Lovebird (trevorsbirding.com)

10 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Akurat

Burungnya.com – Beberapa pecinta Lovebird mengaku kesulitan membedakan jenis kelamin Lovebird jantan dan betina. Hal ini wajar karena Lovebird sendiri memiliki tiga kelompok tingkat kesulitan dalam membedakan jenis kelaminnya.

Tiga kelompok tingkat kesulitan tersebut antara lain, kelompok Dimorfik (jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan dengan mudah), kelompok Intermediate (jenis kelamin Lovebird cukup sulit dibedakan), dan kelompok Lovebird Kaca Mata (jenis kelamin Lovebird tidak konsisten, sehingga sangat sulit dibedakan), seperti yang dilaporkan oleh Omkicau.com.

Kelompok Dimorfik

  • Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)
  • Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)
  • Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria)

Kelompok Intermediate

  • Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana)

Kelompok Lovebird Kaca Mata

  • Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae)
  • Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)
  • Lovebird Topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird Fischer (Agapornis ficheri)

Nah, itulah beberapa jenis Lovebird yang mudah dan sulit dibedakan jenis kelaminnya. Terlepas dari itu semua, sebenarnya Anda dapat membedakan Lovebird jantan dan betina dengan akurat melalui beberapa cara berikut.

10 Cara membedakan Lovebird jantan dan betina yang paling akurat

1. Bentuk paruh

Bentuk paruh Lovebird (cherewed.com)
Bentuk paruh Lovebird (cherewed.com)

Bentuk paruh Lovebird jantan lebih runcing atau mancung serta kecil, sementara bentuk paruh Lovebird betina cenderung tumpul, melebar, dan besar.

2. Bentuk fisik

Bentuk fisik (lovebirdcomunity.blogspot.co.id)
Bentuk fisik (lovebirdcomunity.blogspot.co.id)

Tubuh Lovebird jantan cenderung lebih kecil dari Lovebird betina. Bagian kepala Lovebird jantan berbentuk rata atau cepak, sedangkan Lovebird betina kepalanya cenderung melengkung atau cekung.

3. Bentuk sayap

Bentup sayap (rumahsangkicau.blogspot.com)
Bentup sayap (rumahsangkicau.blogspot.com)

Ujung sayap Lovebird jantan biasanya menyilang, kalau Lovebird betina ujung sayapnya tidak saling bertemu dan tidak menyilang (Cara ini hanya bisa dilakukan saat Lovebird diam).

4. Bentuk ekor

Bentuk ekor (lovebirdku.com)
Bentuk ekor (lovebirdku.com)

Ekor Lovebird jantan berbentuk runcing, sedangkan ekor Lovebird betina lebih rata.

5. Cara bertengger

Cara bertengger (parrotfeather.com)
Cara bertengger (parrotfeather.com)

Lovebird jantan akan bertengger dengan kaki agak merapat, sementara Lovebird betina kakinya agak melebar.

6. Cincin emas atau jarum

Cara membedakan jenis kelamin Lovebird menggunakan cincin emas (lovebirdku.com)
Cara membedakan jenis kelamin Lovebird menggunakan cincin emas (lovebirdku.com)

Ternyata cincin emas atau jarum juga dapat digunakan untuk melihat perbedaan Lovebird jantan dan betina. Caranya, siapkan tali dengan panjang 15-20 cm. Lalu, ikatkan ujungnya pada cincin emas atau jarum. Setelah itu, peganglah Lovebird menggunakan tangan kiri, usahakan bagian kepalanya jauh dari genggaman.

Kemudian, tempatkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak 3-5 cm. Terakhir, perhatikan gerakan cincin emas yang digantung tadi. Jika cincin bergerak maju mundur searah, berarti Lovebird berkelamin jantan. Jika cincin bergerak memutar atau melingkar, berarti Lovebird berkelamin betina.

7. Tulang pubis atau supit urang

Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jika diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih elastis dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

8. Tingkah laku saat birahi

Lovebird jantan biasanya berdiri di dekat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, Lovebird jantan akan mengeluarkan suara tek tek tek atau cit cit cit (satu ketukan suara). Terkadang, Lovebird jantan juga melompati Lovebird betina, mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki tubuh Lovebird betina.

Sementara, Lovebird betina akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Orang Jawa menyebut tingkah laku seperti ini posisi ngleper. Selain itu, Lovebird betina juga suka menggigit benda-benda di sekitarnya.

9. Cara membangun sarang

Saat membangun sarang, di antara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif adalah Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang. Sedangkan, Lovebird jantan hanya memberikan kulit kayu kepada Lovebird betina.

10. Tes DNA dengan akurasi 99 persen

Jenis kelamin Lovebird dapat dibedakan menggunakan DNA yang diambil dari bulu atau darah. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99 persen. DNA adalah singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan dan betina.

Dengan perbedaan DNA inilah, Anda bisa tahu mana Lovebird jantan dan betina. Anda dapat melakukan tes DNA di laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.

Demikian beberapa cara membedakan Lovebird jantan dan betina yang paling akurat. Tingkat keakuratan ini mungkin berbeda antara pemilik burung satu dengan pemilik burung lainnya.

2 thoughts on “10 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Akurat

Komentar