Tips Membeli Merpati Baru (thenational.ae)

7 Tips Setelah Membeli Burung Merpati Baru

Burungnya.com – Beli burung Merpati baru tidak sama seperti beli barang baru. Anda perlu mengetahui psikologi burung dan membiarkan burung Merpati beradaptasi dengan lingkungan baru. Kalau pembeli langsung mengajaknya lomba di hari pertama sampai rumah, tentu akan membuat burung stres atau tidak nyaman.

Oleh karena itu, diperlukan serangkaian perawatan setelah membeli Merpati baru. Burung seperti manusia yang butuh adaptasi dan istirahat. Selain itu, Merpati juga butuh menyesuaikan diri dengan pemilik baru. Bisa saja di pemilik yang baru, perawatannya berbeda dan membuat burung tidak suka.

Lantas apa yang harus dilakukan setelah membeli Merpati baru? Ada berbagai perawatan setelah beli burung Merpati. Tujuan perawatan ini agar burung merasa masih berada di pemilik yang lama dan merasa nyaman serta aman saat dipelihara oleh pemilik yang baru.

Merpati Baru Beli (nst.com.my)
Merpati Baru Beli (nst.com.m

1. Burung Merpati Jangan Dilombakan Dulu

Begitu sampai di rumah, burung Merpati jangan langsung diajak lomba. Anda tahu perjalanan jauh dari rumah asal ke pemilik baru sangat melelahkan. Kalau burung dipaksa untuk lomba tentu sangat menyakitkan dan bisa membuatnya drop.

Terlebih kalau selama di perjalanan burung Merpati ditempatkan dalam kotak paket yang sempit, pengap, dan panas, pastinya burung butuh udara segar. Kalau mau segera dilombakan minimal istirahatkan burung tersebut minimal 3 hari. Selama istirahat burung dibiasakan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Soalnya kalau burung dilombakan langsung, memang hasil memuaskan dan istimewa. Namun, dua hari kemudian atau tepatnya hari ketiga, performa Merpati akan drop, jatuh sakit, dan akhirnya mati.

2. Mandikan Merpati Baru

Setelah membeli Merpati baru, lebih baik burung dimandikan dulu dengan air rebusan daun sirih. Caranya siapkan air mendidih dalam panci, kemudian masukkan daun sirih secukupnya dan rebus kurang lebih selama 15 menit.

3. Istiharat 3 Hari

Untuk Merpati lomba, sebaiknya burung diistirahatkan selama 3 hari. Burung jangan langsung dipaksa lomba, nanti takutnya performa burung malah turun.

Loading...

4. Pisahkan dengan Merpati Lama

Burung Merpati baru harus dipisah pakan dan minumnya. Tujuannya agar burung baru tidak berpeluang menyebarkan penyakit ke burung Merpati lama.

5. Mandikan Burung 2 Kali Sehari

Merpati yang baru dibeli sebaiknya rajin dimandikan sehari dua kali. Setiap pagi burung dimandikan, kemudian sore harinya burung mandi lagi.

6. Letakkan di Sangkar Besar

Agar burung tidak stres, setelah sampai rumah, sebaiknya burung ditaruh di sangkar besar. Biarkan burung beradaptasi dan menikmati lingkungan barunya.

7. Tanyakan ke Pemilik tentang Perawatan dan Pakan

Jangan lupa Anda juga harus menanyakan perawatan burung tersebut seperti apa, termasuk jenis pakan dan minum. Selain itu, tanyakan apakah ada perawatan khusus agar performa Merpati tidak menurun. Biasanya penjual yang baik akan berbagi walau sifatnya rahasia.

Kesimpulan

Demikian beberapa tips setelah membeli Merpati baru. Jadi jangan sembarangan mengajak burung lomba dan biarkan dia beradaptasi dulu. Adaptasi Merpati memerlukan minimal 3 hari. Burung harus menyesuaikan lokasi baru, udara baru, lingkungan baru, suhu baru, pakan baru, kandang baru, dan lain-lain.

Baca juga:

Hal tersebut tidak mudah dilakukan, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama. Nantinya kalau burung Merpati sudah terbiasa dan sukses beradaptasi, tentu performanya akan sama dan prestasinya kemungkinan akan meningkat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!