5 Cara Melatih Burung Trucukan Nggaruda Paling Cepat

Burunngya.com – Bagaimana cara membuat burung Trucukan cepat nggaruda? Burung nggaruda maksudnya gimana? Bagi yang belum tahu, Trucuk memiliki kemampuan unik yaitu nggaruda atau mengangkat dua sayap ke atas saat berkicau gacor.

Ini kelebihan Trucuk yang mungkin jarang dimiliki jenis burung lainnya. Sehingga kalau memiliki burung yang sudah garuda, tentunya kita akan merasa lebih bangga.

Untuk melatih burung Trucuk Nggaruda, syaranya cukup mudah. Jadi, tidak semua Trucukan bisa mengepakkan sayap ke atas ya. Cuma burung yang sudah mapan saja yang bisa melakukannya.

Baca juga: 7 Jenis Burung Kecil Suara Merdu dan Mudah Gacor

Syarat Burung Trucukan Nggaruda

  • Burung sudah mapan umur di atas 6 bulan.
  • Untuk mengetahui burung Trucuk mapan, dia akan aktif berkicau walau sedang giras.
  • Walau didekati bukan pemilik burung, Trucuk masih tetap bunyi.
Melatih Burung Trucukan Nggaruda (youtube.com)
Melatih Burung Trucukan Nggaruda (youtube.com)

Cara Melatih Trucukan Nggaruda

1. Pengembunan

Setiap pagi burung Trucukan diembunkan. Proses pengembunan cukup dikeluarkan di halaman rumah saja. Buat tempat gantungan burung atau jemuran baju. Kemudian burung digantung di situ.

2. Malam Burung Istirahat Total

Kalau burung bisa istirahat total, paginya tubuh akan terasa segar sehingga burung bisa berkicau gacor. Untuk membuat bisa istirahat, sebaiknya sangkar dikerodong.

Namun, bila burung stres saat dikerodong atau belum terbiasa, dia bisa diletakkan di ruangan yang gelap. Yang penting burung dibuat nyaman dan jangan sampai stres.

Baca juga: 7 Makanan Burung Kutilang Agar Cepat Gacor

3. Pakan Extra Fooding

Burung Trucukan juga harus diberi pakan EF atau extra fooding untuk memancing cepat bunyi. Beberapa buah yang membuat Trucukan cepat gacor adalah sawo dan apel merah.

Selanjutnya, Trucukan juga diberi EF berupa jangkrik dan ulat hongkong. Pemberian jangkrik minimal 3 ekor pagi hari dan 3 ekor sore hari. Kalau bisa 5 ekor jangkrik pagi hari dan 5 ekor jangkrik sore hari.

Loading...

Sedangkan pemberian ulat hongkong sedikit saja karena sifatnya panas. Burung bisa over birahi dan bulu berjatuhan. Kalau burung sudah OB atau over birahi, langsung berikan mentimun atau buah semangka.

Burung Trucukan Garuda (youtube.com)
Burung Trucukan Garuda (youtube.com)

4. Burung Dibuat Nyaman

Perlu diketahui, burung Trucukan mudah stres. Anda harus berhati-hati dalam merawat burung tersebut. Bahkan, untuk tempat gantungan harus diperhitungkan tingkat kenyamanannya.

Burung digantung di tempat yang sejuk. Kalau pagi hari letakkan burung di area yang terkena matahari dan udara sejuk. Siangnya burung dipindah ke teras yang teduh atau di bawah pohon rindang.

Malam hari burung dimasukkan ke rumah. Pilih lokasi yang nyaman, maksudnya tidak terkena hembusan angin terlalu kencang atau asap masak makanan.

Baca juga: 5 Makanan Burung Kutilang yang Bagus dan Cara Perawatan

5. Cetrek Setiap Pagi

Agar burung Trucukan cepat nggaruda, Anda harus melakukan cetrek dengan jempol setiap pagi dan setiap bertemu dengannya. Walau dia tidak merespon tidak masalah.

Soalnya ini termasuk metode untuk melatih Trucukan nggaruda. Saat pagi pengembunan, coba cetrekkan tangan di depannya. Lakukan rutin setiap pagi dan sore.

Nanti, burung akan merasa dia sangat diperhatikan dan kegirangan. Nah, saking girangnya, burung akan mengangkat sayapnya ke atas seperti burung garuda.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Suara Burung Kutilang pada Burung Kicau

Kesimpulan

Demikian beberapa cara melatih burung Trucuk Nggaruda paling cepat. Hal ini butuh kesabaran tinggi, karena harus menunggu burung sudah mapan dulu.

Selain itu, latihan Trucukan ini membutuhkan waktu luang di pagi hari. Apabila Anda sibuk kerja atau mengantar di pagi hari, mungkin akan cukup kesulitan menerapkan latihan-latihannya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!