3 Cara Mengobati Kucing Cacingan secara Alami

Burungnya.com – Kucing yang sedang cacingan harus segera mendapatkan pengobatan. Namun, karena mendesak, terkadang pemilik kucing tidak bisa pergi ke pet shop atau klinik dokter hewan. Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengobati kucing cacingan?

Gampang, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati kucing cacingan. Sekarang, pengobatan alternatif sudah banyak yang menggunakan bahan alami dan tradisional.

Sekarang giliran Anda untuk mencoba mengobati kucing yang sedang cacingan dengan metode alami. Mungkin selama ini kucing Anda cuma diberi obat cacing drontal atau combantrin.

Baca juga: Obat Cacing Combantrin Anak Untuk Kucing Aman atau Tidak?

Itu sudah biasa dan tentu mujarab dalam mengobati kucing cacingan. Namun, bila kondisinya mendesak dan Anda tidak bisa keluar rumah, salah satu alternatifnya bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, karena alami, mungkin waktu kerja obat dalam menyembuhkan kucing jadi agak lama. Berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, maka hasilnya bisa dilihat secara instan.

Obat Combantrin Anak untuk Kucing Cacingan (halodoc.com)
Obat Combantrin Anak untuk Kucing Cacingan (halodoc.com)

Obat Kucing Cacingan Alami

1. Nanas

Tahukah Anda, ternyata nanas mengandung bromelain yaitu sejenis enzim yang dapat mematikan berbagai jenis cacing dalam tubuh kucing.

Pemberian nanas pada kucing bisa secara langsung atau dibuat jus dulu. Biasanya setelah kucing makan nanas, nanti kucing akan mengeluarkan kotoran seperti cacing mati.

Baca juga: 17 Obat Cacing untuk Kucing dan Ciri Kucing Cacingan

Setelah tahap ini kucing jadi ceria dan nafsu makan bertambah. Jadi, mengapa harus menunggu kondisi kucing semakin parah. Lebih baik segera lakukan pengobatan secara alami.

Sampai kapan kucing makan nanas? Tentu saja sampai kotoran kucing mengeluarkan cacing-cacing mati.

Cara Bikin Kucing Jadi Gembul (youtube.com)
Cara Bikin Kucing Jadi Gembul (youtube.com)

2. Biji Pepaya

Tidak banyak yang tahu bahwa biji pepaya dapat dijadikan bahan alami untuk mengobati kucing cacingan. Nah, di dalam biji pepaya terdapat carpaine, caricin, dan sitosterol.

Biji pepaya terbukti mampu membunuh cacing dan telur cacing di tubuh kucing. Apabila tubuh meradang akibat cacing, biji pepaya bisa membantu menghilangkan cacing tersebut.

Loading...

Untuk pembuatannya, Anda bisa mengerikan biji pepaya. Kemudian biji pepaya yang sudah kering dihancurkan atau ditumbuk sampai halus. Campurkan bubuk biji pepaya ke dalam air hangat lalu saring ampasnya.

Baca juga: Obat Cacing Kucing Drontal Cat dan Dosis Pemberian yang Benar

Air tadi dicampur lagi dengan madu agar tidak terlalu pahit. Untuk pemberian air biji pepaya ini cukup 2-3 hari sekali di malam hari. Jika cacing sudah mati dan nafsu makan kucing kembali normal, segera hentikan pemberian air campuran biji pepaya.

Pahala Memelihara Kucing dalam Islam (pinterest.com)
Pahala Memelihara Kucing dalam Islam (pinterest.com)

3. Biji Labu

Tidak hanya biji pepaya saja, ternyata biji labu juga dapat mengatasi kucing cacingan. Ini karena biji labu mengandung cucurbitacins yang dapat melemahkan cacing mulai dari telur sampai induknya.

Perlu Anda ketahui, biji labu dapat mematikan parasit dan membuangnya lewat kotoran kucing. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba mengobati kucing cacingan memakai biji labu, Anda bisa menghaluskan biji labu terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Cara Bikin Kucing Jadi Gembul Selain dari Makanan

Selanjutnya campurkan serbuk biji dengan air hangat. Agar rasanya tidak pahit, tambahkan madu. Pemberian ramuan biji labu ini dapat diminumkan 2-3 hari sekali sampai kucing benar-benar sembuh.

Cara Membersihkan Kotoran Kucing di Lantai Rumah (kitty-cats.blog)
Cara Membersihkan Kotoran Kucing di Lantai Rumah (kitty-cats.blog)

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menyembuhkan kucing cacingan secara alami. Sejauh ini cuma itu saja cara alami yang kami ketahui. Apabila cat lovers mempunyai cara yang lebih ampuh, bagikan ilmu kalian melalui kolom komentar.

Kami sangat menghargai sekecil apapun ilmu. Sehingga pasti komentar dari Anda akan kami nantikan dan pasti kami publikasikan dalam artikel terkait. Nanti bila banyak ilmu dari para pembaca, pasti akan kami rangkum menjadi artikel yang baru.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...
error: Dilarang Copy Paste!!