25 Cara Membuat Lovebird Anteng di Tangkringan

Burungnya.comLovebird yang anteng atau nagen di tangkringan sambil ngekek panjang mempunyai nilai lebih saat lomba. Oleh karena itu, banyak kalangan kicau mania yang menginginkan Lovebird miliknya anteng dan tidak naik turun tangkringan. Namun, bagaimana cara membuat Lovebird anteng di tangkringan dan tidak naik turun atau ngeruji?

Ternyata tidak terlalu sulit, Anda cukup menyemprot tangkringan atau pangkringan dengan sprayer atau semprotan kira-kira 15 menit sebelum Lovebird turun ke lapangan. Penyemprotan kayu tangkringan harus sampai basah. Tujuan agar Lovebird nyaman karena kayu tangkringan yang basah mempunyai sensasi sejuk dan dingin.

Jika tangkringan Lovebird Anda tidak terbuat dari kayu, maka jangan dipaksakan menggantinya dengan kayu. Anda bisa menyiasati jumlah tangkringannya atau menambah beberapa tangkringan kecil di bagian samping.

Tangkringan Khusus Lovebird Anti Ngeruji

Kalau Lovebird ngeruji dan naik turun tangkringan gimana solusinya?

Loading...

Untuk masalah Lovebird ngeruji, kicau mania bernama Om Kunik pemilik Lovebird Yuni juga pernah mengalaminya. Om Kunik cuma menambah dua tangkringan atau tenggeran di bagian sampingnya.

Tangkringan khusus Lovebird Yuki (omkicau.com)
Tangkringan khusus Lovebird Yuki (omkicau.com)

Tangkringan khusus ini mempunyai panjang 10 cm. Kemudian di selipkan di bagian samping sampai terlihat sudut segitiga. Dengan penambahan dua tangkringan pendek tadi, Lovebird Yuni yang awalnya ngeruji jadi tidak pernah ngeruji dan stabil di jalur juara.

Berbicara tentang tangkringan ada beberapa jenis bahan yang sering dipakai untuk tangkringan atau tenggeran Lovebird, di antaranya sebagai berikut:

  • Tangkringan plastik
  • Tangkringan cetak
  • Tangkringan logam atau metal
  • Tangkringan kayu amplas
  • Tangkringan kayu asem
  • Tangkringan kayu jambu air
  • Tangkringan kayu jambu klutuk
  • Tangkringan kayu nangka

Beberapa tangkringan kayu tadi tidak mengeluarkan bau menyengat, sehingga aman untuk pernapasan burung Lovebird. Selain itu, jumlah tangkringan dalam satu kandang, ada baiknya lebih dari satu, supaya Lovebird lebih leluasa bergerak hinggap dari tangkringan satu ke tangkringan lainnya. Hal ini juga membantu agar Lovebird tidak turun ke bawah tebok.

Baca juga: 12 Perbedaan Lovebird Tipe Panas dan Lovebird Tipe Dingin

Ukuran Tangkringan Lovebird

Kalau untuk tangkringan, sebaiknya ukurannya menyesuaikan kaki Lovebird. Biasanya diameter tangkringan yang pas sekitar 19-22 mm atau disesuaikan dengan kaki burung Lovebird seperti yang disadur dari Mediaronggolawe.id (28/4/2016).

Jika tak bisa diukur secara pasti, Anda bisa mengira-ngira ukuran kaki Lovebird. Yang penting, jari-jari tidak saling bersentuhan saat dia sedang mencengkeram tangkringan.

Posisi Tangkringan Lovebird

Posisi tangkringan atas bawah (klubkicau.com)
Posisi tangkringan atas bawah (klubkicau.com)

Oh iya, posisi tangkringan juga penting agar Lovebird tidak turun tebok atau nebok. Caranya, berikan dua tangkringan dalam satu sangkar, kemudian atur dalam posisi menyilang. Kalau sudah begini, Lovebird pasti lebih anteng di tangkringan atas ketimbang bawah.

Namun, jika suara atau power Lovebird tidak keluar setelah diberi tangkringan menyilang, Anda harus mengevaluasi lagi. Pasalnya, ada kemungkinan Lovebird tidak nyaman dengan posisi tangkringan, sehingga Lovebird jadi macet bunyi.

Baca juga: 12 Cara Mengembalikan dan Menambah Durasi Ngekek Lovebird Ala Om Sigit WMP

Untuk menyiasatinya, tangkringan tetap dua buah, tetapi ditata berjajar atas bawah. Sehingga Lovebird tetap bisa naik turun antar tangkringan tetapi tidak terlalu sering.

Sebenarnya ada cara lain untuk membuat Lovebird anteng di tangkringan, yaitu dengan memberikan sesuatu yang ditakuti Lovebird. Jadi, misalnya Lovebird takut dengan benda-benda runcing atau benda yang berwarna cerah, maka masukkan benda tersebut ke lantai sangkar. Tujuannya, biar Lovebird tidak turun ke bawah tebok atau ngelantai dan selalu nagen di tangkringan.

Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan atau Nebok

  1. Bagian bawah sangkar diberi bola warna-warni.
  2. Bagian lantai sangkar diberi karet pentil atau karet gelang.
  3. Tangkringan Lovebird dipasang menyilang.
  4. Bagian tebok diberi es batu kecil-kecil.
  5. Bagian alas sangkar diberi rumput sintentis.
  6. Lovebird diberi ranjau berbentuk duri.
  7. Bagian bawah diberi lilin kecil.
  8. Bagian bawah diberi kipas angin kecil.
  9. Bagian tebok diberi air.
  10. Tebok diberi karpet lalu ditetesi baby oil.
  11. Tebok diberi alas lalu dikasih minyak angin.
  12. Bagian alas sangkar diberi selotip double tape.
  13. Bagian bawah sangkar diberi daun.
  14. Ganti tangkringan karena mungkin tidak nyaman.
  15. Ganti tangkringan yang sesuai ukuran kaki Lovebird.
  16. Ganti bahan atau jenis tangkringan yang disukai Lovebird.
  17. Dasar sangkar disemprot shampo tapi jangan terlalu banyak.
  18. Bagian atas sangkar diberi mika sebagai plafon.
  19. Tangkringan ala Lovebird Kusumo ditata menyilang atas bawah.
  20. Bagian alas sangkar diberi cicak.
  21. Tebok diberi mainan yang berbentuk hewan melata.
  22. Sesuaikan ukuran tangkringan dengan kaki Lovebird.
  23. Tangkringan disemprot air biar dingin.
  24. Saat beli Lovebird baru, maka beli juga tangkringannya.
  25. Sangkar Lovebird ditambah dua tangkringan pendek 10 cm.

Itu tadi beberapa cara membuat Lovebird anteng di tangkringan dan tidak turun ke bawah sangkar. Cara-cara tadi sebagian ada yang terbilang ekstrem atau membahayakan Lovebird. Oleh sebab itu, Anda harus bijak dalam membuat Lovebird nagen di tangkringan.

Di samping itu, Anda sebaiknya juga menyesuaikan karakter Lovebird dan mengetahui apa yang disukai Lovebird. Kemungkinan Lovebird naik turun tangkringan dikarenakan sedang over birahi atau tidak nyaman dengan sangkar dan tangkringan.

Faktor penyebabnya sangat banyak, maka dari itu Anda harus mengamati dulu kondisi Lovebird setelah diberi perlakuan. Bisa jadi cara-cara tadi cocok dengan Lovebird tertentu, tapi tidak cocok di Lovebird lain. Semua hal tersebut tergantung kondisi dan masalah Lovebird.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Sangkar Burung Kotor, Bau, Berkarat, dan Jamuran

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang sedang mengalami masalah yang sama. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • agar lovebird anteng di tangkringan
  • benda yang ditakuti lovebird
  • cara livebird anteng di tangkringan
  • cara membua burung lb anteng
  • cara membuat lb anteng di tangkrinngan
  • cara membuat love bird tenang
  • Cara Membuat Tenang lo
  • supaya lb anteng di tangkringan
  • Tips agar lovebir anteng di tangkringan

Berikan komentar