12 Cara Mengembalikan dan Menambah Durasi Ngekek Lovebird Ala Om Sigit WMP

Burungnya.com – Saat ini, lagi musim Lovebird ngekek panjang. Dikatakan panjang karena durasi ngekeknya bisa bermenit-menit. Bahkan, belum lama ini Lovebird Mbah Marijan kalau tidak salah suara ngekeknya sudah mendekati 10 menit.

Mungkin Anda tak percaya, ada Lovebird ngekek panjang hingga 10 menit. Tapi Anda harus ingat, di atas langit masih ada langit. Artinya, Lovebird yang Anda kira ngekeknya sudah panjang hingga 5 menit, seperti Lovebird Marco.

Baca juga: Lovebird Marco Ngekek Panjang 5 Menit 25 Detik Tanpa Putus, Ini Videonya

Itu belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Lovebird Mbah Marijan. Namun, ini hanya asumsi sementara saja. Soalnya, belum tentu Lovebird Mbah Marijan bisa setiap hari ngekek panjang hingga 10 menit. Begitu pula dengan Lovebird Marco. Mungkin Lovebird Marco tidak selamanya bisa ngekek panjang selama 5 menit.

Sekarang, yang terpenting adalah kestabilan atau konsistensi. Sepanjang apapun suara ngekek Lovebird Anda, kalau hanya sekali dua kali saja, pastinya akan tetap kalah melawan Lovebird fenomenal, seperti Lovebird Kusumo.

Bagaimana tidak, walaupun Lovebird Kusumo ngekeknya tidak sepanjang Lovebird Marco dan Lovebird Mbah Marijan, tapi kestabilan Lovebird Kusumo selama di pertandingan patut diacungi jempol.

Loading...

Baca juga: 7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Lovebird Kusumo mampu mengikuti hampir semua sesi dalam suatu perlombaan kicau burung. Hebatnya lagi, Lovebird Kusumo selalu meraih juara.

Nah, Lovebird seperti ini yang dicari-cari kicau mania, yaitu Lovebird yang stabil ngekek panjang, konslet, gacor, dan ngedur di lapangan.

Masalahnya, tidak semua orang bisa mencetak Lovebird seperti Kusumo. Meskipun Om Sigit WMP sang pemilik Lovebird Kusumo sudah sering berbagi tips perawatan Lovebird. Namun, belum ada yang mampu mengikuti jejak Lovebird Kusumo.

Walau begitu, tak ada salahnya mencoba tips-tips perawatan Lovebird Kusumo yang diberikan oleh Om Sigit WMP Klaten.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Kali ini, pemilik Lovebird Kusumo akan berbagi tentang tips menambah durasi suara ngekek Lovebird.

Om Sigit membagikan tips rahasianya ini karena banyak sekali kicau mania yang mengalami masalah serupa. Lovebird yang dulunya ngekek panjang, sekarang ngekeknya menjadi pendek.

Penyebab durasi suara ngekek Lovebird berkurang

Penyebab penurunan durasi ngekek Lovebird ada beberapa faktor di antaranya, mabung atau ganti bulu, birahinya masih tinggi, dan kemasukan suara masteran burung Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon.

Cara mengembalikan durasi ngekek Lovebird

  1. Setelah mabung selesai atau saat bulu Lovebird sudah bagus lagi, burung cukup diberi pakan milet putih saja. Ini dilakukan selama satu sampai dua minggu.
  2. Setiap pagi Lovebird diembunkan, kemudian Lovebird juga diumbar selama 20-30 menit. Proses pengumbaran dilakukan dua kali dalam seminggu.
  3. Pada pagi hari, Lovebird dijemur maksimal 30 menit sebelum jam 8 pagi.
  4. Pada saat siang hari, Lovebird tidak perlu dikerodong. Lovebird disimpan di lokasi yang udaranya sejuk atau tempat yang sirkulasi udaranya lancar.
  5. Pada malam hari, setelah solat Magrib, Lovebird dikerodong. Tapi sebelum dikerodong, Lovebird disemprot sekali dua kali pada bagian dadanya atau Lovebird dianginkan semenit dua menit kemudian langsung dikerodong. Terapi ini dilakukan untuk menurunkan birahi setelah ganti bulu biar durasi ngekek Lovebird kembali seperti semula.

Cara menambah durasi ngekek Lovebird

  1. Setiap pagi Lovebird diembunkan dan diumbar dua kali dalam seminggu, durasinya 20-30 menit. Proses ini dilakukan sebelum matahari terbit.
  2. Setelah itu, Lovebird diambil dari kandang umbaran dengan cara dipegang terus langsung disemprot bagian dadanya. Kemudian masukkan Lovebird ke dalam sangkar harian.
  3. Lalu, Lovebird dijemur sebentar sekitar 15-20 menit dan dilanjutkan dengan proses mandi. Lovebird bisa dimandikan atau biarkan dia mandi sendiri.
  4. Tunggu sampai bulu Lovebird mengering. Kalau bulu sudah mengering, Anda bisa langsung menjemur Lovebird. Mengapa bulu Lovebird tidak dikeringkan saat dijemur? Kata Om Sigit, bulu Lovebird yang masih basah kalau langsung dijemur, efeknya bulu menjadi mudah rusak, kestabilan kinerjanya berkurang, dan bulu Lovebird mudah jatuh.
  5. Perawatan Lovebird harian dimaster dengan suara Kenari standar kecil atau didampingi dengan burung Kenari yang hidup. Jarak burung Kenari dengan Lovebird sekitar 2-3 meter. Oh iya, kalau siang Lovebird tidak perlu dikerodong.
  6. Usahakan Lovebird tidak kemasukan masteran suara burung Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon. Sebab, suara burung Ciblek membuat suara Lovebird menjadi ngumpul dan tidak bisa menambah durasi.
  7. Kalau bisa Lovebird dikasih masteran burung Cucak Jenggot untuk membantu Lovebird mengambil napas. Terakhir, tambahkan suara materan burung Cililin, Sogok Ontong, Walang Kecek, dan Belalang Raja.

Demikian cara menambah durasi ngekek Lovebird Kusumo ala Om Sigit WMP. Satu hal yang harus Anda perhatikan, jangan pernah menggunakan suara masteran burung Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon. Pasalnya, suara masteran burung tersebut bisa mengurangi durasi ngekek Lovebird dan sulit menambah durasinya lagi.

Baca juga: Inilah Suplemen yang Menjadikan Lovebird Kusumo Ngekek Panjang

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video yang disampaikan langsung oleh Om Sigit WMP.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke kicau mania lainnya. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara mengembalikan durasi lovebird
  • cara memperpanjang ngekek lovebird
  • cara membongkar durasi lovebird
  • cara menambah durasi ngekek lovebird paud
  • perawatan lovebird setelah mabung
  • cara menambah durasi ngekek lovebird
  • cara menambah durasi lb
  • cara memoerpanjang durasi lb
  • cara menambah durasi ngekek labed ijo
  • Cara menambah durasi love bird

Comment here