10 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gacor dan Rajin Bunyi

10 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Burungnya.comBurung Kenari banyak dipelihara karena termasuk burung yang mudah dalam hal perawatan dan jumlahnya cukup banyak di Indonesia. Kalau Anda ingin Kenari gacor dan rajin bunyi, sebaiknya Anda harus merawatnya sejak masih anakan atau bakalan. Bagaimana cara merawat Kenari Bakalan agar gacor dan rajin bunyi?

Perawatan Kenari tidak sesulit yang dibayangkan karena walau Anda bukan termasuk kicau mania sekalipun, Anda masih bisa merawat Kenari bakalan dengan baik dan benar. Yang terpenting, Anda harus memperhatikan cara memberikan makanannya, jenis pakan, perawatan standar, pemasteran, dan lain-lain, seperti yang disadur dari Omkicau.com (27/8/2016).

Dari semua faktor perawatan tadi, Anda sebisa mungkin harus mempunyai burung Kenari yang sudah bunyi. Setidaknya, sejak masih bakalan atau anakan, burung tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda gacor atau ngriwik. Jika burung Kenari hanya diam saja, kemungkinan agak sulit untuk menjadikannya gacor dan rajin bunyi.

Baca juga: 4 Racikan Minuman Kenari Biar Cepat Gacor dengan Daun Mengkudu

Cara Merawat Kenari Bakalan

Kenari Gacor dan Rajin Bunyi (thesprucepets.com)
Kenari Gacor dan Rajin Bunyi (thesprucepets.com)

1. Beri Pakan Secukupnya

Kenari tidak perlu diberi banyak pakan karena justru akan membuatnya gemuk atau obesitas. Lebih baik berikan pakan biji-bijian dalam takaran yang tepat, misalnya 1/3 cepuk pakan. Soalnya, pakan berlebihan justru membuat Kenari sering terkena penyakit.

2. Kenari Diberi Pakan Buah dan Sayur

Burung Kenari membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi, seperti buah dan sayuran. Ini termasuk pakan tambahan atau EF yang baik untuk Kenari. Cara pemberiannya, buah dan sayuran dipotong kecil-kecil dan dicampur jadi satu, kemudian dimasukkan dalam cepuk tersendiri.

Baca juga: Cara Ternak Kenari Agar Hasil Anakan Jantan, Kawinkan Sore Hari

3. Pakan Tambahan Egg Food

Tak hanya buah dan sayur, burung Kenari juga membutuhkan gizi tambahan dari Egg Food atau soft food. Apa itu egg food? Bagi yang belum tahu, egg food adalah potongan telur rebus yang diberikan langsung ke burung Kenari atau dicampur dengan makanan lain.

Pemberian egg food bisa dilakukan beberapa hari sekali sebagai pengganti pakan utama. Kalau tak mau diganti, campur saja egg food dengan pakan utama berupa biji-bijian.

Perawatan Kenari Gacor (videoblocks.com)
Perawatan Kenari Gacor (videoblocks.com)

4. Dikasih Pakan Daun-daunan Hijau

Semua pakan alami pasti mempunyai dampak bagus bagi Kenari. Nah, salah satu makanan tersebut bisa didapat dari daun-daunan hijau. Ya, daun-daunan seperti tanaman krokot, mengkudu, dan sebagainya dipercaya mampu membuat suara kenari menjadi lebih jernih atau kristal. Selain itu, Kenari menjadi gacor dan rajin bunyi.

Baca juga: 10 Kesalahan dalam Merawat Kenari yang Menyebabkan Sakit

5. Perawatan Standar Kenari

Apa saja perawatan standar burung Kenari? Yang dimaksud perawatan standar di antaranya mandi, jemur, dan membersihkan sangkar.

Sama seperti burung lainnya, perawatan seperti ini wajib dilakukan setiap hari agar kesehatan burung Kenari selalu terjaga. Intinya, burung Kenari harus dimandikan, kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Saat dimandikan, Anda bisa sekalian membersihkan sangkarnya.

Loading...

6. Suplemen Kenari agar Gacor dan Rajin Bunyi

Makanan Kenari cukup banyak, mulai dari biji-bijian, daun-daunan hijau, hingga egg food. Namun, jangan lupa tambahkan pula suplemen yang menjadikan Kenari lebih aktif dan rajin bunyi.

Suplemen tambahan Kenari cukup banyak dijual di kios-kios burung. Anda dapat memilih salah satu yang menurut Anda berkhasiat dan ramah kantong.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari yang Jarang Diketahui

7. Pemasteran Kenari

Setelah memberikan makanan dan asupan yang bergizi, sekarang tiba saatnya untuk melakukan pemasteran Kenari. Sebaiknya, proses pemasteran dilakukan saat Kenari masih bakalan atau anakan karena memorinya masih fresh sehingga lebih mudah mengingat suara isian.

Suara masteran burung yang dipilih di antaranya burung yang suaranya ngerol atau nembak. Anda bisa menggunakan suara burung sungguhan yang sudah jadi atau memakai audio dari aplikasi suara masteran dan YouTube.

Cara Membuat Kenari Rajin Bunyi (videoblocks.com)
Cara Membuat Kenari Rajin Bunyi (videoblocks.com)

8. Membuat Kenari Nyaman

Bagaimana cara membuat Kenari nyaman sehingga mau berkicau gacor dan rajin bunyi? Ternyata caranya mudah, karena berkaitan dengan perawatan sehari-hari.

Mulai dari memperhatikan pakan dan minum, termasuk kebersihan dan ketersediaannya setiap hari. Menjaga kebersihan kandang Kenari dari bakteri dan parasit.

Perhatikan pula tempat menggantang Kenari. Kalau bisa pilih yang udaranya bersih dan sejuk. Jangan diletakkan di area yang banyak polusi, seperti tempat merokok, asap pabrik, atau pinggir jalan yang banyak asap knalpot kendaraan.

Jauhkan burung dari ruangan ber-AC atau ruangan dingin yang secara langsung terkena udara dingin dari kipas angin, blower atau kompresor AC. Selain itu, menggantung burung di tempat lembab juga membuat burung malas berbunyi.

Jaga burung Kenari dari gangguan hewan lain, seperti kucing, ular, tikus, semut, dan hewan pengganggu lainnya.

Kalau Anda mempunyai beberapa burung lain di rumah, sebaiknya jangan didekatkan dengan burung berkharakter suara keras dan fighter. Sebab, hal tersebut dapat membuat mental burung drop.

Baca juga: 22 Makanan Kenari Biar Gacor Keras dan Ngerol Panjang

9. Pelihara Kenari Lebih dari Satu

Burung Kenari suka hidup dengan burung Kenari lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus memelihara burung Kenari lebih dari satu. Hal ini tentu bisa menyemangati burung Kenari yang satu dengan Kenari lainnya agar berkicau bersahut-sahutan.

Anda bisa meletakkan burung Kenari di tempat yang berjauhan. Namun, burung masih bisa mendengar suara burung lain. Dengan demikian, mereka akan berkicau bersamaan seperti sedang memanggil satu sama lain.

10. Beli Kenari yang Sudah Berusaha Belajar Bunyi

Kenari bakalan yang sudah bunyi memang sulit ditemukan. Namun, jika dilihat dari tanda-tandanya atau karakternya pasti cukup banyak. Jadi, pilih saja burung Kenari yang terlihat aktif dan mulai berusaha belajar bunyi.

Burung-burung seperti ini mudah dilakukan pemasteran dan kemungkinan besar cepat gacor serta rajin bunyi. Kalau Anda tidak sabar merawat Kenari bakalan, Anda bisa langsung membeli Kenari muda yang berusia sekitar 5-6 bulan. Namun, belilah Kenari yang sudah bunyi dan gacor.

Baca juga: 7 Cara Menambah Volume Kenari Menjadi Lebih Keras

Demikian cara merawat Kenari bakalan agar gacor dan rajin bunyi. Dari semua perawatan tadi, yang terpenting memang pemberian pakan sehari-hari. Jadi, perhatikan jenis makanan yang diberikan ke burung Kenari. Semakin bagus pakannya, maka Kenari akan semakin mudah gacor dan rajin bunyi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara merawat knari pau
  • cara merawat kenari bakalan biar rajin bunyi
  • perawatan kenari paud
  • perawatan kenari bahan
  • cara merawat kenari paud
  • cara merawat kenari bahan
  • perawatan kenari muda
  • cara merawat kenari anakan
  • kenari paud
  • cara merawat kenari muda

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!