Ciri Pleci Jantan dan Betina (flickr.com)

12 Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Paling Mudah

Burungnya.com – Sekilas semua burung Pleci tampak sama secara fisik. Pleci jantan dan betina juga demikian. Namun, keduanya bisa dibedakan dengan mudah. Anda yang bingung membedakan Pleci jantan dan betina, sebentar lagi pasti tidak bingung lagi.

Burung Pleci berkelamin jantan dan betina sejatinya mempunyai perbedaan. Anda mungkin sulit mengetahui perbedaan keduanya karena jarang berinteraksi dengan dua burung tersebut. Berbeda ceritanya jika Anda sering merawat Pleci jantan dan betina, pasti dengan melihat sekilas saja sudah ketahuan mana jantan dan betina.

Nah, perbedaan ini akan kelihatan dari bagian fisik kemudian tingkah laku. Fisik Pleci yang kelihatan sama semua akan terlihat berbeda di bagian-bagian tertentu.

Cara Membedakan Pleci jantan dan betina (birdseye.photo)
Cara Membedakan Pleci jantan dan betina (birdseye.photo)

1. Ekor Pleci

Coba amati ekor Pleci, biasanya Pleci jantan ukuran ekornya lebih panjang. Kemudian ujung ekornya berbentuk seperti huruf V. Kalau Pleci betina ukuran ekornya pendek dan ujungnya rata.

2. Kepala Pleci

Burung Pleci jantan mempunyai ukuran besar dan bulat. Lalu, bandingkan dengan Pleci betina, pasti ukuran kepala betina lebih kecil dan ramping.

3. Tekstur Paruh Pleci

Kalau kedua paruh Pleci jantan dan betina diraba, maka Pleci kelamin jantan akan terasa kasar. Sementara, Pleci berkelamin betina akan terasa mulus.

4. Mata Pleci

Ciri khas burung Pleci terletak pada matanya yang memiliki kacamata. Nah, klep kacamata ini bisa juga dijadikan indikator pembeda kelami. Burung jantan mempunyai kacamata tebal tapi terputus-putus. Sedangkan, burung betina kleb matanya juga tebal tapi tidak putus-putus.

5. Panjang Paruh Pleci

Lagi-lagi soal paruh Pleci yang bisa membedakan kelaminnya. Untuk Pleci jantan ukuran paruh agak pendek tapi tebal. Sementara, burung betina mempunyai paruh agak panjang, tapi tidak setebal burung jantan.

6. Tubuh Pleci

Dari tubuhnya sebenarnya sudah kelihatan mana jantan dan betina. Sebab, Pleci yang kelaminnya jantan selalu terlihat lebih panjang, padat, dan kecil. Sedangkan tubuh Pleci betina terkesan besar dan berisi, tapi pendek.

Loading...

7. Warna Bulu Pleci

Untuk Pleci jantan warna bulunya lebih cerah dan mencolok. Mungkin tujuannya untuk memikat si betina. Sementara burung betina sendiri justru terlihat agak kusam.

8. Dubur Pleci

Burung jantan selalu memiliki bentuk dubur yang agak memanjang. Sementara dubur Pleci betina cenderung kecil. Kondisi bulu di sekitar dubur agak berbeda. Yang burung jantan bulu di dekat dubur agak banyak, sementara yang betina sebaliknya.

9. Suara Pleci

Setelah mengamati bentuk fisik, mari dengarkan suaranya. Burung Pleci jantan mempunyai suara lebih nyaring dan kristal. Sementara burung betina suaranya pelan dan kurang jernih.

10. Gerakan Pleci

Di mana-mana Pleci jantan akan terlihat lebih agresif dan lincah. Sebaliknya, Pleci betina akan terlihat lebih pendiam dan kurang agresif.

11. Pleci Mandi

Anda juga bisa membedakan kelamin Pleci saat dia mandi. Coba tes saat Pleci dimandikan dengan cara disemprot, pasti burung jantan akan memperlihatkan jambul dan pupil mata mengecil. Sedangkan Pleci betina tidak muncul tanda seperti itu.

12. Supit Urang Pleci

Bagian supit urang Pleci jantan saat diraba terasa rapat. Sementara Pleci kelamin betina supit urangnya agak membuka atau melebar.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara membedakan Pleci jantan dan betina paling mudah. Anda bisa melihat dari ciri fisik, tingkah laku, dan saat burung dimandikan. Sebab, ciri Pleci jantan saat mandi akan memperlihatkan jambulnya.

Dari segi suara juga berbeda. Burung Pleci jantan lebih gacor, kristal, ngeplong, dan keras. Sementara Pleci betina suaranya pelan, kurang maksimal, ngeriwik, dan kurang ngeplong.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Perbedaan pleci
  • perbedaan pleci jantan dan betina
  • cara membedakan pleci jantan dan betina
  • ciri burung pleci jantan
  • Gambar Pleci jantan dan betina
  • Pleci jantan betina koloni
  • ciri pleci betina
  • ciri pleci jantan dan betina
  • cara bedakan pleci jantan
  • perbedaan ekor pleci jantan dan betina

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!