5 Alasan Mengapa Lovebird Jantan Takut dengan Lovebird Betina

Burungnya.com – Sebagian besar Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Hal ini sama seperti suami-suami takut istri. Jadi ternyata tidak hanya di kehidupan manusia saja, karena di dunia burung Lovebird juga demikian. Namun, tentu ada alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina.

Ya, memang ada beberapa alasan yang melatarbelakangi Lovebird jantan ketakutan terhadap Lovebird betina, terlebih saat proses mengerami telur. Sebenarnya wajar, mengingat naluri seorang ibu pasti ingin melindungi anak-anaknya, termasuk dari ayahnya sekalipun.

Lovebird betina juga begitu, dia ingin melindungi telur-telurnya, sehingga kebanyakan Lovebird betina sering menyerang Lovebird jantan saat sedang bertelur.

Apakah semua Lovebird betina ganas kepada Lovebird jantan? Jawabannya tidak selalu, karena ada juga Lovebird jantan yang terlihat mengejar-ngejar Lovebird betina kemudian menyakitinya.

Loading...

Berikut beberapa alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina.

1. Ukuran Lovebird Betina Lebih Besar dari Lovebird Jantan

Apabila tubuh pasangan tidak sama, tentu pasangan yang tubuhnya kecil sering ditindas oleh pasangan bertubuh besar. Hal ini sama dengan Lovebird betina bertubuh besar yang menyerang Lovebird jantan bertubuh kecil.

Meski begitu, hal ini tidak bisa menjadi patokan karena terkadang Lovebird jantan ukuran tubuhnya lebih besar dari Lovebird betina.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

2. Lovebird Betina Over Birahi

Lovebird betina yang sedang over birahi (OB) pastinya mempunyai semangat menggebu-gebu dan mental bertarungnya sangat tinggi. Jika birahi tersebut tidak disalurkan dengan baik, maka Lovebird tersebut bisa menyakiti pasangannya sendiri.

Apalagi jika Lovebird jantan sedang kurang birahi, pasti Lovebird jantan akan menjadi sasaran empuk Lovebird betina. Kalau sudah demikian, Lovebird jantan dan betina harus segera dipisah sementara agar tidak terjadi cedera atau bahkan kematian.

Baca juga: 2 Cara Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

3. Pasangan Lovebird yang Baru Berjodoh

Pasangan Lovebird yang baru berjodoh biasanya lebih dominan yang betina. Sebab, saat awal kenal, Lovebird jantan terlihat mengejar Lovebird betina. Namun, Lovebird betina hanya malu-malu saja. Setelah berjodoh, Lovebird betina jadi semakin nyaman dan akhirnya berani menunjukkan birahinya kepada Lovebird jantan.

Sayangnya, birahi yang berlebihan pada Lovebird betina justru membuat Lovebird jantan kewalahan. Sehingga, sering terlihat Lovebird betina menyakiti Lovebird jantan.

Baca juga: 6 Cara Memilih Indukan untuk Ternak Lovebird yang Paling Tepat

4. Lovebird Betina Jadi Indukan

Kalau Lovebird betina sudah menjadi indukan, maksudnya sudah bertelur, tentu yang diprioritaskan adalah telur-telurnya. Jika Lovebird jantan mengajak kawin lagi, pastinya Lovebird betina tidak mau karena sedang melindungi dan mengerami telurnya. Oleh karena itu, Lovebird betina sering marah-marah kepada Lovebird jantan.

Hal seperti ini akan berlanjut sampai telur-telur tadi menetas. Lovebird betina tetap akan meloloh anak-anaknya sampai tumbuh dewasa. Jika Lovebird jantan mengganggu sedikit saja, pasti akan diserang oleh Lovebird betina.

Berbeda ceritanya kalau anakannya diambil oleh pemilik Lovebird untuk diloloh sendiri. Lovebird betina sudah tidak memiliki tanggungan, sehingga Lovebird betina langsung mau kawin lagi dengan Lovebird jantan dan terlihat akur kembali.

Baca juga: Usaha Sampingan Ternak Lovebird Lengkap dengan Analisa Perhitungan Biaya

5. Lovebird Betina Terlalu Agresif

Tak hanya Lovebird jantan, ada juga Lovebird betina yang mempunyai hobi kawin. Lovebird betina terlihat lebih agresif dibandingkan Lovebird jantan. Lovebird betina akan mengejar-ngejar Lovebird jantan untuk diajak kawin.

Ya, demi menyalurkan birahinya yang sedang memuncak, Lovebird betina terkadang sampai memaksa Lovebird jantan untuk melayani nafsunya. Jika Lovebird jantan tidak mau, biasanya Lovebird jantan akan dibantai Lovebird betina hingga tewas.

Ada banyak kasus seperti ini yang menunjukkan Lovebird jantan tiba-tiba mati di dalam glodok, padahal pasangan tersebut sudah pernah produksi beberapa kali.

Baca juga: 13 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Akurat

Demikian beberapa alasan mengapa Lovebird jantan takut dengan Lovebird betina. Sebagian besar, permasalahannya terletak pada birahi Lovebird betina yang terlalu tinggi. Jika memang karena over birahi, sebaiknya pasangan tersebut dipisah dulu kemudian Lovebird betina diturunkan birahinya dengan cara mandi basah atau dikasih pakan milet putih.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kenapa lovebird jantan takut sama betina
  • mengatasi lovebird betina galak pada jantan
  • lovebird galak jantan atau betina
  • cara mengatasi lovebird jantan takut sama betina
  • Lovebird jantan takut sama betina
  • lovebird jantan kalah dengan betina
  • kenapa love bird jantan selalu menjauh terhadap betinanya saat ada lovebird lain berkicau
  • https://burungnya com/5-alasan-mengapa-lovebird-jantan-takut-dengan-lovebird-betina/
  • kenapa lb jantan takut sama betina
  • lovebird betina galak

Berikan komentar