7 Cara Membuat Burung Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang

Burungnya.com – Sampai sekarang sebagian orang menyebut bahwa burung Lovebird salah satu burung favorit masyarakat Indonesia. Namun, karena harga jualnya rendah, beberapa kicau mania mulai berhenti memelihara burung tersebut.

Punya Lovebird ngekek panjang jadi harapan kicau mania. Namun, tidak mudah membuat burung cantik ini gacor dan ngekek panjang. Diperlukan perawatan yang konsisten dan tingkat kesabaran tinggi dari pemiliknya.

Kami sudah membuat beragam tips merawat Lovebird dan cara membuatnya cepat gacor serta ngekek panjang. Ada yang perawatan harian, lomba, latihan, terapi, pemasteran, vitamin, racikan, ramuan, dan lain-lain.

Baca juga: 12 Cara Membuat Lovebird Gacor Alami Tanpa Vitamin

Nah, kali ini akan kami bagikan cara sederhana membuat burung tersebut rajin bunyi keras dan berkicau panjang.

Cara Membuat Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang

Lovebird Gacor Alami (youtube.com)
Lovebird Gacor Alami (youtube.com)

1. Pahami Tingkat Birahi

Dalam hal ini yang perlu Anda ketahui adalah tingkat birahi Lovebird. Misalnya, Lovebird sedang kurang birahi, Anda bisa memberikan jagung. Namun, bila Lovebird birahi tinggi, sandingkan dia dengan untulan atau berikan mentimun.

Ya, pertama yang harus dipelajari adalah birahi dulu. Sebab, ini penting untuk perawatan selanjutnya. Jika Anda tidak tahu tingkat birahinya, nanti Anda bisa salah memberikan pakan.

Baca juga: 3 Tingkatan Lovebird Birahi Lengkap dengan Ciri dan Cara Mengatasinya

2. Makanan Burung Lovebird

Seperti yang Anda ketahui, makanan utama burung Lovebird adalah biji-bijian. Jadi, segala macam biji-bijian yang kecil, pasti disukai Lovebird.

Namun, yang paling enak bagi burung tersebut adalah milet putih, milet merah, canary seed, dan biji jagung kecil. Anda bisa memberikan pakan-pakan tersebut dengan cara dicampur jadi satu.

Pakan utama lebih bagus dikombinasikan dengan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Nah, pakan tambahan Lovebird bervariasi, seperti buah dan sayuran. Ingat Lovebird tidak makan serangga, jadi jangan diberi jangkrik.

3. Perawatan Harian

Jenis Burung Lovebird untuk Lomba Suara Ngekek Panjang (olx.co.id)
Jenis Burung Lovebird untuk Lomba Suara Ngekek Panjang (olx.co.id)

Untuk rawatan harian Lovebird, yang terpenting adalah mandi jemur. Pemandian Lovebird dilakukan rutin mulai jam 06.00. Untuk penjemurannya bisa 1-2 jam setelah burung dimandikan.

Perlu diketahui bahwa burung selepas mandi basah kuyup jangan langsung dijemur di bawah sinar matahari. Nanti burung kaget dan stres. Tubuhnya kedinginan langsung diberi panas dari sinar matahari.

Gelas kaca saja bisa pecah, kalau terkena dingin dan panas secara mendadak. Jadi, begitu dimandikan tunggu dulu sampai bulu Lovebird lumayan mengering.

Angin-anginkan saja dulu. Nanti setelah bulu cukup kering, baru Lovebird dijemur di bawah sinar matahari. Kalau mandi selesai jam 06.30, berarti burung bisa dijemur sampai pukul 08.30.

Baca juga: 8 Setingan Lovebird Betina Single Fighter Untuk Pekerja Kantoran

Loading...

4. Pemasteran

Burung Lovebird juga perlu dimaster, terutama yang masih muda. Pemasteran bisa menggunakan suara burung asli atau suara burung dari YouTube.

Pilih suara burung yang ngerol panjang, misalnya Kenari. Nah, ini burung yang cocok untuk isian masteran Lovebird.

Beberapa Lovebird justru ada yang bisa menirukan suara Kenari 100 persen. Jadi fisiknya Lovebird, tapi suaranya Kenari.

Waktu pemasteran sebaiknya dilakukan saat burung beristirahat atau saat sedang mabung. Burung yang istirahat dan mabung akan lebih fokus mendengarkan suara burung lain.

Sementara burung yang aktif terbang ke sana ke mari tidak akan mau fokus mendengar suara masteran. Oh iya, volumen suara jangan terlalu keras, nanti burung Anda justru jatuh mentalnya.

Terapi Mandi Air Hangat untuk Lovebird Durasi Panjang (youtube.com)
Terapi Mandi Air Hangat untuk Lovebird Durasi Panjang (youtube.com)

5. Latihan Umbaran

Supaya fisik Lovebird kuat dan napas panjang, biasakan untuk latihan umbaran. Dia akan terbang di kandang besar dan panjang.

Panjang kandang bisa 2-3 meter. Cukup latihan selama 15 menit terbang dari ujung ke ujung lainnya, burung sudah kelelahan. Oleh karena itu, latihan ini jangan setiap hari, tapi seminggu 1-2 kali.

6. Vitamin Lovebird

Ada banyak merek vitamin Lovebird di pasaran. Anda bisa mencari vitamin dan suplemen burung ini dari ecommerce. Vitamin Lovebird biasanya dicampur di air minumnya atau langsung diteteskan ke paruh.

Harganya bervariasi, mulai belasan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Lebih baik, pakai vitamin yang berkualitas saja. Pasalnya, ada vitamin yang mahal tapi tidak ada efeknya sama sekali.

Baca juga: Cara Menambah Durasi Ngekek Lovebird dengan Terapi Bambu Gila

7. Terapi Lovebird

Beberapa terapi Lovebird yang terbukti bisa membuat gacor dan ngekek panjang di antaranya terapi bambu gila, terapi kerodong basah, hingga terapi mandi air hujan.

Di sini terapi sifatnya untuk latihan sampingan saja. Sebab, terapi fungsinya untuk membantu Lovebird cepat gacor dengan cara alami.

Terapi Bambu Gila untuk Menambah Durasi Ngekek Lovebird (facebook.com-BudrelTullang)
Terapi Bambu Gila untuk Menambah Durasi Ngekek Lovebird (facebook.com-BudrelTullang)

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat burung Lovebird gacor dan ngekek panjang. Cukup banyak faktor untuk menjadikan burung warna warni ini cepat bunyi.

Namun, jangan sampai mengesampingkan masalah trah atau keturunan. Sebab, burung dari trah juara lomba, biasanya anakannya mewarisi kemampuan berkicau gacor dan ngekek panjang.

Jadi, apabila ada rezeki coba beli anakan trah juara lomba. Daripada Anda mencari burung ombyokan yang kemungkinan persentasenya 50 : 50. Lebih baik, cari burung trah juara hasil breeding penangkaran ternama.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!