Cara Merawat Pleci Ombyokan 3 Hari Langsung Bunyi

Burungnya.com – Burung Pleci ombyokan jangan dipandang sebelah mata. Sebab, walau cuma burung ombyokan tapi juga bisa cepat bunyi seperti burung hasil menang lomba. Namun diperlukan perawaratan yang bagus supaya Pleci cepat bunyi dalam 3 hari.

Memang bisa ya burung Pleci ombyokan langsung bunyi? Walau gampang-gampang susah, semua tergantung pada perawatan dan kemampuan burung tersebut.

Bicara tentang perawatan Pleci, tentu tidak terlepas dari yang namanya doping. Dulu doping Pleci beranekaragam, mulai dari ekstrem sampai yang alami.

Nah, sekarang doping burung Pleci ekstrem jarang digunakan karena berbahaya. Burung bisa mati mendadak walau sebelumnya bisa gacor dan ngalas. Selain itu racikan doping Pleci cukup mahal dan menguras kantong.

Sekarang mari ke topik pembahasan perawatan Pleci ombyokan. Jangan berharap lebih pada burung ombyokan karena memang kualitas burung-burung ini sudah disortir lebih rendah daripada burung di sangkar individu.

Jika Anda mendapatkan burung spesial di kandang ombyokan berarti itu rezeki Anda. Mungkin juga ini karena Anda sudah cocok pada burung tersebut, sehingga burung biasa saja bisa menjadi luar biasa di tangan dingin Anda.

Pleci Ombyokan Langsung Bunyi (omkicau.com)
Pleci Ombyokan Langsung Bunyi (omkicau.com)

Cara Merawat Pleci Ombyokan 3 Hari Gacor

Pagi

Setiap pagi sekitar jam 05.00 – 06.00 burung Pleci diembunkan.

Semprot burung sekenanya saja. Yang penting bulu burung basah. Tidak perlu disemprot sampai basah kuyup karena Pleci termasuk burung kecil.

Jemur burung selama 15 menit saja karena Pleci termasuk burung kecil.

Setelah dijemur anginkan sebentar sambil diberi pakan ulat hongkong 3-5 ekor warna putih yang baru ganti kulit. Berikan ulat hongkong langsung di atas voer.

Siang

Tidak perlu dikerodong tapi diterapi dengan suara gemericik air. Anda bisa memakai air pancuran, air kran atau air aquarium.

Pancing Pleci jantan ombyokan bunyi dengan burung Pleci jantan lainnya. Biasanya Pleci yang mudah bunyi selalu Pleci jantan.

Jarak kedua burung sekitar 3-5 meter. Kalau terlalu dekat nanti takutnya salah satunya burung malah drop mental.

Malam

Biarkan burung beristirahat semalaman.

Burung bisa dikerodong atau tidak tergantung kebiasaan.

Loading...

Kalau ingin mandi malam, sebaiknya dilakukan sekitar jam 19.00. Jangan lakukan mandi malam di tengah malam, karena udara terlalu dingin.

Rata-rata dengan perawatan seperti ini burung Pleci ombyokan sudah langsung bunyi. Kalaupun tidak mau bunyi, mungkin burung sedang dalam masalah atau stres.

Tips Menjinakkan Pleci

  • Burung Pleci bisa bila ketemu pasangan.
  • Pleci jinak karena latihan dari pemiliknya.
  • Berikan makanan yang sedikit atau tidak diberi makanan mulai malam sampai pagi hari.
  • Setiap 2 jam sekali diberi makan ulat langsung dengan tangan. Makanannya kalau bisa yang paling disukai burung.
  • Lakukan terus menerus, jangan sampai kelupaan memberi makan.
  • Burung akan merasa ketergantungan dan mencoba meminta makanan kepada Anda.
  • Dari situ burung akan mengikuti Anda ke manapun dan menuruti perintah Anda.
  • Walau kesannya menyiksa, sebenarnya tidak begitu karena ini termasuk latihan penjinakan Pleci.

Kesimpulan

Demikian cara merawat Pleci ombyokan agar cepat bunyi dalam 3 hari. Sebenarnya cukup sulit memberikan jaminan 3 hari langsung bunyi karena setiap burung berbeda.

Ada burung yang pintar dan mudah dirawat. Ada juga burung yang sulit dirawat karena mungkin pernah trauma atau stres pada pemilik sebelumnya.

Baca juga:

Jadi, kenali dulu burung Anda baru nanti bisa memberikan perawatan yang tepat. Jika dalam 3 hari, burung tidak bunyi, mohon dicek kembali jenis kelaminnya, siapa tahu dia betina.

Selain itu, usia Pleci juga penting untuk menentukan cepat lambatnya bunyi. Sebisa mungkin, pilih Pleci ombyokan yang sudah terlihat buka paruh atau ngeriwik. Dengan begitu, burung Pleci akan cepat bunyi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • 1-3 hari ombyokan pleci bunyi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!