Press "Enter" to skip to content

Cara Meningkatkan Kekuatan Napas, Vokal, dan Mental Lovebird

0

Burungnya.com – Lovebird mempunyai dua kelebihan, pertama suara ngekek yang unik dan warna bulu yang indah. Namun, sebagian besar kicau mania lebih tertarik dengan suara ngekeknya yang panjang. Kata mereka, semakin panjang suara ngekeknya maka Lovebird tersebut semakin bagus dan mahal harganya.

Nah, untuk menjadikan Lovebird ngekek panjang tidaklah mudah. Kicau mania harus melakukan serangkaian latihan pada Lovebird, seperti latihan kekuatan napas, latihan vokal, dan latihan mental. Ketiga poin ini harus dimiliki seekor Lovebird jawara.

Bagaimana cara melatih kekuatan napas Lovebird? Mudah saja, seperti halnya manusia, untuk meningkatkan kekuatan napas Lovebird, Anda harus mengajarinya berenang. Apakah Lovebird bisa berenang? Tentu saja, sudah banyak kicau mania yang menggunakan terapi renang untuk meningkatkan kekuatan napas Lovebird.

Sebenarnya, tidak hanya terapi renang saja, masih banyak cara untuk meningkatkan kekuatan napas pada Lovebird. Berikut kami rangkum beberapa cara meningkatkan kekuatan napas, vokal, dan mental Lovebird.

Cara meningkatkan kekuatan napas Lovebird

Terapi renang pada Lovebird

Anda bisa membuat Lovebird ngekek panjang dengan cara melatihnya berenang.Tempat melatihnya di mana? Tidak perlu ke kolam renang, cukup bak atau ember sedang dengan air secukupnya. Yang penting, air bisa merendam tubuh Lovebird hingga sebatas leher.

Waktu yang dibutuhkan untuk terapi renang ini cuma sebentar, yakni 5-10 menit. Anda bisa melakukannya pada saat pagi hari menjelang matahari terbit. Tapi ingat, sebelum melakukannya, sebaiknya Lovebird disemprot dulu dengan air agar tidak kaget. Setelah itu, Lovebird dimasukkan ke dalam bak berisi air.

Baca juga:  Berhasil Kalahkan Kusumo di Lomba Burung, Lovebird Ini Ditawar Rp 150 Juta

Perhatikan pula lingkungan sekitar, pastikan tidak ada hewan lain yang akan memangsa Lovebird Anda. Kalaupun ada yang berniat demikian, Anda bisa membaca artikel Cara Melindungi Burung Dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, Dan Kucing.

Setelah prosesi renangnya selesai, segera pindahkan Lovebird ke dalam sangkar. Jemur atau angin-anginkan Lovebird selama satu jam, kemudian kerodong sangkar dan biarkan dia beristirahat. Terapi renang Lovebird bisa dilakukan 3 hari sekali agar Lovebird tidak kelelahan.

Terapi mandi basah kuyup pada Lovebird

Hampir sama dengan terapi renang, untuk terapi mandi basah kuyup pada Lovebird hanya dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer. Sprayer diatur pada penyemprotan halus agar tidak menyakiti tubuh Lovebird.

Terapi hujan pada Lovebird

Ternyata hujan memiliki banyak manfaat untuk Lovebird. Selain untuk meningkatkan kekuatan napas Lovebird, hujan juga berfungsi sebagai penghilang stres, penstabil Lovebird yang over birahi, penenang Lovebird, peningkat stamina Lovebird, dan lain-lain. Lebih lengkapnya, silakan baca artikel 12 Jenis Burung Yang Suka Hujan-Hujanan Dan 7 Prosedur Mandi Air Hujan Yang Benar.

Lovebird dilatih di kandang umbaran

Napas Lovebird bisa semakin panjang bila dilatih di kandang umbaran. Lovebird yang sering diumbar akan membuatnya aktif dan kelihatan bugar. Kalau tubuh sudah bugar, otomatis lemak pada tubuh Lovebird akan berkurang dan akhirnya membuat napas Lovebird menjadi semakin kuat.

Baca juga:  Unik, Begini Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari Pakai Sabun Cuci Piring

Lovebird diumbar di dalam ruangan

Selain kandang umbaran, Anda bisa melatih napas Lovebird biar lebih panjang di dalam ruangan. Namun, sebelum melakukan latihan ini sebaiknya Anda harus menutup seluruh jendela, ventilasi, dan pintu ruangan agar Lovebird tidak kabur (untuk Lovebird yang belum jinak). Setelah itu, lepaskan Lovebird dan biarkan dia terbang bebas ke sana ke mari.

Cara meningkatkan vokal Lovebird

Kemampuan vokal Lovebird bisa dilatih layaknya seorang penyanyi. Caranya, dengan memaster Lovebird menggunakan suara masteran burung lain. Saat ini, ada banyak suara burung yang bisa digunakan sebagai masteran. Namun, suara masteran yang baik untuk Lovebird adalah suara belalang emas, suara burung Tengkek, dan suara Lovebird lain yang memiliki kemampuan ngekek panjang.

Nah, setelah proses pemasteran, ada baiknya Lovebird diistirahatkan sejenak agar pita suaranya tidak terganggu. Besoknya, Lovebird menjalani terapi pengembunan supaya kekuatan vokalnya meningkat. Terakhir, berikan extra fooding (EF) sesuai kharakter Lovebird Anda.

Baca juga: 12 Aplikasi Suara Burung Kicau Terbaik Untuk Masteran Gratis

Cara meningkatkan mental Lovebird

Banyak Lovebird yang ngekek panjang, tetapi ketika dibawa ke gantangan, Lovebird langsung macet bunyi. Itu artinya mental Lovebird masih rendah. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan mental Lovebird dengan cara mengajak Lovebird jalan-jalan di sekitar rumah atau dibawa ke tetangga, melatih Lovebird dengan Lovebird bermental baik, dan memahami kharakter Lovebird.

Baca juga:  Cara Membuat Sari Apel dan Sari Anggur Biar Lovebird Moncer di Lapangan

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengajak Lovebird langsung ke kontes perlombaan biar dia mengenal medan perang di sana. Semakin sering diperkenalkan medan tempurnya maka Lovebird tidak akan takut lagi saat akan dilombakan.

Itulah beberapa cara meningkatkan kekuatan napas, vokal, dan mental Lovebird. Jika Anda memiliki cara-cara yang lain, silakan ditambahkan di kolom komentar, terima kasih. Semoga bermanfaat.

Comment here