7 Cara Merawat Lovebird Sistem Tempel Agar Rajin Bunyi

Burungnya.com – Tujuan merawat Lovebird sebenarnya supaya burung rajin bunyi dan gacor. Sehingga banyak sekali perawatan burung Lovebird di kalangan kicau mania.

Nah, berhubung semua perawatan bertujuan agar Lovebird ngekek panjang dan gacor, kami juga akan menambah sebuah setingan Lovebird dengan sistem tempel.

Baca juga:

Apa Itu Sistem Tempel?

Anda mungkin penasaran karena dari judulnya sudah perawatan Lovebird sistem tempel. Apanya yang ditempel?

Jadi yang ditempel di sini sebenarnya tidak ada. Kata tempel ini sebenarnya hanya mendekatkan Lovebird lain yang lebih muda atau paud pada burung Lovebird gacoan atau dewasa.

Apabila Anda ingin Lovebird A gacor, Anda bisa mendekatkan beberapa sangkar Lovebird lain (Lovebird B, Lovebird C, dll) yang masih paud.

Tujuannya apa agar Lovebird Anda naik emosinya untuk melawan Lovebird yang lain. Mental Lovebird dewasa tentu lebih besar dibandingkan mental Lovebird paud.

Nanti Lovebird Anda akan lebih percaya diri. Terlebih latihan seperti ini mirip seperti simulasi di gantangan atau lomba.

Setingan Lovebird Sistem Tempel Agar Gacor
Setingan Lovebird Sistem Tempel Agar Gacor

Kelebihan Setingan Lovebird Sistem Tempel

  • Anda bisa melatih Lovebird layaknya sedang di gantangan atau lomba.
  • Bisa untuk Lovebird jantan dan betina dewasa.
  • Cuma butuh Lovebird paud 2-3 ekor.
  • Durasi ngekek Lovebird akan bertambah.
  • Mental Lovebird akan semakin bagus.
  • Lovebird jadi rajin bunyi dan gacor.

Lalu bagaimana perawatan Lovebird sistem tempel yang benar? Sebenarnya yang namanya perawatan burung, tidak ada yang benar dan salah. Sebab, semuanya menyesuaikan karakter Lovebird masing-masing.

Contoh, Lovebird A sukanya diembunkan, tapi Lovebird B lebih suka dijemur. Jadi, perawatan bisa disesuaikan dengan mengurangi durasi embun atau menambah durasi jemur.

Setingan Lovebird Sistem Tempel

1. Pengembunan

Waktu pengembunan, Lovebird gacoan sudah harus ditempel dengan Lovebird paud. Bila Lovebird paud Anda ada dua, berarti Lovebird gacoan ditempatkan di tengah.

Pengembunan Lovebird bisa dilakukan sejak pukul 04.00 – 06.00. Tujuan pengembunan agar Lovebird lebih tenang, tidak stres, pernapasan bagus, tubuh segar, dan menstabilkan birahi.

2. Memandikan Lovebird

Setelah embun, Anda bisa memandikan Lovebird gacoan. Mandinya juga harus Lovebird paud tadi. Prosesnya masih sama, yaitu Lovebird paud ditempel di antara Lovebird gacoan.

3. Jemur Lovebird

Kalau menggunakan sistem tempel, Anda tidak perlu menjemur Lovebird terlalu lama. Penjemuran cukup 15 menit saja tapi dilakukan bersama Lovebird paud.

Mengapa penjemuran sebentar sekali? Alasannya karena Lovebird gacoan Anda nanti bisa over birahi.

4. Angin-anginkan Burung

Burung selanjutnya bisa diangin-anginkan. Lovebird dianginkan di tempat teduh atau di bawah pohon rindang.

Namun, perlu dijaga terus burungnya biar tidak dimakan ular atau kucing. Kalau tidak ada tempat tinggi, Anda bisa menganginkan burung di bawah saja.

Oh iya, saat proses menganginkan burung, coba air minum diganti baru.

Tujuannya agar burung terpancing untuk mandi lagi. Biasanya kalau Lovebird sedang birahi akibat sistem tempel, dia akan tertarik untuk mandi lagi di cepuk minum.

5. Di dalam Rumah

Setelah proses angin-angin selesai, sekarang masukkan burung Lovebird ke dalam rumah. Saat di dalam rumah, burung juga ditempel dengan untulan atau Lovebird paud.

6. Makanan Lovebird

Untuk makanan burung Lovebird cukup milet putih saja. Kalau H-3 gantang, Anda bisa memberinya pakan EF jagung muda. Semoga dengan dua jenis makanan tadi, Lovebird Anda bisa menang lomba.

Kalau Lovebird betina, dikasih jagung manis 2 kali seminggu. Sementara Lovebird jantan, cukup jagung biasa saja.

7. Pisah Tempel

Tidak setiap saat Lovebird harus ditempel dengan Lovebird paud. Dia juga butuh dipisah agar terapi sistem tempel ini berhasil.

Jadi, setiap sore sekitar jam 16.00 – 17.00, burung Lovebird dipisah dan dibiarkan sendiri.

Tujuannya agar mental semakin berani dan birahi naik. Setelah itu, waktu masuk solat Magrib, burung ditempel lagi dengan Lovebird paud.

Perawatan Lovebird Lomba Sistem Tempel

Pada Lovebird sistem tempel yang perlu diperhatikan adalah mental dan birahi. Dua hal ini harus seimbang agar Lovebird tambah fighter dan berani melawan musuhnya.

  • Pada H-3 mulai perhatikan tingkat birahi burung Lovebird.
  • Saat Lovebird birahi tinggi, coba dimandikan malam pada H-1.
  • Kemudian H-2 berikan jagung manis setiap hari.
  • H-1 tambah vitamin yang bisa diberikan untuk Lovebird.
  • Pada hari H, datang lebih awal. Jika kurang 1-2 sesi, segera pisahkan Lovebird paud atau untulan.
  • Di sini Lovebird akan mulai gacor dan puncaknya saat Lovebird naik gantangan.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat Lovebird sistem tempel agar rajin bunyi. Burung Lovebird sebenarnya hewan yang suka berkelompok dan berpasang-pasangan.

Sehingga wajar sistem tempel seperti ini akan lebih banyak berhasil. Burung Lovebird akan bahagia karena mempunyai banyak junior atau teman sepermainan.

Kalau burung bahagia, dia tidak akan stres, mood bagus, dan mental fighter. Performa di lapangan sudah pasti meledak-ledak karena sudah terbiasa latihan dengan burung lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Lb sistem tempel
  • Setingan lb sistem tempel

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.