Bahaya Bawang Putih untuk Burung Lovebird

Burungnya.com – Beberapa waktu lalu, kami sempat membahas bahwa pemberian bawang putih dapat menjadikan burung Lovebird konslet. Sebab, sudah ada buktinya yaitu Lovebird Belalang Tempur jadi Lovebird Konslet setelah diberi bawang putih tunggal. Namun, ternyata ada fakta lain yang mengejutkan, yaitu bawang putih bisa berbahaya untuk Lovebird.

Bahaya Bawang Putih untuk Lovebird

Ya, menurut channel YouTube Kicau Jawara Official, bawang putih bisa membahayakan burung Lovebird. Alasannya karena bawang putih mengandung senyawa belerang. Di dalam bawang putih mentah atau kering terdapat senyawa belerang.

Apabila burung mengonsumsi bawang putih tersebut, maka akan dicerna atau dihidrolisis menjadi sulfur. Kemudian Tiosulfinat terurai menjadi sejumlah disulfida termasuk dipropenil disulfida yang merupakan disulfida paling beracun.

Tahukah Anda, disulfida ini merupakan pengoksidasi yang dapat menyebabkan hemolisis atau pecahnya sel darah merah burung Lovebird. Kalau sel darah merah pecah, maka dapat menjadikan burung Lovebird terkena anemia atau kekurangan sel darah merah.

Bawang putih tunggal (Mendetail.com)
Bawang putih tunggal (Mendetail.com)

Bahaya Pemberian Bawang Putih Terlalu Banyak

Walaupun bawang putih cukup bermanfaat untuk burung Lovebird, tetapi kalau diberikan terlalu banyak justru akan berbahaya. Apa saja efek samping pemberian bawang putih terlalu banyak pada burung Lovebird?

  • Lovebird lemas
  • Burung Lovebird menjadi diare
  • Bagian mulut Lovebird jadi kering
  • Lovebird mengalami iritasi pada paruh
  • Tenggorokan atau suara Lovebird menjadi serak

Bahaya Lain Bawang Putih untuk Burung

Selama ini bawang putih dianggap mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan manusia. Namun, kalau untuk burung ternyata Anda harus hati-hati dalam memberikan bawang putih.

Soalnya, mamalia dan burung mempunyai perbedaan sel darah merah. Perlu Anda ketahui, sel darah merah pada mamalia tidak memiliki inti sel atau nukleus. Sementara, sel darah merah burung memiliki inti sel.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa bawang putih aman untuk manusia atau mamalia sedangkan untuk burung bisa berbahaya. Apalagi jika bawang putih diberikan terlalu banyak pada burung Lovebird.

Loading...

Kesimpulan

Demikian sedikit info tentang bawang putih yang ternyata berbahaya untuk Lovebird. Mungkin jika porsi atau takaran pemberiannya tepat, burung Lovebird tidak akan mengalami masalah kesehatan.

Namun, bila bawang putih diberikan dalam jumlah banyak untuk memacu kicauannya, maka burung Lovebird bisa menderita beberapa penyakit berbahaya yang sudah kami sebutkan di atas. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memberikan bawang putih.

Kalau bisa berikan bawang putih sedikit saja pada Lovebird dengan tempo yang tidak sering. Maksudnya pemberian bawang putih untuk suplemen Lovebird saja, setiap seminggu sekali sebelum lomba.

Baca juga:

Cara Pemberian Bawang Putih yang Aman

Selain itu, Anda harus tahu bagaimana cara memberikan bawang putih tunggal yang aman untuk burung Lovebird. Caranya, siapkan beberapa siung bawang putih tunggal, lalu diparut sampai halus.

Hasil parutan bawang putih tadi ditambah air hangat. Tunggu sebentar, kemudian saring bawang putih dan sisakan air rendaman bawang putih tunggal.

Nah, air rendaman tersebut yang digunakan untuk merendam milet. Jadi, milet direndam dalam air bawang putih selama beberapa jam agar bisa meresap. Setelah itu, jemur milet atau masukkan ke oven agar cepat kering.

Contoh takaran, milet 1/2 Kg maka bawang putih tunggal cukup 3 siung. Kalau milet 1 Kg, maka bawang putih cukup 6 siung saja. Anda dapat menyesuaikan pemberian bawang putih sesuai dengan porsi milet.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Bawang putih buat burung
  • manfaat bawang putih untuk burung cabul
  • manfaat bawang lanang untuk lobet
  • manfaat bawang putih buat
  • seting lb bawang putih
  • ciri ciri lobet konslet pake bawang tunggal
  • Bawang putih tungap buap love bird
  • bawang putih racikan milet
  • tetesan bawang putih buat labet
  • apakah bawang putih bisa bikin lovebird paud konslet

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!