14 Fakta Unik Kucing Himalaya dan Cara Merawat

Burungnya.com – Kucing Himalaya merupakan salah satu ras yang cukup populer di kalangan pecinta kucing. Sifatnya yang tenang, manja dan fleksibel menjadi alasan mengapa kucing ini banyak diminati sebagai hewan peliharaan. Tak hanya itu, kucing Himalaya memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan ras lain.

Ya, kucing Himalaya terdengar seperti berasal dari gunung yang tinggi. Namun, Anda nanti akan terkejut setelah mengetahui berbagai fakta tentangnya. Selain itu, ada sisi lain yang menarik dari kucing tersebut. Ini memang bukan kucing sembarangan menurut kami.

Fakta Unik Kucing Himalaya

1. Warna Bulu

Bentuk unik pertama dari kucing Himalaya adalah perubahan warna bulunya. Mereka terlahir berkulit putih karena suhu di dalam rahim tinggi. Namun pada orang dewasa, warna bulu dari daerah yang jauh dari jantung, seperti kaki, tangan, cakar, ekor, mulut, dan telinga, akan berubah menjadi gelap.

Bulu yang lebih gelap dipercaya dapat menyerap dan menahan panas lebih baik daripada bulu yang lebih terang, sehingga lebih mampu menghangatkan bagian ini.

2. Kucing Bukan dari Himalaya

Kucing Himalaya bukan hewan asli Himalaya. Namanya sendiri berasal dari salah satu spesies kelinci yang memiliki kemiripan fisik dengan bulu berwarna gelap pada bagian wajah, kaki dan ekor.

3. Suka Tempat Dingin

Jenis kucing ini cenderung memiliki hidung pesek, yang membuatnya sensitif terhadap panas. Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi, kesehatan pernapasan Anda akan terganggu. Jika Anda memutuskan untuk menyimpannya, sebaiknya siapkan ruangan yang sejuk, ya.

4. Tenang dalam Segala Hal

Himalaya adalah kucing dengan kepribadian yang tenang. Berbeda dengan ras Siam, Himalaya lebih tenang dan suka memanjakan pengasuhnya. Kucing Himalaya juga dikenal ramah, setia, dan penyayang.

Kucing Himalaya Keunikan dan Cara Merawatnya (popsugar.com)
Kucing Himalaya Keunikan dan Cara Merawatnya (popsugar.com)

5. Hasil Silangan Kucing Persia dan Siam

Karakter unik lain dari kucing Himalaya adalah ia berasal dari persilangan ras Persia dan Siam. Pada 1920-an, peternak mencoba mengawinkan kucing Persia dengan pola ala kucing Siam.

Loading...

Namun, baru pada tahun 1957 ras kucing ini dinamai Himalayan dan diresmikan oleh Asosiasi Peternak Kucing.

6. Tak Bisa Lompat

Kucing Himalaya memiliki tubuh yang pendek. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika kucing merobek tirai atau merusak lemari.

Perawakan pendek mereka disebabkan kaki yang lebih kecil dari ras kucing lain. Ini membuatnya tidak bisa melompat tinggi.

7. Kucing Mata Biru

Ada beberapa jenis ras kucing bermata biru, salah satunya adalah kucing Himalaya. Mata biru ini adalah ciri khas kucing Himalaya yang berkilau seperti kristal.

8. Kucing Himalaya Kucing Rumahan

Karakter unik kucing himalaya yang terakhir adalah tidak suka bepergian atau main ke luar rumah. Kucing jenis ini cenderung lebih suka berdiam diri dan bersantai di berbagai sudut rumah.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Perawatan kucing Himalaya sebenarnya sama seperti kucing yang lain. Namun, karena karakter kucing ini spesial, jadi perawatannya harus menyesuaikan dengan dirinya.

  • Kucing Himalaya suka diajak jalan-jalan.
  • Suka diberi tempat yang nyaman, misal kandang beralas lembut.
  • Kucing Himalaya suka temperatur ruangan yang sejuk. Kalau ditempatkan di ruangan panas, dia akan stres dan bulu rontok.
  • Jangan sampai kucing Himalaya dehidrasi.
  • Rajin melakukan grooming pada kucing Himalaya.
  • Makanan kucing harus bernutrisi tinggi.

Kesimpulan

Demikian beberapa fakta unik kucing Himalaya dan cara merawatnya. Kucing ini mempunyai pesona yang berbeda dari kucing kebanyakan.

Baca juga:

Jadi, kalau sedang diajak jalan-jalan, sebaiknya selalu jaga dia agar tidak tergoda sama kucing kampung. Kasihan nanti mereka bisa berkelahi atau mungkin justru kawin sehingga bisa terkena penyakit dari lingkungan sekitar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!