8 Murai Batu Harga Rp 50 Juta Dicuri, Sandal Jepit Pelaku Ketinggalan

Burungnya.com – Kasus pencurian burung Murai Batu kembali terjadi. Kali ini kejadiannya di Dusun Ngrompang RT 94 Desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Pemilik burung adalah Mita Setya Pambudi.

Burung Murai Batu yang dicuri adalah burung di penangkaran. Sehingga total burung yang hilang adalah 4 pasang atau 8 ekor Murai Batu.

Pelaku Memanjat Tembok Setinggi 2 Meter

Kandang penangkaran Murai Batu ini mungkin dianggap sudah aman karena dikelilingi tembok setinggi 2 meter. Namun, pelaku tetap bisa memanjat tembok setinggi 2 meter.

Kerugian Total Rp 50 Juta

Burung yang dicuri diperkirakan seharga Rp 50 juta. Kerugian ini dihitung dari total burung sebanyak 8 ekor. Jadi, kalau dibagi 8 kira-kira harga per ekor burung sekitar Rp 5 jutaan.

Kasus ini sudah ditangani Polres Bantul. Menurut Kapolsek Sewon AKP Suyanto, burung Murai yang dicuri totalnya 4 pasang dengan total kerugian Rp 50 juta.

“Total yang diambil 4 pasang, berarti 8 (ekor burung dicuri). Total kerugian sekitar Rp 50 juta,” ujar Kapolsek Sewon AKP Suyanto SH, dikutip dari Jogja.Polri.go.id/polres_bantul/website (23/9/2020).

Sandal Jepit Pelaku Ketinggalan

Dari kejadian pencurian Murai Batu ini cuma didapat barang bukti sandal jepit warna hitam milik pelaku. Kemungkinan saat memanjat tembok setinggi 2 meter, pelaku melepas dulu sandalnya, tapi saat pergi dia lupa membawanya.

“Pelaku meninggalkan barang bukti berupa sepasang sandal jepit warna hitam,” kata AKP Suyanto.

Bukti Sandal Jepit Milik Pelaku

Apakah dari barang bukti sandal pelaku maling burung Murai Batu bisa ditangkap? Untuk masalah ini cukup sulit, tapi polisi begitu ahli menangkap penjahat.

Semoga saja mereka menyebar petugas kepolisian ke berbagai kawasan, termasuk pasar burung, gantangan, lomba burung, kios burung, toko online, hingga memantu grup-grup pecinta burung di Facebook.

Loading...

Dengan begitu, ruang gerak pelaku pencurian burung akan semakin sempit. Mungkin saja, pelaku juga akan kesulitan menjualnya karena di kaki burung penangkaran biasanya terdapat cincin penanda.

Baca juga:

Sehingga kalau Anda yang beli burung, akan kelihatan siapa yang menangkar burung tersebut. Meski begitu, bila cincin burung sudah dipotong, maka untuk menangkap pelakunya akan semakin sulit.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!