16 Tips Memilih Perkutut Lomba yang Bagus dari Fisik dan Suara

Burungnya.com – Banyak jenis burung Perkutut yang dijadikan klangenan dan anggungan di rumah. Suara Perkutut yang mendayu-dayu memang mampu membuat rumah terasa damai. Namun, tidak sedikit pula Kung Mania yang memelihara Perkutut Lomba di rumah untuk mengejar prestasi dan dijual kembali dengan harga mahal.

Kalau Anda cuma ingin menikmati suara manggungnya saja, Anda bisa membeli burung Perkutut ombyokan di pasar burung atau di penangkaran Perkutut terdekat. Namun, jika Anda ingin meraih juara di perlombaan Perkutut, maka belilah burung Perkutut Lomba dari peternakan Perkutut trah jawara.

Burung Perkutut trah juara pastinya mempunyai keturunan yang bagus dan berkualitas juara. Walau harganya mahal, tetapi bisa dipastikan bagus dan ada kesempatan besar untuk memenangkan suatu perlombaan burung Perkutut.

Baca juga: 7 Cara Pijat Burung Perkutut yang Benar Sebelum Lomba

Loading...

Lantas, bagaimana cara memilih burung Perkutut Lomba yang bagus dan berkualitas? Untuk mengetahui burung Perkutut Lomba yang bagus, maka Anda bisa melihatnya dari ciri fisik dan suara anggungan. Biasanya Perkutut Lomba mempunyai ciri fisik tertentu yang khas serta suara mengalun-alun yang indah, keras, dan panjang.

Anda bisa membeli burung Perkutut Lomba yang sudah jadi atau siap lomba. Jika harganya terlalu mahal, Anda juga dapat membeli Perkutut Lomba yang masih bakalan (anakan) atau piyik. Harga Perkutut Lomba yang masih anakan tentu harganya lebih murah dan Anda bisa merawatnya sendiri di rumah. Sehingga Anda tahu karakteristiknya serta perawatan yang bagus untuk lomba Perkutut.

Seperti yang kami jelaskan di atas, Anda dapat mengetahui Perkutut Lomba berkualitas dari ciri fisik dan suaranya. Oleh karena itu, kami akan membahas ciri fisik atau ciri tubuh Perkutut Lomba kemudian dilanjutkan pada pembahasan suara Perkutut Lomba yang bagus.

Ciri fisik Perkutut Lomba yang bagus dan berkualitas (flickr.com)
Ciri fisik Perkutut Lomba yang bagus dan berkualitas (flickr.com)

Ciri Fisik Perkutut Lomba yang Bagus dan Berkualitas

1. Bentuk kepala Perkutut Lomba

Kepala Perkutut Lomba biasanya lonjong atau oval. Jika diibaratkan dengan buah, maka kepala Perkutut Lomba hampir sama dengan buah pinang yang masih muda.

2. Bagian mata Perkutut Lomba

Perkutut Lomba memiliki mata bulat yang jernih dan auranya sangat cerah berkilau. Lalu, bagian mata dalam atau titik intinya (pupil) berwarna hitam menonjol.

3. Bentuk paruh Perkutut Lomba

Lanjut ke bagian paruh, Perkutut Lomba mempunyai paruh yang tebal tapi tidak panjang. Istilahnya dalam bahasa Jawa adalah mbundet.

4. Bagian hidung Perkutut Lomba

Perkutut Lomba harus mempunyai napas panjang. Oleh sebab itu, bentuk hidung Perkutut Lomba agak mancung atau tampak menonjol. Sementara, bagian lubang hidung biasanya ditutupi bulu halus.

5. Bentuk leher Perkutut Lomba

Leher burung Perkutut Lomba biasanya mempunyai ciri fisik yang panjang, tegak, dan lurus ke depan. Sementara, bagian leher bawah terlihat lebih besar dan mengembung.

6. Badan Perkutut Lomba

Bagian badan depan atau dada Perkutut Lomba tampak bidang atletis. Kemudian, bagian badan belakang atau punggung terlihat sedikit membungkuk.

7. Bagian sayap Perkutut Lomba

Perkutut Lomba mempunyai sayap yang panjang dan bagian bulunya tampak mengilap.

8. Kaki Perkutut Lomba

Kaki Perkutut Lomba selalu terlihat kuat dan kokoh. Lebih detailnya, bagian paha relatif besar dan rapat, jari kaki panjang, sisik kakinya kasar berwarna hitam sedikit kemerahan, serta ada warna putih di bagian telapak kaki.

9. Supit urang Perkutut Lomba

Perkutut Lomba yang bagus memiliki supit urang sedikit renggang atau tidak terlalu rapat. Selain itu, bagian supit urang tersebut juga terasa agak lentur atau tidak keras.

10. Bagian ekor Perkutut Lomba

Perkutut Lomba berkualitas mempunyai ekor yang panjang serta bulu ekornya menumpuk. Bagian ujung ekor Perkutut terlihat mengerucut kecil dan runcing.

Nah, itu tadi ciri fisik burung Perkutut Lomba yang bagus dan berkualitas dilihat dari bagian tubuh atau badannya. Cara mengetahui Perkutut Lomba dari bagian tubuhnya tergolong sulit atau ribet karena Anda harus benar-benar memahami mana Perkutut yang bagus dan tidak bagus. Hal ini sulit jika Anda belum berpengalaman memelihara burung Perkutut.

Baca juga: Kelebihan Perkutut Bangkok serta Beda Perkutut Jantan dan Betina

Namun, jangan khawatir karena Perkutut Lomba yang bagus dan berkualitas juga bisa diamati dari suaranya. Berikut beberapa kriteria suara Perkutut Lomba (Bangkok) yang bagus untuk lomba.

Perkutut Lomba berkualitas (hindustantimes.com)
Perkutut Lomba berkualitas (hindustantimes.com)

Suara Perkutut Lomba yang Bagus dan Berkualitas

1. Suara Depan Perkutut Lomba

Suara bukaan Perkutut Lomba, seperti suara kleo, klao, kwau, dan kur. Suara kleo adalah suara kecil atau suara kristal. Suara klao adalah suara medium atau sedang. Suara kwau adalah suara besar atau cowong. Suara kur adalah suara basah, rendah, atau cenderung serak.

Dari empat kriteria suara depan Perkutut Lomba, sebaiknya jangan memilih suara kur atau suara yang mengadung unsur suara R. Ada lagi yaitu hur, klar, hu, dan kuk. Suara seperti itu terdengar gembos dan kotor. Jadi harus dihindari dalam pemilihan Perkutut Lomba.

Baca juga: 10 Cara Menjinakkan Perkutut dengan Air Hangat

Yang terpenting suara depan Perkutut Lomba harus narik, panjang, dan bersih. Suara Perkutut narik akan terdengar seperti menjerit. Oh iya, Anda jangan sampai membeli Perkutut piyik yang suara terlalu basah atau tipis. Belilah Perkutut muda yang suaranya kering dan tebal.

2. Suara Tengah Perkutut Lomba

Suara tengah pada Perkutut Lomba adalah suara ketek di bagian tengah saat Perkutut manggung. Kalau pilih Perkutut Lomba yang bagus, maka pilih suara tengah yang jelas.

Tak hanya itu, pilih juga suara tengah yang lengkap, jelas, dan menekan. Biasanya setiap ketukan suara anggungan akan terdengar senggang dan berirama. Pokoknya jangan memilih suara tengah yang mengambang dan rapat.

3. Suara Ujung Perkutut Lomba

Suara ujung bisa diartikan suara terakhir pada saat Perkutut manggung. Kalau bisa pilih suara ujung yang panjang. Dalam bahasa Jawa suara ujung Perkutut Lomba sering disebut dlosor atau nyemeleh.

Baca juga: Jenis Perkutut Langka Ini Menolak Dipelihara Lewat Mimpi

Suara ujung Perkutut Lomba yang bagus biasanya terdengar bulat, panjang, dan mengalun seperti ada unsur suara NG. Jangan lupa hindari membeli Perkutut Lomba yang suaranya pendek (kuk) dan suara noklak (klak).

4. Dasar Suara Perkutut Lomba

Dasar suara Perkutut yang bagus biasanya berkaitan dengan ketebalan suara anggungan. Namun, ada tiga kriteria suara dasar Perkutut, yakni tebal, kering, dan bening. Suara Perkutut yang tebal tidak identik dengan suara yang besar. Suara tebal yang dimaksud yaitu teteknya jelas.

5. Irama Perkutut Lomba

Irama suara burung Perkutut biasanya panjang, mengalun, dan indah. Untuk irama bisa dikesampingkan dulu, karena suara depan, tengah, dan ujung yang bagus sudah bisa membuat Perkutut Lomba juara.

Baca juga: Fenomena Langka, Burung Perkutut Pakai Perhiasan Emas, Harganya Jadi Mahal

6. Jalan Suara Perkutut Lomba

Jalan suara Perkutut Lomba bermacam-macam. Ada yang ketek engkel, satu setengah, double, double plus, dan triple. Contoh suara engkel yakni klau ketek kung. Suara satu setengah yaitu klau ke te te kung. Kalau suara double yakni klau ketek ketek kung. Sementara double plus yaitu klau ketek ketek tek kung. Terakhir suara triple yaitu klau ketek ketek ketek kung.

Apabila Anda masih bingung memilih Perkutut Lomba yang bagus dan berkualitas, Anda bisa melihat video berikut.

Demikian beberapa tips dan cara memilih Perkutut Lomba yang bagus dilihat dari ciri fisik dan suaranya. Kalau mau lebih mudah, Anda bisa bertanya langsung kepada penjualnya yang memiliki penangkaran Perkutut trah juara. Biasanya pemilik Perkutut Lomba tersebut sudah membedakan mana Perkutut yang bagus dan kurang bagus.

Baca juga: Video Penampakan Burung Perkutut Bertanduk, Asli atau Palsu?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri perkutut suara besar
  • ciri perkutut lokal suara besar
  • perkutut lomba
  • cara memilih perkutut bangkok yang bagus
  • cara memilih burung perkutut yg bersuara merdu di pasaran
  • cara memilih perku
  • perkutut bagus
  • cara memilih perkutut lokal suara merdu
  • suara perkutut
  • cara memilih burung perkutut bersuara kristal !

Berikan komentar