Cara Melatih Jalak Kebo Jinak dan Main di Luar Sangkar

Burungnya.com – Burung Jalak Kebo terkenal bisa dijinakkan dan menirukan suara manusia. Sebab, burung ini masih satu keluarga dengan burung Beo. Jadi, wajar bila dia memiliki kemampuan bisa ngomong seperti manusia.

Namun, kali ini kita tidak akan memberikan tips membuat Jalak Kebo bisa bicara seperti manusia, melainkan melatih Jalak Kerbau jinak, dan tidak giras atau tidak galak.

Ya, memang yang harus didahulukan dalam perawatan Jalak Kebo adalah membuatnya jinak dulu. Untuk urusan suara dan kicauan bisa menyusul. Mengapa yang utama adalah proses penjinakkan dulu?

Alasannya sederhana, burung jinak lebih menyenangkan diajak main. Burung tidak perlu dimasukkan kandang karena sudah jinak. Sehingga dia bisa terbang ke sana ke mari lalu hinggap di tubuh kita.

Terlebih lagi, Jalak Kebo yang sudah jinak akan mengikuti kita ke manapun kita pergi. Sudah banyak video di YouTube yang memperlihatkan burung Jalak Kebo mengikuti pemiliknya jalan-jalan naik motor, main di depan rumah, main di jalan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, mari kita melatih burung tersebut jinak dulu, kemudian sedikit demi sedikit baru diajari ngomong. Pertama satu kata dulu, nanti ditambah dua kata, dan seterusnya.

Persiapan Sebelum Melatih Jalak Kebo Jinak

  • Burung Jalak Kebo harus dalam keadaan sehat atau tidak sakit sedikit pun.
  • Jalak Kebo bisa mudah jinak bila dilatih sejak anakan atau masih usia muda juga boleh.
  • Latih burung di lingkungan yang tenang dan aman. Dalam artian tempat yang tenang dan nyaman adalah tidak ada hewan predator seperti kucing, ular, tikus, atau anjing yang berlalu lalang.
  • Waktu latihan jangan siang hari yang panas karena burung bisa stres dan tidak fokus. Sore hari juga tidak disarankan karena perubahan waktu dari sore ke malam bisa membuat penglihatan burung menurun.
  • Sebaiknya latih burung di dalam ruangan yang lega dulu, pastikan jendela dan pintu sudah tertutup agar burung tidak keluar.
  • Biasanya untuk membuat burung jinak adalah terapi lapar atau membatasi makanan hariannya. Jadi, terapi lapar bukan membuat burung kelaparan, melainkan membatasi makanan agar burung selalu lapar. Misalnya, burung cuma diberi makan sedikit di pagi hari. Tiga jam kemudian, burung dilatih agar jinak.
  • Burung dalam kondisi lapar akan mudah mengikuti instruksi pemiliknya.
Jalak Kebo Jinak dan Gacor (youtube.com)
Jalak Kebo Jinak dan Gacor (youtube.com)

Cara Melatih Jalak Kebo Jinak

Mengenal Lingkungan di Luar Sangkar

Latihan yang paling dasar adalah membiasakan burung berada di luar kandang. Tapi, Anda harus melakukannya di dalam ruangan tertutup.

Letakkan sangkar di lantai, lalu buka pintu sangkar. Biarkan burung Jalak Kebo mengeksplorasi ruangan atau kamar.

Pancing burung mendekat dengan memberikan pakan berupa ulat hongkong atau voer menggunakan tangan. Panggil juga namanya agar burung merasa dekat dengan Anda.

Burung yang lapar akan langsung mendekat untuk mengambil makanan. Untuk awal-awal, pastinya dia agak takut. Namun, setelah latihan berjalan beberapa hari, burung akan terbiasa mencium aroma tangan kita, dan pastinya akan mendekat untuk mendapatkan makanan.

Latihan Jalak Kebo Masuk Sangkar

Agar burung mau masuk sangkar lagi, tebar pakan di sekitar pintu sangkar dan buka pintunya. Kalau Anda kesulitan membuat burung Jalak Kebo masuk ke dalam sangkar lagi karena terbang-terbang, semprot saja sampai bulunya basah.

Loading...

Anda juga bisa memancingnya dengan suara siulan atau panggilan nama dari belakang sangkarnya. Jadi Anda posisinya di belakang sangkar, sementara pintu sangkar berada tepat di hadapan burung. Pancing burung dengan suara atau makanan dari belakang sangkar.

Waktu Pelatihan dan Penjinakan Jalak Kebo

Latihan ini dilakukan selama beberapa hari sampai burung mengenali tangan Anda dan tidak takut dengan Anda. Waktu pelatihan di dalam ruangan, dilakukan pagi, siang, sore, dan malam setiap hari.

Waktu latihan sama seperti Anda mau makan sehari-hari. Misal Anda baru sarapan, burung juga harus sarapan tapi sedikit saja. Siangnya, saat Anda makan siang, burung juga dilatih lagi. Begitu juga untuk sore dan malam.

Latihan di Luar Rumah

Setelah Anda merasa burung Jalak Kebo sudah mulai jinak dan menuruti perintah Anda, saatnya melatihnya di luar ruangan. Latihan cukup di halaman depan rumah dulu, jangan jauh-jauh biar burung masih mengenali lingkungannya.

Jika Anda takut burung kabur, ikat dulu kakinya dengan benang nilon atau benang pancing. Anda juga harus siap-siap membawa semprotan, agar burung bisa disemprot saat dia lepas kendali.

Kalau burung terlihat tenang dan tidak kabur, tali di kakinya bisa dilepas. Yang penting Anda harus percaya dengan burung Anda. Pastikan pula, tidak ada hewan atau orang lain yang bisa membuatnya ketakutan.

Perawatan Selama Latihan Penjinakan

Setiap pagi, burung diembunkan dan mandi sendiri di wadah. Penjemuran sebentar saja, maksimal 1 jam. Setelah itu, burung diberi makan sedikit menggunakan tangan. Dalam tahap ini, burung masih di dalam sangkar.

Makanan bisa berupa jangkrik, ulat hongkong, voer, dan lain-lain. Pastikan makanan tersebut disukai Jalak Kebo. Porsi makan sedikit saja, agar burung tetap lapar dan tidak terlalu kenyang. Untuk minum, masih diberikan seperti kondisi normal agar burung tidak dehidrasi.

Setelah beberapa hari dan burung mulai ketergantungan dengan pakan, baru burung bisa dikeluarkan dari dalam sangkar. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti pelatihan yang di atas. Siang, sore, dan malam juga demikian, berikan makanan sedikit saja langsung menggunakan tangan.

Nah, untuk malam hari menjelang tidur, berikan voer sedikit saja (seperlima cepuk) di dalam cepuk. Soalnya, waktu dari malam sampai pagi cukup lama, takutnya burung akan kelaparan dan mati.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara melatih Jalak Kebo jinak dan main di luar sangkar. Dalam latihan ini Anda harus konsisten karena pemberian makanan cuma sedikit. Kalau Anda lupa memberikan makan sekali saja, burung bisa lemas dan jatuh sakit.

Anda juga butuh waktu luang yang banyak karena proses latihan dilakukan empat kali dalam sehari. Jika Anda seorang pekerja, sebaiknya tidak melakukan proses penjinakan dulu. Kalau Anda seorang wirausaha atau orang yang kerja dari rumah, Anda dapat mencoba menjinakkan Jalak Kebo.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!