Kemunculan Jenis Burung Cenderawasih Baru di Papua Barat

Burungnya.com – Burung Cenderawasih sering disebut sebagai burung terindah dari surga. Pasalnya, burung surga ini memiliki bulu yang indah dan tarian yang khas untuk memikat pasangan. Nah, belum lama ini muncul jenis burung Cenderawasih baru di Papua Barat.

Pakar burung dan biologis dari Amerika Serikat telah membenarkan bahwa ada spesies baru burung Cenderawasih di Papua Barat. Nama spesies baru burung tersebut adalah Cenderawasih Vogelkop (Lophorina niedda). Spesies ini katanya hanya hidup di kawasan Semenanjung Doberai atau Semenanjung Kepala Burung.

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Mirip Burung Cenderawasih Kerah?

Burung Cenderawasih Kerah (hashem.com)
Burung Cenderawasih Kerah (hashem.com)

Namun, mengapa burung Cenderawasih Vogelkop dinamakan spesies baru? Bukankah burung tersebut mirip dengan burung Cenderawasih Kerah (Lophorina superba)? Ya, sekilas Cenderawasih Vogelkop dan Cenderawasih Kerah memang tampak sama bagian tubuhnya.

Loading...

Kendati demikian, saat menari untuk mencari pasangan, tarian Cenderawasih Vogelkop berbeda bila dibandingkan dengan Cenderawasih Kerah. Kalau Cenderawasih Vogelkop terlihat seperti bulan sabit dengan sayap agak diturunkan, tapi kalau sedang mekar sayapnya terlihat bulat dengan ujung meruncing. Kemudian menari ke kanan dan ke kiri dengan gerakan kaki yang halus. Sementara, Cenderawasih Kerah, hampir sama dengan bentuk keseluruhan bulat tapi gerakan kakinya sedikit kasar dan tampak melompat-lompat ke kanan dan ke kiri.

Perbedaan Cenderawasih Vogelkop dan Kerah (cals.cornell.edu)
Perbedaan Cenderawasih Vogelkop dan Kerah (cals.cornell.edu)

Tak hanya itu, suara kicauan atau vokal kedua burung tersebut juga tidak sama. Bentuk tubuh dan fisik burung Cenderawasih Vogelkop betina juga berbeda dengan Cenderawasih Kerah yang berkelamin betina. Apalagi bentuk perisainya, tidak sama, tapi warnanya terlihat sama.

“Tarian untuk kawin dari Vogelkop berbeda. Vokalisasinya juga berbeda. Burung Cendrawasih Vogelkop betina terlihat berbeda. Bahkan bentuk dari tampilan perisai pada jantan juga berbeda,” kata Edwin Scholes, Kepala Birds of Paradise Project di Laboratorium Ornithology Universitas Cornell, seperti yang disadur dari Viva.co.id (25/4/2018).

Baca juga: 405 Jenis Burung Dilindungi Undang-Undang dan Pemerintah

Penemuan spesies baru Cenderawasih Vogelkop dan jenis burung Cenderawasih populer lainnya telah dijadikan paper di jurnal PeerJ oleh pakar burung Edwin Scholes dari Universitas Cornell Amerika Serikat dan koleganya Tim Laman, seorang ahli biologi dan fotografer dari Universitas Harvard.

Paper yang dibuat oleh para ahli tadi menunjukkan perbedaan antara burung Cenderawasih Vogelkop dengan Cenderawasih Kerah, terutama pada bagian tarian. Pada saat kawin, tarian burung Cenderawasih Vogelkop seperti jubah berbentuk bulan sabit.

Burung Cenderawasih Vogelkop (youtube.com)
Burung Cenderawasih Vogelkop (youtube.com)

Gerakan kaki dan tubuhnya saat menggoda pasangan juga tampak lebih halus. Bukan seperti gerakan burung Cenderawasih Kerah yang tampak atraktif dan hiperaktif sambil melompat-lompat.

Perbedaan tarian dan bentuk tubuh Cenderawasih Vogelkop tadi, menjadikannya burung Cenderawasih keempat yang hidup di Semenanjung Kepala Burung di Papua Indonesia.

Baca juga: Ini Solusi Jitu Melindungi Burung Cenderawasih dari Perburuan Liar

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • burung cendrawasih
  • candrawasih jenis baru
  • jenis cendrawasih
  • 10 jenis burung surga
  • cenrawasih jenis baru
  • lihat penemuan burung langka papua bulan lalu
  • Penemuan burung cendrawasih terbaru
  • suara burung cendrawasih temuan terbaru

Berikan komentar