7 Jenis Kucing Persia Terlengkap di Indonesia

Burungnya.com – Salah satu jenis kucing paling lucu di dunia adalah kucing Persia. Kucing ini memiliki ciri khas bulu indah lembut dan sebagian hidung pesek.

Selain dari fisik, karakter kucing Persia memang lucu dan lincah. Jadi, kalau main bersama rasanya seperti main sama anak kecil yang lucu.

Apakah semua jenis kucing Persia sama lucunya? Menurut kami mereka semua lucu. Namun, kembali lagi pada pecinta kucing masing-masing.

Ada yang bilang kucing Persia hidung pesek atau Persia flat nose lucu. Namun, ada juga yang menganggap kucing tersebut terlihat aneh.

Jadi, semua kelucuannya tergantung dari persepsi masing-masing. Kalau kami sendiri sepakat bahwa kucing Persia lucu dan menggemaskan.

Jenis Kucing Persia di Indonesia (thehappycatsite.com)
Jenis Kucing Persia di Indonesia (thehappycatsite.com)

Jenis Kucing Persia

1. Kucing Persia Flat Nose

Tahukah Anda, Persia Flat Nose merupakan salah satu tipe kucing yang populer di kalangan pecinta kucing.

Sama seperti namanya, kucing tersebut mempunyai hidung yang pesek dan kecil. Kalau dilihat sekilas, wajah kucing ini tampak rata atau flat.

Daya tarik kucing ini tidak hanya terdapat pada hidung saja, bulunya juga tebal dan lembut. Oleh karena itu, disarankan Anda sering menyisir, memandikan, atau membawanya ke salon.

2. Kucing Persia Peak Nose

Ada lagi ternyata hidung kucing Persia yang lebih pesek, yaitu Persia Peak Nose. Kucing ini bisa dibilang mempunyai hidung paling pesek, datar, dan kecil. Bahkan, hidungnya cenderung masuk ke dalam.

Jika trah kucing ini benar-benar asli Persia Peak Nose, harganya bisa di atas Rp 10 jutaan. Namun, Anda harus lebih perhatian, karena kucing ini lebih rentang terhadap penyakit.

Anda juga harus sedia payung sebelum hujan, dengan cara memberikan vaksin secara berkala. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

3. Kucing Persia Medium

Namanya kucing Persia medium sudah pasti ukurannya sedang sampai ke medium. Hidungnya tidak pesek dan cenderung normal.

Yang menarik dari kucing ini bukan hidungnya, melainkan bulunya. Sebab, kucing Persia medium mempunyai bulu yang sangat tebal. Anda harus rajin merawatnya karena bulu kucing tersebut mudah rontok dan kotor, apalagi Persia warna putih.

4. Kucing Persia Himalayan

Kalau kucing Persia Himalayan agar sedikit berbeda. Pasalnya, ciri kucing ini memiliki pola gelap di bagian kepala atau wajah.

Loading...

Oh iya, kucing Persia Himalayan juga mempunyai kaki yang cenderung hitam. Apabila Anda merawatnya dengan baik dan benar, maka kucing Himalayan bisa bertahan hidup sampai umur 15 tahun.

5. Kucing Persia Bicolor

Namanya Persia Bicolor, berarti warna bulunya ada dua. Ya benar sekali, kucing ini memang cukup jarang terlihat di publik.

Kucing Persia Bicolor cirinya berpola dengan dua warna yang berbeda. Ada lagi yang menarik, yaitu mata kucing tersebut berwarna keemasan dan membuatnya tampak istimewa.

6. Kucing Persia Tabby

Untuk Persia Tabby lebih ke karakter yang sangat aktif. Kucing ini suka bersosialisasi dan tidak takut dengan manusia.

Kucing Persia yang satu ini tidak bisa diam dan selalu mengajak pemiliknya untuk bermain bersama.

7. Kucing Persia Particolor

Beda dari jenis yang lain, untuk kucing Persia Particolor memiliki gradasi warna yang menarik. Warnanya cenderung berkilau keemasan.

Untuk bagian mata, warnanya orange, cokelat, dan mirip dengan warna bulu. Kucing ini spesial di kalangan Persia. Namun, salah satu Persia termahal ya kucing Persia Peak Nose.

Baca juga:

Cara Merawat Kucing Persia

Kucing ini mempunyai bulu tebal, sehingga perawatan bulu harus ditingkatkan.

Hidung kucing Persia sebagian besar pesek. Jadi, penciuman kucing ini cukup sensitif.

Kucing ini cukup rentan terhadap penyakit tertentu. Anda harus memberikan vaksin untuk menjaga kesehatannya.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis kucing Persia terlengkap di Indonesia. Sebagian kucing Persia di Indonesia sudah mengalami penurunan kualitas gen karena sering dikawinkan dengan kucing kampung.

Jadi, sekilas kucing ini tampak seperti kucing kampung, tapi ekor dan bulu mirip dengan kucing Persia. Banyak jenis kucing keturunan Persia yang menarik untuk dipelihara.

Dari sekian jenisnya tadi, Anda paling suka Persia yang mana?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!