Info Lengkap Lovebird Batman dan Harga Terbaru

Burungnya.com – Lovebird Batman (Agapornis Personata) mudah dikenali dari ciri khususnya berupa pola seperti topeng hitam pada mukanya, dan lingkaran putih di sekeliling mata. Lovebird Batman umumnya memiliki warna bulu badan abu-abu dan putih dengan kepala hitam hingga ke bagian dada.

Suara ngekek Lovebird Batman sangat nyaring, meski tak sekeras burung Nuri atau Beo. Dengan perawatan yang baik, burung ini bisa hidup hingga usia 18 sampai 20 tahun. Lovebird Batman sendiri berasal dari barat laut Tanzania di Afrika. Habitat aslinya di hutan dengan kondisi area yang kering dan dekat dengan sumber air. Burung ini mulai diekspor ke luar negara sejak tahun 1920-an.

Baca juga: Asal-usul Lovebird Biola dan Ciri-cirinya

Penangkaran Lovebird Batman

Penangkaran anakan Lovebird Batman (hudeckburungkicau.xyz)
Penangkaran anakan Lovebird Batman (hudeckburungkicau.xyz)

Nah, tahukah Anda, menjodohkan Lovebird Batman cukup sulit, karena Lovebird jantan dan betina hampir tak dapat dibedakan. Hanya breeder berpengalaman saja yang dapat melihat perbedaanya secara visual.

Loading...

Lovebird Batman merupakan pilihan yang sesuai untuk peternak pemula. Mereka bisa ditangkarkan mulai dari sepasang hingga satu kelompok. Di alam bebas mereka membuat sarang pada lubang pohon atau celah dan rekahan dinding bangunan.

Dalam penangkaran, Anda bisa menyediakan glodok atau kotak berisi ranting, kulit kayu, dan material lain untuk sarang buatan. Lovebird Batman betina dapat menghasilkan 4 hingga 6 telur yang akan menetas dalam 21 sampai 23 hari.

Jika telur tidak subur, mereka akan menutupi telur dengan sarang dan berusaha memproduksi telur yang lain. Selama masa penangkaran, Lovebird harus mendapat asupan makanan dari biji-bijian, pelet, buah, dan sayur agar menghasilkan anak-anak yang sehat.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Setelah berusia 10 hari, piyik Lovebird Batman baru bisa dipisahkan dari induknya, apabila ingin membesarkan dengan tangan Anda. Memberikan makan kepada anak-anak burung dengan tangan (loloh) dapat menjadikan burung jinak. Tetapi Anda perlu waktu untuk membuat mereka mampu makan sendiri dari buah dan sayuran untuk usia awal.

Sebenarnya secara alami, anak-anak Lovebird dapat dipisahkan dari induknya pada usia 44-45 hari. Spesies Lovebird ini juga sering dikawinkan dengan spesies yang lain untuk menghasilkan mutasi yang memiliki warna berbeda.

Tips Memelihara Lovebird Batman

Lovebird Batman jantan dan betina (newyorkcityhightech.com)
Lovebird Batman jantan dan betina (newyorkcityhightech.com)

Selain warna bulunya yang cantik, burung Lovebird Batman mudah dirawat, ditangkarkan, dan harganya cukup mahal. Tingkahnya pun cukup atraktif dan menghibur sebagai penghias rumah Anda. Lovebird Batman, seperti jenis Lovebird yang lain, suka hidup berpasangan. Untuk bisa hidup sendiri, burung ini memerlukan perhatian khusus, meski dibesarkan dengan tangan Anda sendiri.

Baca juga: 2 Cara Ternak Lovebird dan Parkit Lengkap dengan Hasil Silangan

Untuk memelihara Lovebird Batman, Anda memerlukan kandang yang agak lapang karena mereka sangat aktif. Jika Anda memeliharanya di kandang sempit, beri waktu sesekali untuk beterbangan di sangkar jaring yang luas agar mereka tidak stres.

Sediakan tempat memanjat dan bermain di dalam kandang untuk melihat aksi lucu Lovebird Batman yang atraktif. Dalam kondisi tertentu, burung ini dapat berperilaku agresif terhadap burung lain yang ditempatkan dalam sangkar yang sama.

Ketika membeli Lovebird Batman, pilihlah burung yang masih muda. Ini ditandai dengan tanda seperti tambalan berwarna gelap pada bagian atas paruh, yang tidak secerah warna paruh burung dewasa.

Harga Burung Lovebird Batman

Harga Lovebird Batman (jualo.com)
Harga Lovebird Batman (jualo.com)

Harga Lovebird Batman bisa dibilang cukup mahal karena jumlahnya tak sebanyak jenis Lovebird yang lain. Untuk burung berusia sekitar 4 bulan harga yang dibanderol mencapai Rp 550.000 per ekor.

Sedangkan Lovebird Batman usia 6-9 bulan bisa seharga Rp 750.000 sampai Rp 1.100.000. Sementara Lovebird Batman yang sudah pernah berproduksi atau indukan, harganya dipatok sekitar Rp 1.200.000.

Baca juga: Lovebird Ngekek Panjang 4 Menit Ditukar Mobil Mercedes Benz Seharga Rp 1,4 Miliar

Demikian informasi lengkap tentang Lovebird Batman yang dapat kami rangkum untuk Anda. Jika artikel Burungnya.com ini bermanfaat, jangan lupa klik like dan share. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • harga lovebird batman
  • anakan lovebird batman umur 2 minggu
  • love bird batman
  • piyik lovebird batman
  • harga lb batman
  • anakan lovebird batman
  • harga lovebird betmen
  • https://burungnya com/info-lengkap-lovebird-batman-dan-harga-terbaru/
  • harga anakan lovebird batman
  • harga lovebird anakan batman

Berikan komentar