17 Cara Melatih Lovebird Agar Jinak dan Pintar Atraksi

Burungnya.com – Melatih Lovebird menjadi jinak sebaiknya dilakukan mulai anakan. Apalagi kalau melatih Lovebird agar pintar atraksi dan melakukan trik, tentu butuh waktu yang lama. Sehingga sejak Lovebird masih muda harus mendapatkan perawatan khusus.

Selain itu, pemilik Lovebird harus mempunyai kesabaran ekstra karena membuat Lovebird jinak bukan perkara mudah. Ada berbagai cara melatih Lovebird agar jinak dan pintar atraksi melakukan trik tertentu seperti fly to me (FTM) atau free flight (FF).

Lovebird termasuk burung pintar. Jadi tak heran, Lovebird mampu menirukan suara burung lain dengan mudah. Ini terbukti saat burung Lovebird dimaster dengan suara burung lain. Tak hanya suara, Lovebird juga pandai menirukan trik atau atraksi apabila mendapat latihan yang tepat.

Baca juga: 5 Jenis Masteran Lovebird yang Bagus dan Cara Memaster Lovebird

Nah, agar Lovebird bisa melakukan atraksi atau trik, Anda harus melatihnya secara sabar dan berulang-ulang. Bahkan, sejak Lovebird menetas, dia sudah harus mendapatkan perhatian khusus dari kita, seperti memberikan makan secara manual (diloloh) pakai tangan. Alasannya, untuk menjalin kedekatan antara pemilik dengan burung Lovebird.

Berikut beberapa cara melatih Lovebird agar jinak dan pintar atraksi:

1. Mandi semprot atau dipegangi

Memandikan Lovebird ada berbagai cara, seperti mandi semprot dengan alat spray, mandi Lovebird di cepuk atau keramba, serta Lovebird mandi dengan cara dipegangi.

Ternyata untuk melatih Lovebird agar jinak, mandinya dengan cara disemprot halus atau dimandikan di bawah pancuran sambil dipegangi. Kedua cara ini sama-sama bagus, tapi lebih bagus memandikan burung dengan cara dipegangi tangan karena Lovebird lebih merasa disayangi.

Gerakan lembut saat mengusap bulu Lovebird membuat burung merasa nyaman. Namun, perlu diingat bahwa air krannya jangan terlalu keras agar tidak menyakiti tubuh Lovebird atau masuk ke mata dan hidung Lovebird.

Ada juga yang memandikan Lovebird di dalam bak atau ember. Alasannya untuk melatih napas Lovebird dan membuat Lovebird fighter. Kalau cara ini sepertinya kurang cocok dan kemungkinan malah tidak membuat Lovebird menjadi jinak.

2. Gantang Lovebird di keramaian

Untuk latihan selanjutnya, Anda bisa menggantang Lovebird di keramaian. Lovebird digantang di tempat ramai, tidak perlu berada di pinggir jalan atau di dekat mesin yang keras.

Namun, Lovebird cukup diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu. Tempat ini sering dilintasi orang-orang rumah, sehingga dapat melatih Lovebird mengenali pemiliknya dan membuat Lovebird berani dengan manusia. Teknik ini juga bisa meningkatkan mental Lovebird.

3. Mengelus Lovebird dengan lembut

Lovebird dielus-elus dengan lembut (youtube.com)
Lovebird dielus-elus dengan lembut (youtube.com)

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, pengenalan itu termasuk faktor penting dalam latihan Lovebird agar cepat jinak. Oleh karena itu, sering-seringlah mengelus Lovebird sebagai tanda perkenalan.

Sebelum berangkat kerja, Lovebird dielus-elus dulu. Kemudian, pulangnya dielus-elus lagi. Jika dilakukan secara rutin dan berulang-ulang, pasti Lovebird akan merasa sangat disayang.

Jadi, paling tidak luangkan waktu sebentar untuk mengelus-elus Lovebird agar hubungan Anda dengan Lovebird menjadi lebih dekat.

4. Membuatnya lapar atau terapi lapar Lovebird

Lovebird yang lapar atau belum makan, cenderung lebih fokus terhadap latihan yang diberikan. Lovebird tidak benar-benar dibuat lapar seperti manusia sedang puasa, tetapi cukup diberikan makan sedikit-sedikit sambil melakukan latihan.

Dengan kata lain, makanan Lovebird diberikan sebagai hadiah karena Lovebird bisa menjalankan dengan baik. Setiap Lovebird bisa melakukan sesuatu maka berikan Lovebird makanan, sedikit saja.

5. Terapi air ludah agar cepat jinak

Mungkin Anda berpikiran bahwa air ludah termasuk bagian tubuh yang menjijikkan. Sehingga kasihan kalau diberikan ke Lovebird. Namun, ternyata air ludah kita mampu membuat Lovebird cepat jinak.

Salah satu kicau mania pernah melakukan terapi air ludah untuk menjinakkan Lovebird. Ternyata caranya terbukti berhasil dan membuat Lovebird jinak.

Caranya Lovebird diembunkan dulu paginya. Kemudian setelah selesai pengembunan, Lovebird diberi air ludah kita pada bagian paruhnya. Ingat sebelum memberikan air ludah, kita harus sikat gigi terlebih dahulu, agar tidak ada kotoran atau penyakit yang membahayakan Lovebird.

Setelah diolesi air ludah, Anda bisa memandikan Lovebird, lalu menjemurnya. Pada saat penjemuran, Lovebird tidak perlu diberi pakan dan minum.

Setelah selesai dijemur, Lovebird digoda sedikit menggunakan jari tangan. Anda juga bisa memancingnya menggunakan pakan.

6. Berikan nama panggilan untuk Lovebird

Jika Anda ingin Lovebird cepat jinak, maka berikan nama panggilan ke Lovebird Anda. Nama ini bukan untuk mengikuti lomba, tetapi agar Lovebird merasa dihargai saat Anda memanggil namanya.

Sebagai contoh, misal namanya Lovebird Kusumo. Panggil namanya setiap Anda melihatnya. Anda juga bisa memanggil Lovebird Kusumo saat akan diberikan pakan.

7. Sering mengajak bicara

Setelah diberi nama panggilan, Lovebird harus sering diajak bicara. Entah bicara tentang pekerjaan atau keluarga. Ajak saja Lovebird bicara setiap saat. Ini akan membuatnya merasa diperhatikan, walau sebenarnya dia tidak memahami apa yang Anda katakan.

Kalau bingung mau bicara apa, curhat saja apa yang Anda rasakan selama ini. Apa yang ada diunek-unek atau pikiran dan tak bisa disampaikan ke orang lain, maka ceritakan semuanya ke Lovebird.

Mungkin cara ini tidak bisa menyelesaikan masalah Anda, tapi setidaknya Anda merasa nyaman karena sudah bercerita dan Lovebird akan mengetahui perasaan Anda dengan melihat mimik wajah Anda.

8. Menjadikan Lovebird sebagai teman

Jika sudah sering diajak ngobrol atau bicara, tentu Anda akan lebih mudah menganggap Lovebird sebagai teman. Ya, jadikan Lovebird sebagai teman, agar dia lebih dekat dengan Anda.

Kalau hubungan Anda dengan Lovebird sudah sangat dekat, pasti Lovebird tidak bisa berpisah dengan Anda. Ke manapun Anda pergi, Lovebird akan mengikuti. Nantinya, ini akan memudahkan Anda melatih Lovebird atraksi dan melakukan trik.

9. Lovebird diajak bermain

Jangan cuma diajak bicara, Lovebird juga diajak bermain dengan memasukkan tangan ke dalam sangkar atau memberikan mainan ke Lovebird.

Lovebird juga bisa diberi ayunan agar Lovebird bisa main-main di dalam sangkar. Kalau mau yang murah, Anda bisa mengajak Lovebird bermain dengan cit-citan yang suaranya mirip Lovebird ngekek. Selain menyenangkan, mainan cit-citan dapat memancing Lovebird ngekek panjang.

10. Melatih di luar kandang atau dalam ruangan

Lovebird latihan atraksi (youtube.com)
Lovebird latihan atraksi (youtube.com)

Nah, sekarang memasuki tahap latihan Lovebird atraksi dan melakukan trik tertentu. Dalam hal ini, kami menganggap Lovebird Anda sudah jinak dan dekat sekali dengan Anda.

Kalau sudah demikian, Anda tidak perlu lagi harus memasukkan Lovebird ke dalam sangkar. Anda juga bisa melatih Lovebird di dalam ruangan. Jika Anda takut Lovebird lepas, maka cari ruangan yang tertutup tapi tetap cerah.

Melatih di dalam ruangan, memudahkan Lovebird mengingat latihan atraksi. Namun, jangan lupa singkirkan berbagai peralatan atau mainan yang kemungkinan bisa mengganggu konsentrasi Lovebird.

Loading...

Kalau perlu, jangan diberi pakan dulu, biar Lovebird fokus latihan. Anda dapat memberikan pakan setiap Lovebird selesai melakukan latihan tertentu.

11. Pemberian pakan Lovebird

Jenis pakan Lovebird untuk latihan biasanya berupa biji-bijian. Alasannya, Lovebird sangat menyukai biji-bijian, sehingga dapat memotivasi Lovebird melakukan latihan.

Selain itu, Anda bisa lebih mudah memberikan pakan karena bentuknya biji-bijian. Jadi, bisa diberi biji-bijian satu persatu. Hal ini membuat Lovebird mau menuruti perintah Anda, karena dia berharap mendapatkan makanan. Kalau Lovebird anakan, Anda bisa memberikan pakan dari alat spet.

12. Melatih Lovebird agar jinak dengan clicker

Bagi yang belum tahu, clicker adalah alat kecil yang saat ditekan dapat mengeluarkan suara klik. Alat ini membantu Lovebird berkonsentrasi saat latihan, sekaligus dapat dipakai untuk menandai bahwa Lovebird saatnya diberi hadiah atau Reward.

Biasanya Lovebird yang sudah jinak akan menghampiri Anda, begitu Anda menekan clicker. Namun, jangan terlalu sering ditekan, agar Lovebird tidak mengabaikan suara dari clicker.

13. Latihan Lovebird jinak dengan stik

Lovebird dilatih hinggap di stik atau tangkringan kecil (youtube.com)
Lovebird dilatih hinggap di stik atau tangkringan kecil (youtube.com)

Selain clicker, Anda juga dapat melatih Lovebird menggunakan stik, seperti sumpit atau tongkat kecil. Tujuannya untuk memancing minat Lovebird mendekati Anda.

Terkadang Lovebird sering malu-malu kalau disuruh mendekat ke tangan. Namun, dengan adanya stik, ini bisa menjadi perantara agar Lovebird mau hinggap ke tangan Anda.

Mungkin pada awalnya, Lovebird hanya akan menggigit stik saja. Namun, setelah dilakukan secara berulang-ulang, maka Lovebird akan langsung melompat ke stik. Selanjutnya, kalau sudah terbiasa, secara perlahan lepas stik dan ganti dengan tangan Anda.

14. Lovebird latihan mengambil makan di telapak tangan atau feed on fist (FOF)

Cara Melatih Lovebird Jinak (youtube.com)
Cara Melatih Lovebird Jinak (youtube.com)

Begitu Lovebird sudah mau mendekat ke tangan, latihan selanjutnya yaitu feed on fist (FOF) atau mengambil makan di telapak tangan.

Latihan ini akan mudah dilakukan kalau burung sudah terbiasa dipegang dan sudah jinak. Jadi, caranya berikan makanan kesukaan Lovebird melalui telapak tangan. Biarkan Lovebird menghampiri dan makan sendiri.

Sambil makan, Lovebird bisa dielus-elus dengan lembut. Lebih bagus lagi, kalau burung sudah mendekat ke tangan dan mau makan di telapak tangan, Anda membunyikan peluit atau clicker.

15. Lovebird jinak dilatih lompat ke tangan atau jump to the fist (JTTF)

Lovebird dilatih di tangan (youtube.com)
Lovebird dilatih di tangan (youtube.com)

Berikutnya, latihan Lovebird lompat ke tangan atau biasa dikenal dengan latihan jump to the fist (JTTF). Dalam latihan ini, burung ditempatkan di lokasi yang agak tinggi dari tangan. Kemudian, berikan pakan melalui telapak tangan.

Jarak Anda dengan burung jangan terlalu jauh, agar Lovebird mau melompat. Kalau terlalu jauh, Lovebird malah tidak berani. Sehingga beri jarak paling tidak setengah meter.

Kalau burung tidak mau makan dan melompat, maka berikan metode terapi lapar. Jadi, Lovebird jangan diberi makanan dulu setidaknya 2 jam sebelum latihan agar nafsu makannya tinggi.

16. Latihan Lovebird terbang ke tubuh kita atau fly to me (FTM)

Apabila latihan JTTF sudah berhasil, maka saatnya ke metode latihan selanjutnya, yaitu fly to me (FTM) atau terbang ke arah tubuh kita.

Cara melatihnya, Lovebird diletakkan agak jauh dari kita, sekitar 1 meter. Kemudian, biarkan Lovebird terbang ke arah kita untuk mengambil makanan.

Agar Lovebird mengetahui posisi kita, maka tiuplah peluit atau clicker. Nah, jika Anda takut Lovebird lepas, maka lakukan latihan di dalam ruangan.

Biasanya kalau latihan ini berhasil, Lovebird akan selalu terbang mengikuti ke mana kita pergi. Lovebird akan terbiasa hinggap di kepala, pundak, tangan, dan pakaian kita. Kalau sudah seperti ini, Anda tidak perlu lagi terlalu sering memasukkan Lovebird ke dalam sangkar.

17. Latihan free flight (FF) atau terbang bebas

Lovebird yang sudah jinak dan terlatih untuk melakukan teknik fly to me (FTM), maka ada kemungkinan juga bisa melakukan free flight (FF).

Teknik latihan free flight sering dilakukan pada burung paruh bengkok. Jadi, burung diterbangkan bebas ke luar ruangan dan biarkan dia terbang, kemudian burung kembali lagi ke kita.

Cara ini cukup berisiko karena burung Lovebird bisa terbang dan tak kembali. Apalagi kalau burung tidak mengenali pemiliknya atau rumahnya sendiri. Risiko lainnya, burung ketakutan dan akhirnya terbang entah ke mana.

Bagi yang tidak mau mengambil risiko, sebaiknya melakukan latihan sampai di tahap fly to me. Namun, kalau Anda merasa sudah sangat dekat dengan Lovebird Anda, dan burung Lovebird Anda sudah percaya dengan Anda, maka lanjutkan saja latihan free flight.

Latihan free flight biasanya dilakukan di area luas, seperti lapangan, perbukitan, gunung, atas gedung, atau lokasi lain yang tidak ada halangannya.

Cuaca saat latihan harus terang dan anginnya tidak terlalu kencang. Anda bisa mengajak teman saat latihan free flight, seperti latihan burung Merpati terbang. Jadi, teman Anda diminta untuk melepaskan burung dari jarak tertentu, agar Lovebird terbang menghampiri Anda.

Jika Lovebird sudah terbiasa dan mengenali Anda, maka cobalah melepaskan Lovebird sendiri, kemudian tiup peluit agar Lovebird mengetahui bahwa dia sedang dipanggil dan akhirnya mau mendarat ke tubuh Anda.

Kurang lebih cara melatih Lovebird agar jinak seperti itu. Yang terpenting, jalin hubungan dengan Lovebird terlebih dahulu. Kemudian, baru diberi latihan-latihan agar Lovebird jinak dan pintar beraktraksi melakukan berbagai trik seperti di acara sirkus.

Efek buruk dari latihan ini mungkin tidak ada, hanya saja burung bisa lepas kalau dilakukan di luar ruangan. Kalau efek positifnya banyak, seperti burung Lovebird jadi jinak, pintar melakukan atraksi, pandai melakukan trik, dan Lovebird bisa diajak bermain.

Agar Anda lebih mudah memahami cara melatih Lovebird jinak, silakan melihat video berikut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara lovebird atraksi
  • cara melatih burung lovebird bicara seperti manusia
  • cara melatih lovebird atraksi
  • cara mlatih lovbir jinak pintar
  • cara mudah melatih lovebird atraksi
  • melatih lovebird sirkus
  • pakan lovebird atraksi

Berikan komentar