5 Trik Membedakan Lovebird GS Asli dan Palsu

5 Trik Membedakan Lovebird GS Asli dan Palsu

Burungnya.com – Lovebird GS atau green series yang mempunyai warna unik dan menarik harganya bisa semakin melambung. Burung Lovebird ini memiliki ciri khas warna dasar dan warna bagian tubuh lain terlihat kontras, sehingga dinamakan juga blorok.

Lovebird jenis ini termasuk burung import yang harganya cukup mahal. Ditambah dengan isu pelarangan import burung dari luar negeri, membuat harganya terus merangkak naik. Lovebird GS yang masih anakan saja bisa dibanderol minimal Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta per ekor tergantung gradasi ketajaman warna bulu di tubuhnya.

Baca juga: Harga Lovebird Sizuka Rp 1,5 Juta, Ngekek 1,5 Menit Jadi Rp 40 Juta

Melihat harga mahal tersebut, banyak pihak berusaha mengeruk keuntungan dengan cara memalsukan warna burung dengan pewarna buatan. Biasanya Lovebird Hijau Standard menjadi bahan burung Lovebird GS jadi-jadian atau palsu. Bayangkan keuntungan yang didapat oleh penipu untuk setiap ekor burung yang terjual.

Loading...
Lovebird Green Series atau blorok (perawatanburung.com)
Lovebird Green Series atau blorok (perawatanburung.com)

Bagaimana agar Anda terhindar dari penipu yang menjual Lovebird GS palsu? Sebelumnya Anda harus mengenal pasti ciri-ciri Lovebird GS yang asli, seperti di bawah ini.

  • Paruh blorok hijau, berwarna merah.
  • Kepala berwarna merah dengan sedikit keemasan.
  • Bagian lehernya masih terdapat warna merah dan kuning, atau gradasi merah ke hijau.
  • Bagian dada berwarna kuning.
  • Sayap berwarna hijau dengan trotol atau gradasi antara warna kuning dan hijau.
  • Ekor berwarna kuning.
  • Kaki berwarna hitam.

Kesimpulannya, Lovebird GS mempunyai ciri utama tubuhnya didominasi warna kuning dengan sayap bergradasi hijau cerah. Sementara itu, pemalsuan burung dengan pewarna buatan sudah marak terjadi sejak tahun 2010, dengan istilah semiran. Meski saat ini tren memalsukan warna burung tak seramai dulu, masih ada saja oknum yang melakukannya.

Baca juga: Lovebird Unik Mata dan Kaki Warna Biru, Harganya Puluhan Juta

Lovebird GS (pets4homes.co.uk)
Lovebird GS (pets4homes.co.uk)

Teliti sebelum membeli, hanya prinsip ini yang aman untuk melindungi Anda dari penipuan dalam jual beli, termasuk Lovebird GS. Ada beberapa trik dan tanda burung semiran yang bisa dideteksi jika Anda mencermatinya dengan saksama. Berikut trik dan tanda Lovebird GS palsu atau semiran.

  1. Gradasi warna pada burung Lovebird GS yang asli terlihat agak buram dan alami, sedangkan yang palsu terlihat sangat mencolok.
  2. Harga burung semiran biasanya lebih murah dari harga pasaran. Jika selisih harga sangat jauh dengan harga rata-rata di pasaran, bisa jadi burung yang ditawarkan kepada Anda tidak asli.
  3. Warna burung semiran biasanya akan kembali lagi ke warna asli setelah dua atau tiga bulan. Warna yang biasa dimodifikasi adalah hijau standar, pastel atau kuning.
  4. Pewarna buatan yang digunakan untuk menyemir Lovebird, umumnya cepat luntur jika terkena air terus menerus.
  5. Bulu Lovebird GS mudah rontok karena terkena bahan kimia dari pewarna buatan.

Dengan demikian, apabila Anda ditawari Lovebird GS dengan harga murah dan penampilan burung sangat menarik, Anda patut curiga. Selidiki latar belakang penjualnya, apakah sudah dikenal banyak orang di bidang bisnis burung? Juga diperhatikan apakah mempunyai gelagat mencurigakan atau tidak.

Baca juga: 8 Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Burung Online dan Solusi Jika Sudah Terlanjur Tertipu

Jangan tergesa-gesa membeli karena takut burung akan dibeli orang jika Anda tidak menerima tawarannya. Jika tidak yakin, Anda bisa mencari gambar Lovebird GS di Google untuk membandingkan.

Bisa juga dengan berkonsultasi dengan rekan yang lebih paham soal Lovebird asli dan palsu. Burung jenis ini cukup susah ditangkarkan, berbeda dengan Lovebird jenis yang lainnya. Selain sensitif, juga produksi telurnya sangat terbatas. Sehingga wajar jika harganya lumayan mahal.

Demikian informasi tentang ciri-ciri Lovebird GS yang asli dan cara membedakannya dengan yang semiran. Semoga artikel dari Burungnya.com ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, silakan klik like dan share artikel ini kepada teman-teman Anda. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • lovebird gs
  • love bird gs
  • lb gs
  • ciri lovebird gs
  • ciri ciri lovebird gs
  • Jenis lovebird GS
  • ciri ciri lb GS
  • ciri ciri lovebird green series
  • lovebird green series
  • perbedaan warna gs dan lainnya di burung lovebird

Comment here