7 Cara Pijat Burung Perkutut yang Benar Sebelum Lomba

7 Cara Pijat Burung Perkutut yang Benar Sebelum Lomba

Burungnya.com – Soal pijat memijat, ternyata tidak hanya pada manusia saja. Sebab, burung Perkutut juga perlu dipijat agar lebih sehat dan tampil prima pada saat lomba. Burung Perkutut yang sering dipijat maka peredaran darahnya akan menjadi lancar. Selain itu, pijat burung Perkutut juga berfungsi untuk melemaskan otot-otot burung.

Biasanya burung Perkutut dipijat sebelum dilombakan. Jadi, waktu yang tepat memijat burung Perkutut pada malam hari sebelum lomba. Ibaratnya, jagoan sebelum tanding di arena lomba harus diberi pelayanan ekstra, seperti pijat dari ujung kepala hingga ujung kaki dan minum jamu untuk menambah stamina.

Nah, karena ini yang dipijat adalah Perkutut maka pijatannya harus berbeda. Pijatan dan tekanan tidak boleh terlalu keras, pelan-pelan saja agar tubuh Perkutut tidak sakit. Kalau pijatannya enak, burung Perkutut akan terlihat manja, tapi kalau terlalu keras burung akan berontak dan kelabakan.

Baca juga: Jenis Perkutut Langka Ini Menolak Dipelihara Lewat Mimpi

Loading...

Sekarang, bagaimana cara memijat burung Perkutut yang benar sebelum lomba? Sebenarnya hampir sama dengan cara memijat manusia, tapi ada tujuh titik pijat terbaik khusus untuk burung Perkutut. Setiap titik pijatan akan membantu burung Perkutut manggung lebih bagus.

Om Bayu Hendarto Bantul akan membantu Anda menunjukkan tahap-tahap memijat burung Perkutut yang benar sebelum lomba.

Burung Perkutut sudah jinak (birdsofallcolours.com)
Burung Perkutut sudah jinak (birdsofallcolours.com)

Cara memijat burung Perkutut yang benar sebelum lomba

  1. Pijat bagian leher dan pangkal leher
  2. Pijat bagian sayap
  3. Pijat bagian punggung
  4. Pijat bagian dada
  5. Pijat bagian paha
  6. Pijat bagian kaki atau jari
  7. Pijat bagian sayap dalam

1. Pijat bagian leher dan pangkal leher

Bagian leher dipijat pelan-pelan agar suara Perkutut lebih gacor. Kemudian pangkal kepala Perkutut digoyangkan ke kanan dan ke kiri sambil ditarik pelan-pelan.

2. Pijat bagian sayap

Bagian sayap agak ditarik atau dijeberkan bulunya lalu dipijat pelan-pelan. Lakukan pemijatan secara bergantian pada bagian sayap kanan dan sayap kiri.

3. Pijat bagian punggung

Bagian punggung Perkutut dipijat untuk mengeluarkan tenaganya. Cara pemijatan cukup menggunakan satu jari mulai dari atas hingga bawah. Tekan saja pelan-pelan pada bagian punggung kurang lebih selama 1 menit.

4. Pijat bagian dada

Pemijatan bagian dada Perkutut hampir sama dengan punggung, yakni cukup memakai satu jari saja. Anda bisa memijat mulai dari dada atas, bawah, kiri, dan kanan.

5. Pijat bagian paha

Untuk bagian paha Perkutut, pemijatan dimulai dari pangkal paha. Pemijatan burung secara perlahan untuk bagian kanan dan kiri.

6. Pijat bagian kaki atau jari

Pijat kaki Perkutut yang ada sisiknya hingga bagian jari. Pijat secara merata dari atas hingga ke bawah. Setelah itu, setiap jarinya juga dipijat sambil ditarik-tarik perlahan.

7. Pijat bagian sayap dalam

Untuk pijat bagian sayap dalam Perkutut, caranya buka dulu sayap kanan, kemudian dipijat perlahan secara memutar. Setelah sayap kanan selesai, ganti ke sayap yang bagian kiri.

Fungsi pijat burung Perkutut

Fungsi pijat Perkutut sama seperti pijat pada manusia. Intinya, untuk melancarkan peredaran darah. Fungsi lainnya agar burung Perkutut lebih jinak dan otot-otot burung Perkutut tidak kaku. Pasalnya, kalau otot burung Perkutut terlalu kaku, maka dia tidak mau bunyi.

Jika Anda rajin memijat burung Perkutut, maka burung akan rajin bunyi apalagi sebelum lomba. Waktu pemijatan burung Perkutut bisa dilakukan selama seminggu sekali. Namun, kalau untuk Perkutut piyik atau anakan, waktu pemijatan cukup sebulan sekali saja karena tulangnya masih rawan dan belum kuat.

Oh iya, pijat burung ini dikhususkan untuk burung Perkutut lomba atau kontes. Sementara, indukan Perkutut betina tidak perlu dipijat karena malah bisa mengganggu proses produksi telur.

Hasil pijat burung Perkutut

Burung Perkutut yang dipijat harus berkualitas lomba agar hasilnya memuaskan. Jika Anda memijat burung Perkutut biasa, justru tidak terlalu terlihat hasilnya. Oleh karena itu, pilih jenis burung Perkutut lomba yang bagus, kemudian baru dipijat secara teratur.

Apabila waktu lomba dilakukan hari Minggu, maka pemijatan burung Perkutut dilakukan hari Sabtu malam atau malam Minggu. Tujuannya agar efek pemijatan burung Perkutut langsung terasa dan besoknya Perkutut rajin manggung di lapangan.

Baca juga: Fenomena Langka, Burung Perkutut Pakai Perhiasan Emas, Harganya Jadi Mahal

Demikian cara memijat burung Perkutut yang benar sebelum lomba. Semoga pada saat lomba burung Perkutut rajin manggung dan mendapatkan piala atau piagam. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video berikut:

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Tahap pemijatan burung perkutut
  • memijat burung
  • jamu perkutut penambah ujung
  • jamu perkutut kontes
  • jamu perkutut agar gacor
  • jamu perkutut
  • cara pijat burung kacer
  • cara menijat burung
  • cara melatih burung perkutut untuk menjadi pikat
  • burung pleci di pijat

Comment here