, Anda bisa istirahat dulu, keluarkan burung dari rumah dan buka kerodongnya. Angin-anginkan burung sambil menikmati udara sore hari.

17.30 – Menjelang petang, burung dimasukkan lagi ke dalam rumah. Anda bisa membersihkan diri dengan mandi dan melakukan aktivitas lainnya.

19.00 – Setelah Solat Isya, burung dimandikan malam. Burung bisa mandi sendiri di keramba atau disemprot dengan sprayer. Usahakan, mandinya sebentar saja, tapi bulu sudah kelihatan basah. Bulu burung tidak perlu sampai basah kuyup agar burung tidak kedinginan.

Oh iya, ganti pakan minum sekalian bila Anda besok mau berangkat lebih pagi. Soalnya, embun, mandi, dan jemur burung pagi hari bisa dilakuka dua hari sekali. Tujuannya agar waktu memelihara burung tidak terlalu merepotkan. Setelah selesai mandi malam, langsung angin-anginkan burung atau gantung di dekat lampu pijar.

20.00 – Burung dikerodong full dan biarkan dia istirahat. Anda juga harus istirahat atau mengerjakan tugas kantor untuk esok hari.

Setingan Hari Senin-Sabtu Beda dengan Hari Minggu

Itu tadi perawatan burung selama Anda bekerja sebagai karyawan kantoran. Pembagian waktunya bisa disesuaikan dengan waktu kerja Anda. Selama musim pandemi virus Corona COVID19 seperti sekarang, tentu banyak karyawan yang kerja di rumah. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk kerja dan refreshing dengan cara merawat burung.

Yang penting jangan sampai memelihara burung bisa mengganggu pekerjaan Anda. Utamakan pekerjaan, baru merawat burung. Sebab, Anda dapat gaji dari kerja di kantor. Kecuali jika Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari merawat burung, tentu perawatan burung dan kerja bisa dijalankan secara berdampingan.

Loading...
Cara Merawat Burung untuk Karyawan dan Pekerja Kantoran (kompas.com)
Cara Merawat Burung untuk Karyawan dan Pekerja Kantoran (kompas.com)

Perawatan Burung di Akhir Pekan

Bagi Anda yang hari Minggu libur, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk merawat burung kicau. Mulai dari pagi bisa disesuaikan dengan perawatan sehari-hari. Kemudian waktu jemur bisa agak lama. Usahakan burung juga olahraga di kandang umbaran. Kalau perlu ajak burung jalan-jalan ke gantangan atau rumah teman yang memiliki burung untuk latihan trek.

05.00 – Burung diembunkan di luar rumah.

05.45 – Mandikan burung dengan cara dipegang, dielus-elus atau berikan air dari perasan beras agar bulunya sehat mengkilat. Lalu, Anda bisa ganti pakan dan minum sambil membersihkan kotoran burung. Setelah selesai, burung langsung diangin-anginkan dan dijemur di bawah sinar matahari.

08.00 – Selesai menjemur burung, masukkan burung ke kandang umbaran. Biarkan burung latihan napas dan olahraga untuk meningkatkan stamina serta performa.

08.30 – Istirahat dulu, burung diangin-anginkan dan diberi pakan EF terbaik.

09.00 – Burung dibawa ke gantangan atau pergi ke rumah teman untuk ditrek dengan burung lain. Pasalnya, burung butuh menyalurkan birahi atau meluapkan emosi dengan cara bertemu burung lain.

12.00 – Sesampainya di rumah, burung dikerodong dan biarkan istirahat sampai sore.

15.30 – Burung dikeluarkan lagi untuk mandi sore, ganti pakan EF, dan menikmati senja.

17.00 – Masukkan burung ke dalam rumah dan dikerodong full. Burung tidak perlu mandi malam dan tidak perlu dimaster. Biarkan burung istirahat dengan tenang.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian tips merawat burung untuk karyawan atau pekerja lengkap dengan pembagian waktunya. Anda bisa menyesuaikan sendiri waktu memelihara burung dengan jadwal kerja Anda.

Intinya, yang diutamakan di sini adalah pekerjaan dan merawat burung untuk selingan saja. Kerja mendapat porsi 80 persen, sedangkan merawat burung 20 persen. Walau begitu, saat akhir pekan burung harus diistimewakan karena setiap hari perawatannya standar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!