8 Cara Mengatasi Kucing Patah Tulang Kaki sampai Sembuh

Burungnya.com – Kucing yang sehat selalu aktif dan tidak mau diam. Apalagi kalau kucing dibiarkan main di luar rumah, pastinya akan sangat aktif sekali. Sayangnya, hal tersebut bisa berbahaya karena kucing berisiko ditabrak atau mengalami kecelakaan.

Kalau kucing sudah kecelakaan di jalan atau mungkin ditabrak. Pasti kebanyakan dari mereka langsung mati. Kalau pun berhasil selamat, biasanya kucing patah tulang kaki.

Bagian tubuh yang paling rentang tertabrak dan terluka adalah kaki. Jika tulang kaki kucing sudah patah, biasanya membutuhkan waktu untuk menyembuhkannya.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

Anda yang kena musibah tersebut harus belajar cara mengatasi kucing patah tulang kaki agar tidak salah dalam penanganan.

Cara Mengatasi Kucing Patah Tulang Kaki

Tips Mengatasi Kucing Patah Tulang Kaki (coventrytelegraph.net)
Tips Mengatasi Kucing Patah Tulang Kaki (coventrytelegraph.net)

1. Mengenal Gejala Kucing Patah Tulang

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan gejala yang diperlihatkan oleh kucing Anda. Biasanya kucing akan menyembunyikan rasa sakit tersebut. Sehingga Anda mungkintidak tahu bahwa kucing anda sedang patah tulang.

Gejala yang timbul akibat patah tulang ini bervariasi. Ada kucing yang jadi sering merintih, meraung, tidak mau makan, tidak bisa membersihkan tubuhnya, gusi pucat, napas cepat, dan kesulitan berjalan.

2. Kucing Pincang

Kalau sedang patah tulang kaki, kaki kucing akan sakit. Cara berjalannya menjadi tidak normal. Kemungkin langkah kucing menjadi pincang. Dia sulit berdiri dan menahan tubuhnya terlalu lama.

Kucing jadi sulit berjalan dan terlihat kakinya ditekuk terus menerus. Kaki yang patah juga akan diangkat terus karena bila menapakkan kaki di tanah akan terasa sakit.

3. Periksa Area Kaki yang Sakit

Jika kucing terlihat pincang, periksa bagian kaki kucing yang sakit. Apakah kaki kucing bengkak, terlihat menonjol, patah, kulit terkelupas, dan lain sebagainya.

Jika terdapat bagian kulit yang mengelupas atau patah, segera bawa kucing ke dokter hewan. Sebab, patah tulang bila tidak segera diobati, nanti akan tumbuh daging baru sehingga mengganggu saraf dan mengganggu fungsi kerja kaki.

Nanti ada kemungkinan jalannya kucing menjadi tidak normal. Hal tersebut berlangsung lama dan permanen sampai tua.

Baca juga: 8 Kesalahan Merawat Kucing yang Harus Diubah

4. Tutup Luka Kaki

Apabila kaki kucing patah dan kondisi lukanya menganga. Anda harus segera menutup luka tersebut dengan perban atau kasa kain yang bersih. Balut lukanya tapi tidak terlalu ketat.

Tujuannya agar kaki kucing tidak infeksi. Jadi tujuan utama memang membuat kaki kucing tetap steril sampai dia benar-benar mendapat perawatan dokter.

Yang penting menutupi saja, jangan coba-coba mengembalikan tulang kucing yang patah pada kondisi semula. Bisa saja hal tersebut menyakiti kucing.

Kucing juga mungkin berontak sehingga balutan yang kuat tadi justru membuat tulangnya tambah parah.

Loading...
Cara Mengatasi Kucing Patah Kaki (pinterest.com)
Cara Mengatasi Kucing Patah Kaki (pinterest.com)

5. Jelaskan Proses Terjadinya Patah Tulang ke Dokter

Rasa sakit kucing bisa jadi tidak hanya bersumber dari patah tulang kaki saja. Anda harus menjelaskan kepada dokter hewan, bagaimana kronologi kucing bisa kesakitan karena patah tulang.

Ada kemungkinan rasa sakit tersebut diderita karena bagian tubuhnya lain juga terluka. Bisa jadi, kucing mengalami pendarahan internal dan kerusakan organ lain.

Kalau sudah dikasih tahu kronologinya, dokter akan lebih memahami status dan kondisi kucing tersebut. Jika secara kasat mata lukanya tidak terlihat, nanti dokter akan melakukan tes scan sinar x dan ultrasound.

Baca juga: 18 Klinik dan Dokter Hewan di Surabaya Buka 24 Jam

6. Perawatan Patah Tulang

Jika diagnosis dokter hewan benar-benar patah tulang kaki saja, berarti Anda tinggal menentukan perawatan patah tulang tersebut. Apakah nanti kucing mendapatkan perawatan operasi, gips, splint, atau cuma istirahat saja.

7. Batasi Aktivitas Kucing

Kucing yang awalnya aktif tentu sekarang menjadi pasif. Mungkin kucing akan berusaha untuk aktif kembali. Hal tersebut kurang disarankan karena bisa menyakiti kucing.

Oleh sebab itu, segera carikan kandang kucing yang besar. Tujuannya agar aktivitas kucing lebih mudah terpantau dan aktivitasnya bisa dibatasi. Sehingga kucing bisa beristirahat dengan tenang.

Cara Mengatasi Kucing Patah Tulang Kaki (the-sun.com)
Cara Mengatasi Kucing Patah Tulang Kaki (the-sun.com)

8. Ganti Perban Kucing

Perban kucing dalam beberapa hari pasti kotor karena aktivitas atau mungkin terkena kotorannya sendiri atau air kencing. Sehingga Anda harus konsultasi dengan dokter apakah penggantian perban bisa dilakukan sendiri atau harus dilakukan dokter.

Bisa saja perban yang Anda berikan kurang nyaman, sehingga kucing merasa tersiksa. Jadi lebih baik untuk perban, tanyakan dulu ke dokter agar dokter memberikan contoh cara mengunakannya.

Biasanya bila kondisi luka kucing sudah mengering, maka perban bisa dilepas. Anda tinggal melakukan pemeriksaan secara berkala pasca patah tulang ke klinik atau dokter hewan.

Penyembuhan patah tulang kucing muda bisa berlangsung 2-4 minggu. Kalau kucing dewasa waktu penyembuhan lukanya bisa lebih lama lagi, yakni 8-12 minggu.

Baca juga: 5 Mitos Menabrak Kucing Kena Sial Sakit sampai Mati

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi kucing patah tulang kaki. Yang pertama memang harus memahami kondisi kucing dan mengetahui lokasi luka patahnya. Cari tahu juga apakah ada luka di tempat yang lain.

Bisa jadi ada luka kucing yang tidak terlihat dan lebih parah dari kelihatannya. Untuk memastikannya Anda bisa membawa kucing ke klinik atau dokter hewan.

Dokter akan melakukan pemindaian seluruh bagian tubuh kucing dengan sinar X. Ini untuk memastikan bahwa bagian tubuh kucing yang lain dalam kondisi sehat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!