Sayap Lovebird Turun Sebelah (pinterest.com)

5 Cara Mengobati Sayap Lovebird Turun Sebelah

Burungnya.com – Lovebird tergolong burung yang lemah. Sayap burung Lovebird sering sekali mengalami penurunan sebelah. Hal ini karena kurangnya perawatan burung Lovebird atau penyakit yang dinamakan nyengklek. Penyakit nyengklek merupakan kondisi di mana burung sedang menurunkan satu atau kedua sayapnya.

Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan Lovebird sedang nyengklek atau satu sayapnya turun. Dari ciri yang disampaikan ini semoga Anda mendapat gambaran bagaimana mengobatinya. Pasalnya, tidak semua sayap Lovebird turun merupakan penyakit. Bisa juga burung memang mempunyai kebiasaan menurunkan sayapnya.

Ciri Sayap Lovebird Turun

1. Aktivitas Seperti Biasa

Burung Lovebird yang tetap beraktivitas seperti biasa walau sayapnya turun sebelah, kemungkinan burung ini hanya mengalami cedera ringan. Cedera ini bisa berupa sayap memar atau keseleo akibat benturan benda keras di dalam sangkar. Contoh burung sering menabrak jeruji atau menabrak cepuk pakan minum burung.

2. Sayap Turun Sebelah dan Malas Beraktivitas

Sebagian burung Lovebird mungkin sayapnya turun dan mengembang. Ini karena persendian di sayapnya patah. Persendian sayap patah dapat menjadikan Lovebird terlihat menurunkan sayapnya. Penyebab kondisi karena koksidiosis dan lain-lain.

3. Satu Sayap Turun Tapi Masih Aktif

Kalau burung sayapnya turun sebelah, tapi masih aktif, berarti Lovebird kekurangan vitamin. Selain kekurangan vitamin, bisa juga burung terkena penyakit kista bulu atau infeksi pada bagian pangkal sayap.

4. Sayap Turun Sebelah Setelah Mabung

Burung yang habis mabung atau ganti bulu, terkadang sayapnya diturunkan sebelah. Hal semacam ini tergolong wajar dan Anda tidak perlu khawatir. Seiring bertumbuhnya bulu burung, maka sayap Lovebird akan normal kembali.

Cara Mengobati Sayap Lovebird Turun (detik.com)
Cara Mengobati Sayap Lovebird Turun (detik.com)

Cara Mengobati Sayap Lovebird Turun Sebelah

Setelah mengetahui berbagai ciri Lovebird yang sayapnya turun sebelah, Anda seharusnya sudah memahami pengobatan apa yang perlu diberikan. Penanganan yang tepat untuk Lovebird seperti ini yaitu dengan cara mengobati sesuai dengan ciri atau penyebabnya tadi.

1. Sayap Lovebird Turun Karena Keseleo

Untuk Lovebird yang keseleo, cedera, memar, atau patah tulang, maka penanganannya harus khusus. Contohnya, sayap burung Lovebird yang turun disangga dengan tali atau diikat ke tempat semula agar posisi sayapnya normal lagi. Selain itu, sayap diolesi minyak tawon dan dipijat pelan-pelan.

Loading...

2. Sayap Burung Lovebird Patah karena Koksidiosis

Burung Lovebird yang sayapnya patah tergolong kondisi yang parah dan serius. Kemungkinan besar, sayap yang patah tidak bisa normal kembali. Anda bisa memeriksakan burung ke dokter hewan dan diberi obat-obatan. Setelah itu, berikan makanan bergizi, kaya nutrisi, dan tambahan vitamin agar kondisinya cepat pulih.

3. Sayap Lovebird Turun karena Kurang Vitamin

Kalau penyebabnya karena kekurangan vitamin, berarti burung harus diberi vitamin dan suplemen. Tambahkan pula makanan bergizi dan bernutrisi agar proses penyembuhan sayap yang turun sebelah lebih cepat.

4. Sayap Burung Turun Sebelah karena Mabung

Penyebab sayap Lovebird turun sebelah sudah diketahui karena mabung. Solusinya tunggu sampai bulu tumbuh dengan normal. Rontokkan semua bulu yang lama agar segera tumbuh bulu yang baru. Pemberian pakan tambahan dihentikan dulu dan tempatkan burung di tempat yang sunyi serta full kerodong.

5. Bulu Sayap Turun karena Digigit Hewan Lain

Jika sayap Lovebird turun karena digigit hewan lain, semisal tikus, maka pengobatan pertama adalah menutup luka. Ya, luka pada sayap harus dibersihkan dulu, kemudian diberi obat merah, dan ditutup dengan hansaplast atau plester.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengobati sayap Lovebird turun sebelah. Jadi, setiap sayap Lovebird turun bukan berarti terkena penyakit atau patah tulang. Ada penyebab lain yang perlu diperhatikan sehingga perawatan Lovebird bisa tepat dan penyembuhan lebih cepat.

Baca juga:

Jangan asal mengobati burung yang sayapnya turun dengan pengobatan tradisional. Anda harus mengetahui penyebabnya dulu supaya penanganan lebih akurat. Salah dalam perawatan Lovebird bisa berakibat fatal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • sayap burung turun sebelah
  • Mengobati sayap lovebird turun
  • cara mengobati patah sayap burung dekukur
  • obat sayap burung turun sebelah
  • Cara mengatasi burung sayap turun
  • cara mengatasi sayap burung turun
  • cara mengobati sayap lovebird bengkak
  • sayap lovebird turun
  • cara ngobati kovebird yg luka
  • kenapa kok sayap burung labet turun sebelah kanan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!