8 Harga Murai Batu Termahal di Indonesia

Burungnya.com – Burung Murai Batu selalu menjadi primadona di event lomba burung. Sebab, burung ini memiliki kualitas suara dan fisik yang mengagumkan. Suara bagus, ekornya yang panjang juga menarik. Alhasil harga Murai Batu menjadi naik dan stabil seiring waktu.

Tidak mengherankan bila Anda mendapati ada Murai Batu yang harganya mahal. Sebab, burung ini mempunyai kemampuan luar biasa dalam hal berkicau. Bahkan, tak jarang Murai Batu bisa menirukan suara burung lain dan serangga di sekitar.

Beberapa burung Murai Batu sudah banyak sekali yang juara lomba di berbagai daerah. Ada juga Murai yang sering juara 1 sampai ratusan kali. Bahkan, rekornya ini sampai tercatat di MURI.

Harga Murai Batu Lomba

Memangnya sampai berapa harga seekor Murai Batu juara lomba? Jangan kaget ya, burung yang sering juara bisa dibeli seharga miliaran.

Ini cuma satu ekor burung saja. Nanti kalau diternak, harga anakannya pasti sangat mahal. Pasalnya, trah juara sedikit banyak akan menurun pada anakan.

Sebagian burung Murai Batu lomba di Indonesia ada yang ditawar sampai miliaran. Sebagian dari mereka ada yang langsung melepas burungnya. Tapi ada juga yang menolak tawaran uang Rp 1 miliar.

Lantas burung Murai Batu siapa yang harganya paling mahal? Kami tahu banyak sekali burung mahal di luaran sana. Namun, kami mempercayakan hal tersebut pada pilihan yang dibuat oleh channel YouTube Joey Birdhouse.

Mereka telah membuat daftar 7 Murai Batu Termahal di Indonesia versi Joey Birdhouse. Kemudian kami menambahkan satu ekor burung Murai Batu Legend, namanya Suara Sakti. Videonya kami lampirkan di bawah ya.

Baca juga: Harga Murai Batu Terbaru 2021 di Indonesia

Burung Murai Batu Termahal di Indonesia

Murai Batu Lomba Termahal (birdaily.com)
Murai Batu Lomba Termahal (birdaily.com)

1. Murai Batu Suara Sakti SS

Mari mengenang kejayaan Murai Batu Suara Sakti milik Andy Donk. Burung ini sudah dirawat selama 19 tahun. Murai Batu Suara Sakti pernah ditawar mendekati Rp 500.000.000 atau Rp 500 juta, tapi tidak dilepas.

Andy Donk memang tidak berniat menjual burung tersebut. Bahkan, dia sempat pasang iklan di media Agrobis Burung (Agrobur) bahwa Murai Batu SS tidak dijual.

Hebatnya lagi, Murai ini sampai tercatat dalam rekor MURI Museum Rekor Dunia Indonesia karena meraih juara 1 terbanyak yaitu 102 kali.

Mr Prio juga memberikan penghargaan khusus kepada Murai Batu Suara Sakti Murai Batu ekor putih Legend pada event Piala Pasundan I Bandung 16 April 2017.

Sayang Murai Batu Suara Sakti sudah meninggal pada tanggal 7 Mei 2018 usianya saat itu 21 tahun.

2. Murai Batu Pelor Mas

Pemilik burung Murai Batu Pelor Mas adalah H. Nendra N27 SF. Burung ini masuk daftar Murai Batu termahal karena menolak tawaran Rp 500.000.000 atau Rp 500 juta.

3. Murai Batu Kitaro

Siapa yang tidak kenal dengan Murai Batu Kitaro. Burung milik Prima SF Brebes ini pernah ditawar Rp 600.000.000 atau Rp 600 juta, tapi ditolak.

Loading...

Baca juga: Perawatan Murai Batu Juara Harga Rp 450 Juta

4. Murai Batu Datuk

Pemilik Murai Batu Datuk adalah H. Ikbal 707 SF. Kalau yang ini suka bukan tawar menawar lagi. Burung Murai Datuk dibeli seharga Rp 800.000.000 atau Rp 800 juta tunai.

Murai Batu Termahal di Indonesia (omkicau.com)
Murai Batu Termahal di Indonesia (omkicau.com)

5. Murai Batu Hitler

Sudah tak asing lagi nama Bang Boy BnR di dunia perkicauan Indonesia. Burung Murai Batu Hitler milik Bang Boy telah terjual seharga Rp 1.000.000.000 atau Rp 1 miliar.

Oh iya, kalau tidak salah ada dua nama Murai Batu Hitler, satunya milik Bang Boy dan satunya lagi Hitler Jr milik Mr. Prio dengan harga Rp 550.000.000 atau Rp 550 juta.

Baca juga: Murai Batu Ini Ditawar Rp 300 Juta, Isian Suaranya Kuntilanak

6. Murai Batu Malaikat Subuh MS

Pemiliknya Sulistio dari Punakawan BC. Burung Murai yang bernama Malaikat Subuh ini sudah laku Rp 1.000.000.000 atau Rp 1 miliar tunai.

7. Murai Batu Murai Sakti MS

Ada lagi murai yang namanya MS, tapi ini Murai Sakti milik H. Sukarto dari SKR Cicurug. Harga jualnya yakni Rp 1.000.000.000 atau Rp 1 miliar.

8. Murai Batu Ohara

Nah, paling mencengangkan adalah harga Murai Batu Ohara milik Mr. Prio AK47. Burung tersebut ditawar Rp 3.000.000.000 atau Rp 3 miliar ditambah mobil Rubicon. Sayang tawaran setinggi itu masih ditolak oleh om Prio. Mungkin karena cinta kali ya.

Baca juga: Murai Batu Termahal Harga Rp 3 Miliar Tambah Mobil Rubicon

Kesimpulan

Demikian harga Murai Batu termahal di Indonesia. Kami mencatat daftar harga ini khusus murai batu lomba saja. Sebenarnya untuk Murai Batu bukan lomba juga ada yang mahal-mahal.

Murai yang kami maksud adalah Murai yang terlahir eksotis, yaitu Murai Batu Albino langka harga Rp 375.000.000 atau Rp 375 juta.

Namun, karena pemiliknya mengharuskan membeli sepasang, jadi harganya Rp 750.000.000 atau Rp 750 juta. Pemiliknya adalah Agung Budiman dari Yogyakarta.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!